eSIM Mulai Diluncurkan oleh Operator Seluler Indonesia

Sejumlah operator seluler di Indonesia telah mulai menawarkan eSIM sebagai pilihan baru bagi pelanggannya. XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, dan Smartfren adalah operator seluler yang kini menyediakan opsi SIM elektronik ini. Dalam keterangan resmi akhir Maret lalu, XL Axiata menyatakan jika pada tahapan awal ini e SIM bisa didapatkan melalui 27 XL Center. Namun, bukan hanya iPhone, fitur eSIM kini juga telah tersedia untuk HP Android. Google telah meresmikan dukungan untuk transfer e SIM pada HP Android dalam gelaran MWC 2023 di Barcelona, Spanyol.

Pengertian eSIM

eSIM berbeda dengan SIM Card yang kita kenal selama ini. Laman Apple menyebutkan SIM Elektronik bisa mengaktifkan paket tanpa harus menggunakan nano SIM dan hanya dengan memindai barcode untuk menggunakannya. Kemudahan ini didapat oleh pelanggan dengan pengalaman yang lebih mudah dan seamless untuk menggunakannya.

Kelebihan eSIM

Kelebihan dari SIM Elektronik ini juga didapat oleh operator, dimana e SIM merupakan jawaban atas kenaikan harga SIM Card. Nyatanya perang Ukraina-Rusia, membuat kenaikan harga SIM Card cukup signifikan. “Sumber membuat chip 55% dari Ukraina. Kenapa jadi mahal? neon yang membuat chip itu adanya dari Ukraina. Setelah perang dari Rp 1.500 naik harganya bisa Rp 7.000- Rp 8.000 untuk produksi. Kalau ada SIM Elektronik mengurangi COGS (harga pokok penjualan) mengurangi biaya berjualan,” jelas Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.

Batasan Penggunaan eSIM

Namun, Dian menambahkan bahwa ada batasan untuk penggunaan eSIM tersebut. “Tapi buat e SIM limitasinya tidak semua handset ini kan ada. Seri baru-baru high end. Mungkin di atas Rp 5 juta ke atas,” kata Dian, ditemui di Jakarta, Senin malam (11/4/2023).

Baca Juga  Smartwatch Baterai Tahan Lama 1 Bulan atau Lebih

Operator Seluler yang Menyediakan eSIM

XL Axiata

XL Axiata adalah operator seluler pertama di Indonesia yang menyediakan layanan e SIM. XL Axiata menyatakan akan segera hadir di seluruh XL Center lainnya. Meski baru diluncurkan beberapa minggu, adopsi eSIM ini dikatakan cukup baik.

Indosat Ooredoo Hutchison

Indosat Ooredoo Hutchison meluncurkan eSIM pada bulan Desember tahun lalu. e SIM dapat ditemukan pada sejumlah Gerai Indosat termasuk Gerai Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison, Kota Kasablanka, Roxy, hingga Mall Ambasador.

Smartfren

Smartfren telah menyediakan eSIM sejak 2019. Perusahaan menyatakan jika eSIM dapat menjadi teknologi baru untuk mendominasi dunia telekomunikasi.

Fitur SIM Elektronik di HP Android

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur e SIM sekarang sudah tersedia untuk HP Android. Google telah mengumumkan dukungan untuk transfer eSIM pada HP Android dalam acara MWC 2023 di Barcelona, Spanyol. Dengan fitur ini, pengguna dapat memindahkan data dari HP lama ke HP baru, sama seperti pada iPhone. Pengguna juga dapat mengonversi profil kartu SIM fisik menjadi eSIM. Fitur ini sebenarnya telah diumumkan oleh Google sejak tahun lalu.

Menurut laporan, transfer SIM Elektronik akan hadir pada sistem operasi Android 13. Samsung juga kabarnya akan menjadi merek Android pertama yang mendukung fitur ini di HP-nya. Ini adalah kabar baik bagi konsumen yang ingin beralih ke teknologi baru dan lebih cepat.

Selain itu, dengan adanya fitur e SIM, pengguna juga tidak perlu khawatir kehilangan kartu SIM fisik atau membeli kartu SIM fisik ketika berada di luar negeri. Sebagai pengganti, pengguna hanya perlu membeli paket data untuk kartu e SIM mereka dan menggunakannya dengan mudah.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang sejumlah operator seluler yang mulai menawarkan eSIM untuk para pelanggan mereka. Diantaranya adalah XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, dan Smartfren. SIM Elektronik berbeda dengan SIM Card yang kita kenal selama ini, karena e SIM bisa mengaktifkan paket tanpa harus menggunakan nano SIM dan hanya dengan memindai barcode untuk menggunakannya.

Baca Juga  Nintendo Switch versi Xbox dari Microsoft Hadir di 2026 ?

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa adopsi teknologi SIM Elektronik ini cukup baik, meskipun baru diluncurkan beberapa minggu. Namun demikian, memang masih ada batasan untuk penggunaan teknologi tersebut. Dian juga menjelaskan bahwa SIM Elektronik merupakan jawaban atas kenaikan harga SIM Card yang cukup signifikan, yang dipicu oleh perang Ukraina-Rusia.

Selain itu, kita juga membahas fitur e SIM yang kini tersedia untuk HP Android. Google telah mengumumkan dukungan untuk transfer e SIM pada HP Android dalam acara MWC 2023 di Barcelona, Spanyol. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan data dari HP lama ke HP baru, serta mengonversi profil kartu SIM fisik menjadi e SIM.

FAQ

  1. Apa itu eSIM?

    eSIM adalah bentuk SIM Card elektronik yang dapat diaktifkan dengan cara memindai barcode dan tidak memerlukan kartu fisik.
  2. Bagaimana cara mengaktifkan e SIM?

    Untuk mengaktifkan eSIM, pengguna hanya perlu memindai barcode yang diberikan oleh operator seluler dan mengikuti instruksi yang ada.
  3. Apa kelebihan menggunakan eSIM?

    Kelebihan menggunakan eSIM adalah pengguna tidak perlu khawatir kehilangan kartu SIM fisik atau membeli kartu SIM fisik ketika berada di luar negeri. Sebagai pengganti, pengguna hanya perlu membeli paket data untuk kartu e SIM mereka dan menggunakannya dengan mudah.
  4. Apakah semua ponsel mendukung e SIM?

    Tidak semua ponsel mendukung eSIM. Saat ini, hanya ponsel tertentu yang mendukung teknologi ini. Biasanya, ponsel high-end dan flagship dari merek-merek terkenal sudah mendukung e SIM.
  5. Berapa biaya untuk menggunakan eSIM?

    Biaya penggunaan eSIM sama dengan biaya penggunaan SIM Card konvensional. Namun, karena eSIM masih terbatas di beberapa ponsel dan operator seluler, biaya penggunaannya mungkin akan lebih tinggi daripada SIM Card konvensional. Namun, ini tergantung pada kebijakan masing-masing operator seluler.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda