Perbedaan Prosesor AMD Ryzen 8000G Series

Pada ajang CES 2024, AMD belum memberikan informasi teknis menyeluruh tentang APU desktop terbaru mereka, seri Ryzen 8000G. Namun, sekarang muncul rincian yang mengindikasikan bahwa terdapat Perbedaan Prosesor AMD Ryzen 8000G Series dibanding yang lain.

Kristal yang Menentukan: Phoenix 1 vs. Phoenix 2

AMD menggunakan dua jenis kristal yang berbeda untuk membuat prosesor Ryzen 8000G – beberapa model menggunakan kristal Phoenix 1, sementara yang lain menerima kristal Phoenix 2. Phoenix 1 hanya memiliki inti Zen 4, sementara Phoenix 2 menggunakan inti kecil Zen 4C selain inti Zen 4 reguler. Ini bukan masalah besar, karena tugas utama dari inti-inti ini adalah meningkatkan efisiensi energi chip. Sebagai hasil uji coba prosesor server AMD EPYC, inti Zen 4C hanya sedikit kurang produktif daripada Zen 4 reguler, dan mereka mendukung multithreading.

Namun, menurut informasi dari Gigabyte yang diungkap oleh portal PCGamesN, perbedaan antara kristal Phoenix 1 dan Phoenix 2 lebih terasa dibanding yang mungkin terlihat pada pandangan pertama. Informasi tersebut ditemukan dalam spesifikasi motherboard Gigabyte B650E Aorus Elite X AX Ice di situs web resmi produsen.

Chip Phoenix 2 mendukung jumlah jalur PCIe yang lebih sedikit dibandingkan Phoenix 1. Ini hanya mendukung dua jalur PCIe 4.0 untuk menghubungkan SSD NVMe melalui slot M.2 dan hanya empat jalur PCIe 4.0 untuk kartu grafis terpisah. Sementara Phoenix 1, sebaliknya, memiliki delapan jalur untuk GPU dan mendukung SSD dengan antarmuka PCIe 4.0 x4 penuh.

Implikasi pada Kinerja Grafis: Phoenix 1 vs. Phoenix 2

Kurangnya jalur GPU yang didedikasikan kemungkinan akan mengakibatkan penurunan kinerja grafis saat menggunakan kartu grafis unggulan dengan prosesor Ryzen 8000G berbasis chip Phoenix 2. Pembicaraan ini mencakup chip Ryzen 5 8500G dan Ryzen 3 8300G. Perlu diingat bahwa versi kedua ini didistribusikan melalui integrator sistem sebagai bagian dari perakitan komputer siap pakai. Dengan demikian, masalah potensial dengan penurunan kinerja grafis dapat dihindari dengan memilih prosesor Ryzen 5 8600G dan Ryzen 7 8700G yang berbasis chip Phoenix 1.

Baca Juga  Cara Membuat Inverter Sederhana 1000 Watt

Dengan demikian, para konsumen perlu mempertimbangkan dengan cermat jenis chip Ryzen 8000G yang mereka pilih, dengan memahami perbedaan kritis antara kristal Phoenix 1 dan Phoenix 2 untuk mengoptimalkan pengalaman komputasi mereka. Pilihan yang tepat akan memastikan kinerja grafis yang maksimal sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda