Cara Jual Gambar di Shutterstock

Menjual gambar di Shutterstock adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan pasif dari karya fotografi atau desain grafis Anda. Artikel ini akan memberikan panduan komprehensif tentang cara jual gambar di Shutterstock, dari proses pendaftaran hingga strategi pemasaran yang efektif.

Mengapa Menjual Gambar di Shutterstock?

Menjual gambar di Shutterstock memiliki banyak keuntungan. Platform ini merupakan salah satu pasar terbesar untuk konten visual, yang memungkinkan Anda menjangkau audiens global. Selain itu, Shutterstock menawarkan komisi yang kompetitif dan berbagai alat yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan.

Cara Mendaftar di Shutterstock

1. Membuat Akun Contributor

Langkah pertama untuk menjual gambar di Shutterstock adalah membuat akun contributor. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs web Shutterstock dan pilih “Menjadi Kontributor”.
  2. Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi Anda.
  3. Verifikasi alamat email Anda.

2. Mengunggah Karya Awal

Setelah akun Anda dibuat, Anda harus mengunggah beberapa contoh karya untuk ditinjau oleh tim Shutterstock. Pastikan gambar yang Anda unggah berkualitas tinggi dan memenuhi pedoman teknis Shutterstock.

3. Verifikasi Identitas

Shutterstock memerlukan verifikasi identitas untuk mencegah penipuan. Anda perlu mengunggah salinan identitas resmi, seperti paspor atau SIM.

4. Persetujuan dan Pengaturan Akun

Setelah karya awal Anda disetujui dan identitas Anda diverifikasi, Anda dapat mulai mengunggah gambar untuk dijual. Pastikan Anda melengkapi profil Anda dan menambahkan metode pembayaran.

Proses Mengunggah Gambar di Shutterstock

1. Persiapan Gambar

Sebelum mengunggah gambar, pastikan gambar Anda sesuai dengan pedoman Shutterstock. Gambar harus tajam, bebas dari noise, dan memiliki resolusi minimal 4 megapiksel.

2. Metadata dan Kata Kunci

Metadata yang tepat sangat penting untuk memastikan gambar Anda mudah ditemukan oleh calon pembeli. Sertakan deskripsi yang jelas dan kata kunci yang relevan. Kata kunci harus mencakup detail tentang subjek, lokasi, dan tema gambar.

Baca Juga  Cara Membuat Deskripsi Shutterstock yang Menarik

3. Menggunakan Model Release dan Property Release

Jika gambar Anda menampilkan orang atau properti pribadi, Anda perlu mengunggah model release atau property release. Ini adalah formulir yang memberikan izin untuk menggunakan gambar tersebut secara komersial.

4. Mengunggah dan Mengelola Gambar

Gunakan antarmuka pengguna Shutterstock untuk mengunggah gambar. Anda dapat mengunggah gambar satu per satu atau menggunakan alat batch upload untuk mengunggah banyak gambar sekaligus. Setelah diunggah, Anda dapat mengelola dan memantau kinerja gambar melalui dashboard kontributor.

Strategi dan Cara Jual Gambar di Shutterstock

1. Kualitas di Atas Kuantitas

Fokus pada kualitas gambar daripada kuantitas. Gambar yang tajam, dengan komposisi yang baik dan pencahayaan yang tepat, cenderung lebih laku daripada gambar yang diambil secara asal-asalan.

2. Mengikuti Tren Pasar

Pantau tren pasar dan unggah gambar yang relevan. Shutterstock memiliki alat analitik yang dapat membantu Anda melihat jenis gambar apa yang paling dicari oleh pembeli.

3. Diversifikasi Portofolio

Jangan hanya fokus pada satu jenis gambar. Diversifikasi portofolio Anda dengan berbagai jenis gambar seperti pemandangan, potret, abstrak, dan lain-lain. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk menarik berbagai tipe pembeli.

4. Optimasi Kata Kunci

Gunakan kata kunci yang relevan dan spesifik. Jangan mengisi metadata dengan kata kunci yang tidak relevan, karena ini dapat merugikan peringkat gambar Anda di hasil pencarian.

5. Promosi Melalui Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan portofolio Shutterstock Anda. Bagikan tautan ke gambar Anda di platform seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca Juga  Cara Agar Foto Laku di Shutterstock

Mengelola Pendapatan dari Shutterstock

1. Struktur Komisi

Shutterstock menggunakan sistem komisi berbasis tingkat. Semakin banyak gambar Anda terjual, semakin tinggi tingkat komisi Anda. Komisi awal berkisar antara 15% hingga 40% dari harga jual.

2. Pembayaran

Pembayaran dapat diterima melalui berbagai metode seperti PayPal, Skrill, atau transfer bank. Pembayaran dilakukan setiap bulan asalkan saldo Anda mencapai batas minimum yang ditentukan.

3. Menggunakan Pendapatan untuk Pengembangan Lebih Lanjut

Investasikan pendapatan Anda untuk meningkatkan keterampilan dan peralatan fotografi Anda. Ini dapat mencakup membeli kamera baru, lensa, atau mengikuti kursus fotografi.

FAQ tentang Cara Jual Gambar di Shutterstock

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock adalah platform yang menyediakan berbagai konten visual seperti foto, ilustrasi, vektor, dan video kepada pembeli di seluruh dunia. Platform ini memungkinkan fotografer dan desainer untuk menjual karya mereka secara online.

Bagaimana cara mendaftar sebagai kontributor Shutterstock?

Anda dapat mendaftar sebagai kontributor Shutterstock dengan mengunjungi situs web mereka, mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah beberapa contoh karya untuk ditinjau. Setelah disetujui, Anda dapat mulai mengunggah gambar untuk dijual.

Berapa banyak komisi yang didapatkan dari penjualan gambar di Shutterstock?

Komisi yang didapatkan berkisar antara 15% hingga 40% dari harga jual, tergantung pada tingkat penjualan Anda.

Apakah saya perlu izin untuk menjual gambar yang menampilkan orang atau properti?

Ya, Anda perlu mengunggah model release atau property release jika gambar Anda menampilkan orang atau properti pribadi.

Bagaimana cara meningkatkan penjualan gambar di Shutterstock?

Beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan meliputi fokus pada kualitas gambar, mengikuti tren pasar, diversifikasi portofolio, optimasi kata kunci, dan promosi melalui media sosial.

Bagaimana cara menerima pembayaran dari Shutterstock?

Anda dapat menerima pembayaran melalui berbagai metode seperti PayPal, Skrill, atau transfer bank. Pembayaran dilakukan setiap bulan asalkan saldo Anda mencapai batas minimum yang ditentukan.

Menjual gambar di Shutterstock adalah peluang besar bagi fotografer dan desainer grafis untuk mendapatkan penghasilan pasif. Dengan mengikuti panduan ini dan menerapkan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang sukses dan memaksimalkan pendapatan Anda di platform ini.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda