Performa Intel Meteor Lake Naik 10% Setelah Update BIOS

Pembaruan versi BIOS terbaru untuk laptop yang menggunakan prosesor Intel Meteor Lake membawa peningkatan signifikan dalam kinerja, demikian yang disampaikan oleh portal Hothardware, mengutip Ultrabook Review. Sebagai contoh, ASUS Zenbook 14 OLED, model laptop berbasis Core Ultra 7 155H, dengan enam inti Redwood P berfrekuensi hingga 4,8 GHz, delapan inti Crestmont E berfrekuensi hingga 3,8 GHz, dan dua inti LP-E hemat daya tambahan. Firmware baru meningkatkan Performa Intel Meteor Lake dan kinerja multithread meningkat lebih dari 10%.

Pengujian ASUS Zenbook 14 OLED

Ultrabook Review menguji ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) sebelum dan setelah pembaruan BIOS. Setelah pembaruan firmware, kinerja multithread dari Core Ultra 7 155H mengalami peningkatan yang signifikan, terutama dalam tes sintetis Cinebench R23. Laptop awalnya diuji dengan versi firmware 201, tetapi versi terbaru sekarang adalah 203.

Perbandingan Kinerja

Dengan firmware lama versi 201, prosesor Core Ultra 7 155H menunjukkan kinerja multithread sebesar 12.357 poin (hasil terbaik) dan 11.342 poin (rata-rata dalam tes stres 10 menit) dalam uji Cinebench R23, dengan kinerja single-threaded mencapai 1.751 poin (hasil terbaik). Setelah pembaruan BIOS ke versi 203, kinerja multithread chip meningkat menjadi 13.873 poin (hasil terbaik) dan 12.132 poin dalam tes stres 10 menit, dengan kinerja single-threaded mencapai 1.761 poin.

Dampak Pembaruan BIOS

Meskipun pembaruan BIOS tidak memberikan dampak besar pada kinerja single-threaded Core Ultra 7 155H di ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 – peningkatannya hanya sekitar 0,57%, yang disebabkan oleh bug. Namun, kinerja multithread meningkat secara signifikan – sekitar 12,27% bila membandingkan hasil terbaik dan sekitar 7% dalam tes stres 10 menit.

Baca Juga  RAM SO-DIMM DDR5 12 GB Crucial untuk Laptop Akan Dirilis

Optimalisasi Manajemen Daya

Tampaknya versi BIOS baru mengoptimalkan manajemen daya prosesor, memungkinkan chip untuk beroperasi lebih lama pada kinerja yang lebih tinggi. Ultrabook Review mencatat bahwa selama uji stres sepuluh menit, TDP prosesor naik hingga 50 W, tetapi stabil di sekitar 28 W setelah lima hingga enam menit pengujian.

Kesimpulan Performa Intel Meteor Lake Naik 10% Setelah Update BIOS

Dengan pembaruan BIOS terbaru, ASUS Zenbook 14 OLED dengan prosesor Intel Meteor Lake menawarkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja multithread, membuktikan bahwa pembaruan firmware dapat memiliki dampak positif pada pengalaman pengguna. Pengguna disarankan untuk memperbarui BIOS mereka untuk mendapatkan manfaat dari peningkatan kinerja yang luar biasa ini.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda