Cara Membuat Berita di Google

Anda ingin memasukkan berita Anda ke dalam hasil pencarian Google? Membuat berita di Google dapat menjadi langkah yang tepat. Namun, Anda perlu menjadi penerbit terdaftar di Google News. Berikut adalah langkah Cara Membuat Berita di Google.

1. Mendaftar Sebagai Penerbit Berita

Untuk memulai perjalanan Anda menuju menjadi penerbit berita di Google, langkah pertama adalah mendaftarkan situs web atau blog Anda di Google News Publisher Center. Panduan pendaftarannya sangat membantu dan berikut adalah langkah-langkah dasarnya:

  1. Kunjungi Google News Publisher Center: Buka browser Anda dan pergi ke Google News Publisher Center.
  2. Pilih “Mendaftar”: Temukan opsi “Mendaftar” di halaman utama dan klik pada tautan tersebut.
  3. Masukkan Informasi Diperlukan: Selama proses pendaftaran, Anda akan diminta memasukkan informasi penting tentang situs web atau blog Anda. Pastikan untuk mengisi informasi seperti judul situs web, deskripsi yang relevan, dan kategori berita yang Anda cakup. Informasi yang akurat dan relevan sangat penting dalam proses ini.

2. Verifikasi Kepemilikan Situs Web

Google akan memerlukan Anda untuk memverifikasi kepemilikan situs web Anda. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki kendali penuh atas situs web yang akan menjadi sumber berita. Verifikasi dapat melibatkan penambahan metode verifikasi khusus di situs web Anda atau mengunggah file HTML verifikasi ke server Anda. Langkah ini membantu Google memastikan integritas dan keabsahan situs web Anda sebagai penerbit berita.

3. Tunggu Persetujuan

Setelah Anda berhasil mendaftarkan situs web Anda dan melakukan verifikasi kepemilikan, langkah selanjutnya adalah menunggu persetujuan dari Google. Tim Google akan meninjau situs web Anda untuk memastikan bahwa ia memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk menjadi penerbit berita di Google News. Harap diingat bahwa proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa hari hingga berminggu-minggu.

Baca Juga  Cara Chat dengan Google

4. Publikasikan Berita Anda

Setelah mendapatkan persetujuan sebagai penerbit berita, Anda dapat memulai untuk mempublikasikan berita Anda di situs web Anda. Google News akan secara otomatis mengindeks artikel Anda dan memasukkannya ke dalam hasil pencarian berita. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa berita Anda dapat ditemukan oleh pembaca yang mencari informasi terkini.

Selama proses ini, sangat penting untuk mematuhi pedoman dan standar Google News. Ini akan membantu menjaga keberlanjutan penerbitan berita Anda di platform ini.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapa lama proses persetujuan biasanya memakan waktu? Proses persetujuan bisa memakan waktu beberapa hari hingga berminggu-minggu, tergantung pada jumlah permintaan yang harus diulas oleh tim Google.

2. Apa yang harus saya lakukan jika situs web saya ditolak? Jika situs web Anda ditolak, Anda dapat memeriksa kembali panduan pendaftaran dan memastikan bahwa Anda memenuhi semua kriteria yang diperlukan. Anda dapat mencoba mendaftar lagi setelah perbaikan dilakukan.

3. Apakah semua jenis berita diterima di Google News? Google memiliki pedoman yang mengatur jenis berita yang diterima di Google News. Pastikan berita Anda memenuhi pedoman ini untuk meningkatkan peluang persetujuan.

4. Apakah ada biaya terkait dengan menjadi penerbit berita di Google News? Saat ini, Google News Publisher Center menyediakan layanan ini secara gratis. Namun, peraturan dan biaya dapat berubah, jadi selalu periksa dengan Google untuk informasi terbaru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mematuhi pedoman Google News, Anda dapat mulai mempublikasikan berita Anda di Google dan meningkatkan visibilitas Anda di platform yang sangat populer ini. Ingatlah bahwa kesabaran dan konsistensi dalam mematuhi pedoman adalah kunci keberhasilan Anda sebagai penerbit. Semoga sukses!

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda