Android 14 Akan Hadir Tahun Ini: Bocoran Fitur Baru dan Rencana Peluncuran

Setiap tahun, Google selalu memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk smartphone Android mereka. Saat ini, kabar mengenai sistem operasi terbaru, Android 14, sedang ramai dibicarakan. Ada banyak bocoran mengenai fitur baru yang akan ditambahkan ke sistem operasi ini, serta kabar mengenai tanggal peluncurannya. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail bocoran fitur baru Android 14 dan rencana peluncurannya.

Android 14: Perkenalan dan Tanggal Peluncuran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google biasanya memperkenalkan sistem operasi terbaru Android mereka pada ajang Google I/O, yang biasanya diadakan pada akhir kuartal I atau pada kuartal II setiap tahun. Rumor mengenai sistem operasi terbaru google ini sudah beredar sejak tahun lalu, dan kabar tersebut kini semakin kuat dengan munculnya bocoran mengenai fitur-fitur baru yang akan ditambahkan ke dalam sistem operasi ini.

Meski belum diperkenalkan secara resmi, sejumlah bocoran mengenai fitur Android 14 sudah beredar di dunia maya. Menurut kabar yang beredar, Sistem operasi ini konon bakal mulai diuji coba dalam waktu dekat. Kemungkinan besar uji coba ini bakal digelontorkan ke Google Pixel pada Februari 2023 ini.

Sementara itu, Android 14 versi beta diperkirakan akan dirilis pada Mei mendatang, mengikuti kebiasaan Google yang kerap menggelar acara tahunan Google I/O pada bulan Mei setiap tahun. Sedangkan untuk versi final, Android 14 diperkirakan akan dirilis secara resmi pada Agustus hingga September 2023 mendatang.

Baca Juga  Ponsel Xiaomi Tidak Akan Menerima Pembaruan HyperOS Jika Bootloader Tidak Terkunci

Bocoran Fitur Baru Android 14

Sistem operasi ini dirumorkan akan menghadirkan beberapa fitur baru yang menarik, seperti “Material You”, “Health Connect”, “Konektivitas satelit”, “Gestur navigasi baru”, dan beberapa fitur lainnya yang akan meningkatkan kualitas jaringan smartphone dan fitur keamanan dan privasi yang ditingkatkan.

Material You

Fitur “Material You” akan memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan antarmuka dengan lebih leluasa. Pengguna dapat memilih salah satu wallpaper, dan sistem akan menentukan warna yang dominan dan terlihat bagus untuk ditampilkan. Warna tersebut akan diterapkan di layar notifikasi, lock screen, menu pengatur volume, widgets, dan lainnya. Hal ini bertujuan agar tampilan antarmuka secara keseluruhan dapat tampak senada. Fitur ini kemungkinan akan menjadi nilai jual utama bagi Google saat memperkenalkan Android 14 nanti.

Health Connect

Fitur kedua adalah “Health Connect” yang memungkinkan pengguna memantau kesehatan dan aktivitas olahraga di perangkat yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat mempermudah pengguna untuk memantau aktivitas olahraga ataupun kesehatan dari perangkat yang berbeda juga. Pengguna tidak perlu repot memindahkan data kesehatan atau menentukan target aktivitas olahraga dari satu perangkat ke perangkat lain.

Konektivitas Satelit

Selain itu, Google kabarnya akan menghadirkan fitur konektivitas satelit di Android 14. Fitur ini memungkinkan pengguna berkomunikasi menggunakan konektivitas satelit, meski berada di wilayah yang tidak terjangkau oleh internet. Namun, masih belum dapat diketahui apakah fitur ini akan tersedia secara gratis atau tidak.

Gestur Navigasi Baru

Fitur “Gestur navigasi baru” akan mempermudah pengguna melakukan sejumlah gestur untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Pengguna bisa menggeser layar di sisi kanan atau kiri untuk kembali ke halaman/aplikasi sebelumnya, menggeser tengah bawah layar untuk kembali ke “Home”, atau geser dan tahan (swipe and hold) sisi tengah bawah layar untuk melihat aplikasi apa saja yang sudah dijalankan sebelumnya.

Baca Juga  Cara Mute Telepon Wa

Fitur-Fitur Android 14 Lainnya

Android 14 juga akan meningkatkan kualitas jaringan smartphone. Fitur ini memungkinkan perangkat memanajemen penggunaan data internet agar lebih hemat. Selain itu, sistem akan menyimpan file media (foto atau video) secara otomatis ke galeri foto. Ketika ada pesan baru yang menyertakan gambar/video, file tersebut akan langsung tersimpan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna mencari file penting yang diterima.

Terakhir, Sistem operasi ini juga akan menghadirkan fitur keamanan dan privasi yang ditingkatkan. Pengguna dapat memilih izin akses media yang lebih detail kepada aplikasi. Misalnya, meminta izin akses media foto atau video di setiap aplikasinya. Fitur ini disebut akan memberi kontrol lebih besar kepada pengguna untuk memilih, apakah mereka ingin membagikan akses informasi sensitif kepada aplikasi atau tidak.

Peluncuran Versi Developer dan Beta

Sebelum peluncuran resmi, Google biasanya akan merilis versi developer dan beta dari sistem operasi Android 14. Versi ini akan tersedia untuk para pengembang dan pengguna beta tester yang ingin mencoba fitur baru dan memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas sistem operasi sebelum diluncurkan secara resmi.

Pada tahap ini, pengguna beta tester dapat memberikan masukan kepada Google tentang fitur apa yang diinginkan dan apa yang harus ditingkatkan atau diperbaiki sebelum versi akhir dirilis. Selain itu, versi developer dan beta juga memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan aplikasi mereka dengan sistem operasi yang akan datang, sehingga aplikasi mereka dapat berfungsi dengan baik di platform terbaru.

Ponsel yang Akan Mendapatkan Pembaruan Android 14

Pembaruan Android 14 akan tersedia untuk sebagian besar ponsel yang dirilis dalam dua tahun terakhir, termasuk merek-merek populer seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lain-lain. Namun, beberapa produsen ponsel mungkin tidak segera merilis pembaruan untuk semua model ponsel mereka, tergantung pada kebijakan masing-masing produsen.

Baca Juga  Cara Login Prime Video di TV

Kesimpulan

Android 14 membawa banyak fitur baru dan perbaikan ke sistem operasi Android. Dengan pengenalan fitur privasi dan keamanan baru serta peningkatan performa, pengguna dapat menikmati pengalaman yang lebih aman dan lancar saat menggunakan ponsel mereka. Selain itu, pengenalan fitur-fitur baru seperti mode gelap yang ditingkatkan dan peningkatan pada Google Assistant memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi pengguna Android.

FAQ

  1. Kapan Android 14 akan dirilis?

    Tidak ada tanggal resmi peluncuran yang telah diumumkan oleh Google saat ini. Namun, versi developer dan beta biasanya tersedia beberapa bulan sebelum peluncuran resmi, sehingga para pengguna dapat mencoba fitur-fitur baru sebelum diluncurkan secara resmi.
  2. Ponsel apa saja yang akan mendapatkan pembaruan Android 14?

    Sebagian besar ponsel Android yang dirilis dalam dua tahun terakhir diharapkan dapat memperbarui ke Android 14. Namun, kebijakan masing-masing produsen ponsel dapat mempengaruhi kapan dan bagaimana pembaruan tersebut tersedia.
  3. Apa saja fitur baru yang ditambahkan pada Android 14?

    Beberapa fitur baru pada Android 14 yang dirumorkan meliputi fitur privasi dan keamanan baru, peningkatan performa, mode gelap yang ditingkatkan, dan peningkatan pada Google Assistant. Selain itu, ada juga penambahan fitur-fitur lain yang dapat ditemukan pada rilis resmi.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda