Cara Membuat Saluran WhatsApp: Panduan Lengkap

WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru yang sangat dinantikan, yaitu Saluran WhatsApp. Dengan Whatsapp Channel, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dan terhubung secara langsung dengan pengikut Anda melalui WA. Namun, perlu diingat bahwa saat ini fitur ini belum tersedia untuk semua orang. Untuk melihat Cara Membuat Saluran WhatsApp, anda dapat mengikuti panduan berikut ini:

Bergabung dalam Daftar Tunggu

Sebelum Anda dapat membuat Saluran WhatsApp, pastikan Anda telah bergabung dalam daftar tunggu. Ini akan memungkinkan Anda menerima notifikasi segera setelah fitur Whatsapp Channel tersedia bagi Anda. Ingatlah bahwa peluncuran fitur ini akan berlangsung secara bertahap, jadi bersabarlah.

Periksa Ketersediaan Fitur

Ketika fitur Saluran sudah tersedia, Anda akan melihatnya dalam aplikasi WA Anda. Namun, beberapa fitur, seperti membuat saluran, mungkin belum tersedia untuk semua orang. Untuk memastikan Anda dapat menggunakan fitur ini, pastikan WhatsApp Anda diperbarui ke versi terbaru.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Untuk menambahkan tingkat keamanan ekstra ke Whatsapp Channel Anda, sangat disarankan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di akun WhatsApp yang akan Anda gunakan untuk membuat Channel dan di semua akun admin yang terkait.

Membuat Saluran WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di telepon Anda dan buka tab “Pembaruan”.
  2. Ketuk tombol yang berbentuk pena dengan tanda plus di atasnya, lalu pilih “Saluran baru”.
  3. Ketuk “Mulai” untuk memulai proses pembuatan saluran.
  4. Berikan nama untuk saluran Anda. Nama saluran dapat diubah nanti, jadi pilih yang sesuai dengan tujuan saluran Anda.
  5. Anda sekarang memiliki opsi untuk menyesuaikan saluran Anda dengan menambahkan deskripsi dan ikon. Ini adalah langkah opsional.
    • Tambahkan Deskripsi Saluran: Tulis beberapa kalimat yang menjelaskan konten atau tujuan saluran Anda. Ini akan membantu calon pengikut memahami apa yang mereka harapkan dari saluran Anda.
    • Tambahkan Ikon Saluran: Anda juga dapat menambahkan gambar sebagai ikon saluran. Ini akan membuat saluran Anda terlihat lebih menarik.
  6. Setelah menyesuaikan saluran sesuai keinginan Anda, ketuk “Buat saluran” untuk menyelesaikan proses pembuatan.
Baca Juga  Cara Menarik Pesan di Gmail yang Telah Terkirim

Selamat, Whatsapp Channel Anda sudah siap digunakan! Sekarang, mari pelajari cara membagikan informasi melalui saluran Anda.

Bagikan Tautan Saluran

Anda dapat dengan mudah membagikan tautan saluran Anda kepada pengikut Anda. Ini akan memungkinkan mereka untuk bergabung dengan saluran Anda dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Channel dengan mengeklik ikon “Saluran” di aplikasi WA Anda.
  2. Temukan dan klik saluran yang Anda buat, lalu klik nama saluran tersebut.
  3. Di halaman info saluran, klik “Salin Tautan” untuk menyalin tautan saluran ke clipboard Anda.
  4. Sekarang, Anda dapat membagikan tautan saluran ini kepada pengikut Anda melalui pesan, email, atau media sosial lainnya. Mereka dapat mengklik tautan ini untuk bergabung dengan Whatsapp Channel Anda.

Butuh Bantuan?

Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang penggunaan Whatsapp Channel, jangan ragu untuk menghubungi tim Dukungan WhatsApp. Caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka “Setelan” (biasanya berupa ikon tiga titik di pojok kanan atas).
  3. Pilih “Bantuan” dari menu ini.
  4. Pilih “Hubungi kami” untuk menghubungi tim dukungan WhatsApp.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan untuk memulai dengan Whatsapp Channel Anda.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apa itu Saluran WhatsApp? Saluran WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan Anda membuat saluran untuk berbagi informasi dan terhubung dengan pengikut Anda melalui WhatsApp.

2. Bagaimana cara bergabung dalam daftar tunggu untuk Saluran WhatsApp? Anda dapat bergabung dalam daftar tunggu dengan mengikuti langkah-langkah yang akan muncul dalam aplikasi WhatsApp saat fitur ini tersedia.

3. Apakah Saluran WhatsApp tersedia untuk semua orang? Saat ini, Saluran WhatsApp belum tersedia untuk semua pengguna. Peluncuran fitur ini akan berlangsung secara bertahap.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Cadangan Google Drive di WA

4. Bagaimana cara membagikan tautan Saluran WhatsApp kepada pengikut saya? Anda dapat membagikan tautan Saluran WhatsApp dari halaman info saluran. Pengikut Anda dapat mengklik tautan tersebut untuk bergabung dengan saluran Anda.

5. Apakah perlu mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk Saluran WhatsApp? Meskipun tidak wajib, sangat disarankan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan Saluran WhatsApp Anda.

6. Bagaimana cara menghubungi tim Dukungan WhatsApp jika saya memiliki pertanyaan atau masalah? Anda dapat menghubungi tim Dukungan WhatsApp melalui aplikasi dengan membuka “Setelan,” memilih “Bantuan,” dan kemudian “Hubungi kami.”

Dengan mengikuti panduan ini, Anda siap untuk memulai dengan Whatsapp Channel Anda dan terhubung dengan pengikut Anda melalui platform yang familiar ini. Selamat mencoba!

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda