Cara Settlement EDC BNI

Settlement EDC BNI adalah tahap krusial dalam proses mesin Electronic Data Capture (EDC) yang bertujuan menyelesaikan transaksi kartu kredit dan debit. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda memahami Cara Settlement EDC BNI sekaligus menjalankan proses ini dengan sukses.

Langkah 1: Akses Menu Settlement

Pertama, pastikan mesin EDC BNI dalam keadaan siap. Langkah pertama adalah mengakses menu settlement:

1.1. Tekan tombol “F2” pada mesin EDC BNI.

1.2. Setelah itu, sistem akan meminta Anda memasukkan password berupa 4 digit angka. Umumnya, password default adalah “0000.”

1.3. Setelah Anda memasukkan password, mesin EDC akan menampilkan menu “All Host.” Tekan “Enter” untuk melanjutkan.

Langkah 2: Proses Settlement

Setelah Anda mengakses menu settlement, langkah selanjutnya adalah memproses settlement itu sendiri:

2.1. Setelah Anda menekan “Enter,” mesin EDC akan memulai proses settlement. Ini adalah tahap di mana semua transaksi yang terjadi sebelumnya akan diproses dan dicatat.

2.2. Tunggu beberapa saat hingga proses settlement selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses ini mungkin berbeda tergantung pada jumlah transaksi yang harus diproses.

2.3. Setelah proses settlement selesai, mesin EDC akan mengeluarkan laporan settlement. Laporan ini adalah bukti bahwa settlement telah berhasil diselesaikan. Pastikan Anda menyimpan laporan ini untuk referensi Anda.

Baca Juga  Santet Fisika Kuantum: "Spooky Action At a Distance" ala Einstein

Pentingnya Settlement EDC BNI

Proses ini merupakan tahap kunci dalam menjalankan bisnis dengan menggunakan kartu kredit dan debit. Proses ini membantu bank dan pedagang untuk:

  • Mengatur pembayaran kepada pedagang atas transaksi yang telah dilakukan.
  • Memastikan bahwa semua transaksi tercatat dengan benar dan telah diselesaikan.

FAQ tentang Settlement EDC BNI

1. Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa password untuk mengakses menu settlement?

Jika Anda lupa password, segera hubungi penyedia layanan EDC BNI Anda. Mereka akan memberikan panduan dan bantuan untuk mengatasi masalah ini.

2. Berapa sering saya perlu melakukan settlement?

Settlement sebaiknya dilakukan setiap hari setelah berakhirnya jam operasional bisnis Anda. Ini penting untuk memastikan semua transaksi selesai dan pembayaran kepada pedagang lancar.

3. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami kesulitan dalam proses settlement?

Jika Anda menghadapi kendala dalam proses settlement, langkah pertama yang sebaiknya Anda ambil adalah menghubungi tim dukungan teknis EDC BNI. Mereka akan dapat membantu Anda mengatasi masalah teknis.

4. Apakah ada biaya yang terkait dengan proses settlement EDC BNI?

Biaya proses ini biasanya bergantung pada kesepakatan yang Anda miliki dengan penyedia layanan EDC BNI Anda. Pastikan Anda telah memahami biaya-biaya terkait sebelum Anda mulai menggunakan layanan EDC BNI.

Kesimpulan

Settlement EDC BNI adalah langkah kunci dalam mengelola transaksi kartu kredit dan debit dalam bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memahami proses ini, Anda dapat memastikan bahwa semua transaksi diselesaikan dengan sukses dan pembayaran kepada pedagang berjalan lancar. Jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan EDC BNI Anda jika Anda menghadapi masalah atau pertanyaan lebih lanjut terkait proses ini.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda