VGA ASUS GeForce RTX 4090 dan RTX 4070 Ti Super Tanpa Konektor Daya Konvensional

ASUS kembali menciptakan gebrakan dengan merilis model terbaru mereka, yaitu ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF dan TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti Super BTF. Keunikan utama dari kedua model ini adalah penggunaan konektor daya yang tidak lazim, menggantikan konektor daya 8- atau 12+4-pin tradisional dengan konektor pisau. Eksperimen pada VGA ASUS GeForce RTX 4090 dan RTX 4070 Ti Super ini pertama kali diperkenalkan pada kartu grafis TX Gaming GeForce RTX 4070 BTF tahun lalu dan mendapat sambutan positif.

Konektor Daya Revolusioner

Kartu grafis ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengatur dan menghubungkan kabel daya tambahan. Sebagai gantinya, kartu ini menggunakan konektor pisau yang memberikan tampilan sistem yang lebih menarik dan terorganisir. Namun, pendekatan ini membutuhkan motherboard khusus yang dilengkapi dengan konektor daya GC-HPWR khusus yang mampu memberikan daya hingga 600W ke kartu grafis. Tanpa itu, GPU tidak akan menerima kinerja yang diperlukan untuk beroperasi secara optimal.

power slot VGA ASUS GeForce RTX 4090 dan RTX 4070 Ti Super pcie VGA ASUS GeForce RTX 4090 dan RTX 4070 Ti Super

Peran Penting Motherboard dalam Konsep BTF

Konsep BTF juga melibatkan penggunaan motherboard dengan semua konektor penting yang diarahkan dari depan ke belakang. Salah satu contohnya adalah motherboard terbaru ASUS, ROG Maximus Z790 HERO BTF. Meskipun secara dasar meniru versi asli Z790 HERO, motherboard baru ini memiliki semua konektor produk terletak di bagian belakang PCB.

Baca Juga  Samsung SSD 990 Evo: SSD Pertama di Dunia yang Bisa Beroperasi dalam Mode PCIe 4.0 x4 atau PCIe 5.0 x2

Fitur Menarik Lainnya VGA ASUS GeForce RTX 4090 dan RTX 4070 Ti Super

Motherboard ini juga dilengkapi dengan slot PCIe High Power khas ASUS yang mendukung accelerator grafis BTF dan menyuplai daya hingga 600W. Sumber daya untuk konektor ini berasal dari konektor 12VHPWR di bagian belakang motherboard. Fitur menarik lainnya termasuk Q-LED yang diperbarui untuk memudahkan pemecahan masalah dan memberikan informasi cepat kepada pengguna tentang keberadaan DDR5 DIMM yang terpasang dengan benar.

Pemasangan Membutuhkan Kasus Khusus

Untuk menginstal motherboard ini, Anda memerlukan casing komputer khusus di mana konektor dapat dipindahkan ke bagian belakang papan. Oleh karena itu, ASUS menawarkan kartu grafis TX Gaming GeForce RTX 4070 BTF dalam paket dengan casing komputer dan motherboard khusus.

motherboard VGA ASUS GeForce RTX 4090 dan RTX 4070 Ti Super

Inovasi Tambahan: Adapter Khusus

Belakangan ini, ASUS melangkah lebih jauh dengan mengembangkan konsep BTF dan memperkenalkan adapter khusus. Adapter ini mencakup konektor PCIe yang didedikasikan untuk kartu grafis dan konektor daya 12+4-pin untuk menghubungkan ke sumber daya. Adapter ini memungkinkan penggunaan kartu grafis dengan konektor daya pisau bahkan dengan motherboard yang tidak dilengkapi dengan konektor GC-HPWR. Namun, perlu diingat bahwa adapter ini saat ini hanya cocok untuk instalasi vertikal kartu grafis.

Mendorong Industri Menuju Masa Depan Tanpa Konektor Daya Tradisional

ASUS berusaha memenangkan dukungan produsen lain untuk ide kartu grafis tanpa konektor daya tradisional. Tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan dan mitra mereka akhirnya akan memutuskan untuk menjual PC lengkap dengan komponen BTF. Seiring dengan itu, ASUS mengumumkan bahwa kasus baru yang mendukung motherboard dengan konektor terbalik dari Aerocool, be quiet!, Cooler Master, Corsair, Inwin, Lian Li, Phanteks, Silverstone, dan Thermaltake diharapkan akan tersedia pada kuartal pertama tahun ini.

Baca Juga  5 Komputer Kuantum Terbaik dan Terbesar

Rincian Harga dan Ketersediaan VGA ASUS GeForce RTX 4090 dan RTX 4070 Ti Super

Sayangnya, produsen tidak memberikan informasi tentang harga ROG Strix GeForce RTX 4090 BTF dan TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti BTF. Saat ini, belum diketahui kapan keduanya akan dijual ke pasaran.

Inovasi ASUS dengan memperkenalkan kartu grafis BTF yang revolusioner dan motherboard pendukungnya membawa pengalaman baru dalam merakit sistem. Tunggu informasi lebih lanjut mengenai harga dan ketersediaan produk ini di pasaran.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda