WhatsApp Meluncurkan Fitur Terbaru: Saluran (Channels)

WhatsApp, platform pesan singkat yang sangat populer, baru saja merilis fitur terbaru yang dinamakan “Saluran” atau Channels. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengikuti akun tertentu sesuai dengan minat mereka. Peluncuran resmi fitur ini diumumkan oleh Public Policy Manager WhatsApp, Esther Samboh, dalam sebuah konferensi pers daring pada Rabu (13/9) lalu. Fitur Saluran ini menjanjikan komunikasi satu arah yang efisien dan aman bagi pengguna.

Keunggulan Fitur Saluran WhatsApp

Fitur Saluran WhatsApp memiliki beberapa keunggulan utama:

  1. Informasi yang Tepat Waktu: WhatsApp menekankan bahwa Saluran ini dapat digunakan untuk membagikan informasi yang tepat waktu. Ini berarti pengguna dapat dengan mudah mengikuti topik atau konten yang mereka minati dan menerima pembaruan terbaru secara instan.
  2. Keamanan: WhatsApp selalu menjaga keamanan penggunanya, dan hal ini juga berlaku untuk fitur Saluran. Esther Samboh menyatakan bahwa fitur ini memastikan keamanan informasi pengguna dan melindungi privasi mereka.
  3. Terukur: Fitur Saluran memungkinkan pengguna untuk memilih Saluran mana yang ingin mereka ikuti. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menyesuaikan pengalaman mereka sesuai dengan preferensi pribadi.

Bagaimana Fitur Saluran Bekerja

Setelah memilih akun atau Saluran yang ingin diikuti, pengguna akan menerima notifikasi mengenai konten dari Saluran tersebut. Pemilik Saluran dapat mengirimkan berbagai jenis pesan, termasuk teks, foto, video, dokumen, dan lainnya. Namun, pengikut hanya dapat menikmati konten tersebut dan memberikan reaksi (reaction) seperti suka atau emotikon, tanpa memberikan komentar. Ini menjadikan komunikasi di Saluran lebih terstruktur.

Baca Juga  iOS 18: Pembaruan iPhone Terbesar Sejak iOS 14

Privasi Terjaga

WhatsApp memastikan bahwa Saluran yang diikuti oleh pengguna akan tetap menjadi rahasia. Nomor telepon admin Saluran dan pengikut tidak akan terlihat oleh siapapun, termasuk kontak pribadi pengguna. Informasi akun pribadi admin Saluran juga akan disembunyikan untuk mencegah penggunaan kontak yang tidak diinginkan.

Selain itu, WhatsApp juga mengimplementasikan kebijakan penyimpanan yang membuat informasi dalam Saluran hanya bertahan selama 30 hari. Ini dilakukan untuk mengatasi masalah penyimpanan yang seringkali menjadi kendala bagi pengguna.

Siapa yang Bisa Membuat Saluran?

Hanya organisasi mitra-mitra Meta dan perseorangan yang telah “verified” oleh WhatsApp yang dapat membuat Saluran saat ini. Esther Samboh mencatat bahwa ada kemungkinan untuk mempertimbangkan perluasan akses pembuatan Saluran dalam beberapa bulan ke depan.

Bagaimana Cara Merasakan Fitur Saluran

Untuk merasakan fitur Saluran ini, Anda cukup memperbarui aplikasi WhatsApp Anda. Fitur Saluran akan tersedia di platform Android, iOS, dan WhatsApp Web.

Dengan fitur Saluran baru ini, WhatsApp terus berinovasi untuk memberikan pengalaman komunikasi yang lebih baik dan aman bagi penggunanya. Anda sekarang dapat dengan mudah mengikuti konten yang Anda minati dan tetap terhubung dengan informasi terbaru secara lebih terstruktur.


FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa itu fitur Saluran WhatsApp? Fitur Saluran WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengikuti akun tertentu sesuai dengan minat mereka. Ini memungkinkan komunikasi satu arah yang efisien dan aman.

2. Bagaimana cara menggunakan fitur Saluran? Anda cukup memperbarui aplikasi WhatsApp Anda, dan fitur Saluran akan tersedia di Android, iOS, dan WhatsApp Web. Anda dapat memilih Saluran mana yang ingin Anda ikuti dan akan menerima notifikasi mengenai konten dari Saluran tersebut.

Baca Juga  Cara Memasukkan Kode Voucher Spotify Premium

3. Apa keunggulan fitur Saluran WhatsApp? Fitur Saluran WhatsApp menawarkan informasi yang tepat waktu, keamanan, dan terukur. Pengguna dapat dengan mudah memilih Saluran yang sesuai dengan minat mereka dan menerima pembaruan terbaru.

4. Bagaimana dengan privasi dalam Saluran WhatsApp? WhatsApp memastikan privasi pengguna terjaga. Nomor telepon admin dan pengikut Saluran disembunyikan, dan informasi akun pribadi admin tidak ditampilkan kepada pengikut Saluran.

5. Siapa yang dapat membuat Saluran WhatsApp? Saat ini, hanya organisasi mitra-mitra Meta dan perseorangan yang telah “verified” oleh WhatsApp yang dapat membuat Saluran. Namun, perluasan akses mungkin dipertimbangkan dalam beberapa bulan ke depan.

6. Berapa lama konten dalam Saluran akan tersedia? Informasi dalam Saluran hanya akan bertahan selama 30 hari untuk mengatasi masalah penyimpanan.

WhatsApp terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman komunikasi yang lebih baik kepada pengguna dengan fitur-fitur inovatif seperti Saluran ini.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda