Kesalahan Pemilik Laptop Gaming: 4 yang Perlu dihindari

Kesalahan Pemilik Laptop Gaming bisa menjadi masalah besar bagi para gamers yang ingin memaksimalkan pengalaman bermain game mereka. Banyak pemilik laptop gaming yang seringkali melakukan kesalahan yang sebenarnya dapat dihindari. Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik laptop gaming yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur laptop. Dalam artikel ini, kami akan membahas empat kesalahan yang harus dihindari oleh pemilik laptop gaming.

Merasa Puas dengan Pengaturan Default

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemilik laptop gaming adalah merasa puas dengan pengaturan default. Laptop gaming dirancang untuk memberikan kinerja terbaik dalam bermain game. Oleh karena itu, pemilik harus memastikan bahwa mereka memaksimalkan potensi laptop mereka.

Maka dari itu, penting untuk melakukan eksplorasi kekuatan perangkat semaksimal mungkin. Pemilik harus menyesuaikan pengaturan tampilan dengan tingkatkan refresh rate ke paling tinggi untuk memberikan pengalaman bermain game yang mulus. Selain itu, pastikan untuk memeriksa apakah driver grafis telah diperbarui dengan benar.

Baca Juga  PC Rakitan atau PC AIO (All-in-One): Mana yang Lebih Baik?

Mengaktifkan Fitur Keamanan Windows

Windows 11 memiliki beberapa fitur keamanan baru yang dapat melindungi pengguna dari serangan cyber. Namun, beberapa fitur ini dapat memperlambat kinerja laptop gaming. Salah satu contohnya adalah Keamanan Berbasis Virtualisasi (VBS). Detail dari VBS bisa kamu lihat di situs resmi Microsoft.

Pemilik laptop gaming harus memastikan bahwa fitur keamanan ini dimatikan untuk memaksimalkan kinerja laptop mereka. Untuk mematikan VBS, cari Isolasi Inti dan klik, matikan opsi Integritas Memori, dan mulai ulang laptop. Untuk memastikan fitur keamanan ini tidak aktif, buka Informasi Sistem, dan periksa apakah ‘keamanan berbasis virtualisasi’ disetel ke off.

Melepas Laptop dari Daya AC

Pemilik laptop gaming sering kali ingin bermain game tanpa batasan waktu. Namun, melepas laptop dari daya AC dapat mempengaruhi kinerja laptop. Ketika laptop digunakan tanpa daya AC, daya baterai laptop tidak hanya akan menguras baterai saja tetapi juga akan berdampak negatif pada kinerja.

Hal ini terjadi karena laptop terlalu sibuk mencoba untuk tetap hidup demi memastikan frame rate selalu di atas 100. Sehingga, penting untuk menghubungkan laptop ke daya AC saat bermain game untuk memastikan kinerja yang optimal.

Jangan Halangi Lubang Ventilasi

Pemilik laptop gaming harus memastikan bahwa ventilasi laptop tidak terhalang. Karena laptop tidak memiliki cara yang dapat diandalkan untuk menghilangkan semua panas ekstra yang terakumulasi dalam komponennya.

Untuk memastikan ventilasi selalu terbuka, jangan pernah meletakkan laptop di kasur, selimut, atau bahan kain lain. Hal ini akan menyebabkan laptop mengalami overheat dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen laptop.

Kesimpulan

Menghindari kesalahan-kesalahan di atas adalah cara yang tepat untuk memastikan laptop gaming Anda tetap berkinerja optimal selama bermain game. Dengan mengoptimalkan pengaturan dan menjaga laptop agar tetap bersih serta terjaga keamanannya, Anda dapat memastikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Pertanyaan-Pertanyaan Umum

Mengapa pengaturan default tidak cukup untuk laptop gaming?

Karena laptop gaming dirancang untuk melampaui pengaturan default agar memberikan pengalaman bermain game yang lebih optimal.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membersihkan laptop gaming?

Pastikan untuk membersihkan ventilasi dan layar laptop dengan benar agar tidak menyumbat dan mengganggu kinerja laptop.

Apa yang terjadi jika melepas laptop gaming dari daya AC saat bermain game?

Melepas laptop dari daya AC dapat membuat daya baterai laptop cepat habis dan mengurangi kinerja laptop karena harus mencoba untuk tetap hidup.

Bagaimana cara menonaktifkan VBS?

Cari Isolasi Inti di pengaturan Windows, klik dan matikan opsi Integritas Memori, dan mulai ulang laptop. Pastikan untuk memeriksa apakah ‘keamanan berbasis virtualisasi’ sudah disetel ke off di Informasi Sistem.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda