Apple Resmikan iPhone 15 Pro dan Pro Max

Di ujung perhelatan akbar bertajuk ‘Wonderlust’, Apple meresmikan flagship teranyarnya, iPhone 15 Pro dan Pro Max. Keduanya diperkenalkan melalui siaran langsung di channel YouTube resmi Apple pada Rabu (13/9/2023) dinihari WIB.

“Ini adalah model iPhone paling Pro yang pernah kami buat,” kata CEO Apple Tim Cook, dikutip dari siaran langsungnya.

Desain yang Lebih Tipis dengan Layar Lebih Luas

Sepintas, bahasa desain iPhone 15 Pro dan Pro Max masih identik dengan pendahulunya. Namun, bingkai (bezel) dibuat lebih tipis sehingga rasio layar-ke-bodi lebih luas.

Meski demikian, ukuran layar masih 6,1 inci untuk varian Pro dan 6,7 inci untuk Pro Max. Layar tersebut juga masih menggunakan tipe OLED teranyar dari Apple dengan tingkat kecerahan maksimum 2.000 nits dan perlindungan Ceramic Shield.

Material Titanium Grade 5 yang Ringan

Seperti bocoran yang beredar, material iPhone 15 Pro dan Pro Max terbuat dari titanium grade 5 yang memungkinkan bobot lebih ringan. Apple mengklaim material ini juga lebih tahan banting ketimbang stainless steel yang digunakan pada seri sebelumnya.

Sebab, titanium yang sama digunakan pada rover yang menjelajahi Mars di antariksa. Meski, konsekuensinya adalah varian warna pada iPhone 15 Pro dan Pro Max tak bisa ‘seluwes’ iPhone 15 reguler dan Plus.

Pilihan Warna yang Elegan

iPhone 15 Pro dan Pro Max hadir dalam tiga model warna, yakni putih, biru, dan hitam.

Baca Juga  Redmi Note 13 Pro: Lenyap di RI, Diganti HP Ini!

Fitur Inovatif: Action Button

Beranjak ke fitur lain, seri iPhone 15 Pro kini dilengkapi ‘Action Button’ seperti Apple Watch. Tombol ini akan mengenali tekanan untuk mengganti mode yang diinginkan. Misalnya untuk meluncurkan voice memo, kamera, atau mengaktifkan fitur aksesibilitas.

Ketika menggunakan Action Button, fitur Dynamic Island pada sisi atas layar juga akan bereaksi. Beberapa fitur andalan pada Dynamic Island mencakup ProMotion, Extreme Dynamic Range, dan Always On Display, dan StandBy Mode yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada iOS 17 di ajang WWDC.

Chip A17 Pro Bionic Terbaru

Soal chip, seri iPhone 15 Pro dan Pro Max mengandalkan A17 Pro Bionic terbaru dan paling garang di pasaran saat ini. Chip tersebut menggunakan arsitektur 3nm yang pertama kali disematkan pada iPhone.

Chip ini terdiri dari 4-inti yang fokus ke efisiensi, dan 2-inti penyokong performa. Secara keseluruhan, bisa meningkatkan performa hingga 10% lebih cepat ketimbang pendahulunya.

Neural Engine juga lebih cepat 2x lipat untuk menjalankan fungsi machine learning, diklaim bisa melakukan 35 triliun operasi per detik.

Dengan chip seperti ini, pengalaman mobile gaming akan lebih mulus dan tanpa gangguan. Selain itu, kemampuan visual dan pemrosesan gambarnya juga lebih mantap.

USB-C dan Kecepatan Transfer 10Gbps

Sama seperti iPhone 15 reguler dan Plus, seri Pro juga sudah menggantikan port Lighting dengan USB-C. Bedanya, pada varian Pro ada USB Controller yang memungkinkan kecepatan transfer bisa 10Gpbs.

Peningkatan Kamera

Beranjak ke fotografi, iPhone 15 Pro dan Pro Max masih mengandalkan kamera 48MP, namun dengan ukuran sensor yang lebih besar. Resolusi default-nya 24MP yang bisa menangkap gambar pada kedalaman 24mm, 28mm, dan 35mm..

Baca Juga  Apple Merilis watchOS 10 dan iPadOS 17

Bedanya dari iPhone 15 reguler dan Plus terletak pada kemampuan telefoto yang lebih canggih. Berkat kamera sekunder 12MP, bisa memperbesar gambar secara optik hingga 5x.

Kamera wide-nya juga punya sedikit peningkatan, yakni dibenamkan fitur anti-reflective saat digunakan di malam hari. Selain itu, ada pula dukungan makro untuk objek yang lebih tajam dan detil.

Perekaman Video Profesional

Perekaman video juga kini mendukung ACES, yakni standar global untuk pewarnaan yang memungkinkan produksi video serasa profesional.

Harga Tetap Sama

Dengan berbagai peningkatan di aspek desain, material, kamera, dan performa, harga jual iPhone 15 Pro dan Pro Max masih sama seperti seri pendahulunya ketika pertama rilis. iPhone 15 Pro dipatok mulai US$ 999 (Rp 15,3 jutaan) dan iPhone 15 Pro Max dibanderol mulai US$ 1.199 (Rp 18,4 jutaan).

FAQ

1. Apa yang membuat iPhone 15 Pro dan Pro Max istimewa? iPhone 15 Pro dan Pro Max hadir dengan desain yang lebih tipis, layar OLED teranyar, material titanium grade 5 yang ringan, fitur inovatif Action Button, chip A17 Pro Bionic terbaru, dan peningkatan kamera yang canggih.

2. Berapa harga iPhone 15 Pro dan Pro Max? Harga iPhone 15 Pro dimulai dari US$ 999 (Rp 15,3 jutaan), sedangkan iPhone 15 Pro Max dibanderol mulai dari US$ 1.199 (Rp 18,4 jutaan).

3. Apa yang membedakan iPhone 15 Pro dan Pro Max dari seri sebelumnya? Perbedaan utama terletak pada desain yang lebih tipis, material yang lebih ringan, fitur Action Button, chip A17 Pro Bionic, dan peningkatan kamera yang lebih canggih.

4. Apakah iPhone 15 Pro dan Pro Max mendukung pengisian daya nirkabel? Ya, kedua model ini masih mendukung pengisian daya nirkabel seperti pendahulunya.

Baca Juga  Samsung Galaxy A14 5G: Ponsel 5G Spesifikasi Menggiurkan

5. Kapan iPhone 15 Pro dan Pro Max akan tersedia untuk umum? iPhone 15 Pro dan Pro Max akan tersedia untuk umum dalam beberapa minggu setelah acara peluncuran resmi.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda