Google Rilis AI Overview. Rugikan Penerbit Website?

Google I/O 2024 memperkenalkan banyak inovasi, tetapi satu yang paling menonjol adalah Google Rilis AI Overview pada Google Search. Fitur ini membawa perubahan signifikan dalam cara kita mencari informasi di internet. Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang perubahan ini, dampaknya, dan cara mengoptimalkan pengalaman pencarian Anda di era baru ini.

Apa itu AI Overview?

AI Overview adalah fitur baru yang diperkenalkan Google untuk memberikan ringkasan cepat dari hasil pencarian. Fitur ini menggunakan teknologi AI generatif untuk mengumpulkan dan merangkum informasi dari berbagai sumber di internet. Namun, AI Overview ini bukan tanpa kontroversi.

Perbedaan AI Overview dengan SGE

Sebelum diluncurkan secara resmi, fitur ini dikenal dengan nama Search Generative Experience (SGE). Perbedaan utama antara SGE dan AI Overview adalah kecepatan. AI Overview kini lebih cepat, dengan beberapa hasil populer yang telah di-cache oleh Google. Ini berarti, untuk beberapa kueri, AI Overview bisa muncul hampir seketika saat Anda menekan tombol pencarian.

Google Rilis AI Overview

Kritik terhadap AI Overview

Salah satu kritik terbesar terhadap AI Overview adalah cara fitur ini mendominasi hasil pencarian. Pada banyak kasus, hasil AI Overview muncul di bagian atas dan mengambil sebagian besar layar, memaksa pengguna untuk menggulir lebih jauh untuk menemukan tautan web tradisional. Ini mengubah dinamika pencarian di Google secara drastis.

Pengalaman Pengguna yang Berbeda

Dengan AI Overview, pengguna harus lebih banyak menggulir untuk menemukan hasil pencarian yang biasanya mereka temukan di halaman pertama. Fitur ini juga memperkenalkan elemen baru seperti kotak “People also ask,” video, dan forum diskusi yang membuat pengalaman pencarian lebih kompleks dan memakan waktu.

Baca Juga  Cara Forget Wifi di Laptop

Filter “Web”: Kembali ke Akar

Untuk mereka yang merindukan pengalaman pencarian Google yang lebih tradisional, Google memperkenalkan filter “Web”. Filter ini memungkinkan pengguna untuk melihat hasil pencarian web tradisional, mirip dengan Google sebelum era AI. Namun, menemukan dan menggunakan filter ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Cara Menggunakan Filter “Web”

  1. Buka Google Search: Masukkan kueri Anda seperti biasa.
  2. Klik “More”: Di bagian atas hasil pencarian, cari dan klik “More atau lainnya”.
  3. Pilih “Web”: Temukan dan klik filter “Web” untuk melihat hasil pencarian tradisional.

Dengan menggunakan filter ini, Anda akan mendapatkan 10 tautan biru klasik tanpa gangguan dari AI Overview atau elemen tambahan lainnya.

Tantangan Bagi Penerbit Web

Salah satu pertanyaan besar yang muncul adalah bagaimana AI Overview akan mempengaruhi penerbit web. Google mengklaim bahwa tautan yang disertakan dalam AI Overview mendapatkan lebih banyak klik dibandingkan jika halaman tersebut muncul sebagai daftar web tradisional. Namun, kenyataannya, dengan informasi yang disajikan langsung di hasil pencarian, pengguna mungkin merasa tidak perlu mengklik tautan untuk mendapatkan informasi lengkap.

FAQ tentang Google Rilis AI Overview

Q: Apa itu AI Overview? A: AI Overview adalah fitur baru dari Google Search yang menggunakan AI generatif untuk memberikan ringkasan cepat dari hasil pencarian.

Q: Bagaimana cara menonaktifkan AI Overview? A: Saat ini, Anda tidak bisa sepenuhnya menonaktifkan AI Overview di mesin pencari utama Google. Namun, Anda bisa menggunakan filter “Web” untuk melihat hasil pencarian web tradisional.

Q: Apakah AI Overview mempengaruhi penerbit web? A: Ya, AI Overview dapat mempengaruhi penerbit web karena informasi yang disajikan langsung di hasil pencarian dapat mengurangi jumlah klik yang diterima oleh halaman web tersebut.

Baca Juga  Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Q: Bagaimana cara menggunakan filter “Web” di Google Search? A: Untuk menggunakan filter “Web”, masukkan kueri Anda, klik “More” di bagian atas hasil pencarian, lalu pilih “Web”.

Q: Apakah AI Overview tersedia di seluruh dunia? A: Saat ini, AI Overview diluncurkan untuk pengguna di AS dan akan diperluas ke lebih banyak negara pada akhir tahun ini.

Kesimpulan Google Rilis AI Overview

Perubahan yang dibawa oleh AI Overview di Google Search menandai langkah besar dalam evolusi mesin pencari ini. Meskipun memberikan kemudahan dengan ringkasan cepat, fitur ini juga membawa tantangan baru bagi penerbit web dan pengguna yang terbiasa dengan hasil pencarian tradisional. Dengan memahami cara kerja AI Overview dan menggunakan filter “Web” dengan bijak, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman pencarian Anda di era baru ini.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda