Cincin Pintar Samsung Dapat Ukur Gula dan Tekanan Darah

Sebuah skandal paten antara Apple dan Masimo telah memicu perhatian pada perkembangan teknologi wearable dalam memonitor indikator fisiologis manusia. Pejabat Samsung mengumumkan bahwa perusahaan ini tengah mengembangkan metode non-invasif untuk mengukur gula darah dan terus-menerus memantau tekanan darah melalui Galaxy Ring atau Cincin Pintar Samsung.

Inovasi Samsung dalam Pemantauan Kesehatan

Vice president Samsung Electronics, Hon Pak, yang bertanggung jawab atas manajemen medis perusahaan, melaporkan kepada Bloomberg bahwa pengukuran kadar gula darah sangat penting bagi penderita diabetes, sementara pengukuran tekanan darah terus-menerus dapat mencegah masalah kardiovaskular, bahkan pada orang sehat. Samsung berkomitmen untuk bermain di level yang berbeda dengan mengembangkan teknologi ini.

Langkah Signifikan dalam Pemantauan Non-invasif

Wawancara rinci dengan Hong Pak mengungkapkan bahwa Samsung sedang berinvestasi besar untuk mencapai tujuan ini. Meskipun tidak memberikan detail implementasi, perwakilan Samsung memastikan bahwa pengukuran non-invasif kadar gula darah akan menjadi kenyataan dalam lima tahun ke depan.

Galaxy Ring: Inovasi Cincin Pintar Samsung

Samsung mengumumkan bahwa Galaxy Ring, “smart ring” terbaru mereka, akan segera diluncurkan. Awalnya difokuskan pada pemantauan aktivitas dan kualitas tidur, cincin pintar ini secara bertahap akan memiliki fungsi pemantauan kesehatan tambahan. Diklaim cocok bagi pengguna yang menginginkan pemantauan tubuh tanpa perlu mengenakan jam tangan atau gelang.

Kemajuan dalam Pengukuran Tekanan Darah

Sementara jam pintar Samsung saat ini sudah dapat mengukur tekanan darah, pengukuran masih bersifat diskrit dan memerlukan kalibrasi konstan. Namun, Samsung berjanji bahwa masalah ini akan teratasi di masa depan. Berbeda dengan Apple yang hanya memberikan peringatan tanpa parameter spesifik, perwakilan Samsung menegaskan pentingnya mengenali deviasi dari norma tanpa harus menetapkan nilai numerik tertentu.

Baca Juga  Infinix GT 10 Pro: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Perkembangan pada Smart Headphones

Samsung tidak hanya fokus pada perangkat pemantauan pada pergelangan tangan, mereka juga terus mengembangkan fungsionalitas pada headphone pintar. Kemampuan mengukur suhu tubuh dan detak jantung menjadi daya tarik utama. Vice president Samsung menjelaskan bahwa telinga merupakan bagian tubuh yang sesuai untuk pengukuran ini, dengan jalur yang lebih singkat menuju jantung dibandingkan pergelangan tangan. Data yang diperoleh dari headphone cerdas ini, ketika dikombinasikan dengan pembacaan dari smartwatches, memberikan gambaran kesehatan yang lebih objektif.

Arah Masa Depan: Realitas Virtual untuk Kesehatan

Samsung juga sedang mencari mitra untuk mengembangkan keahlian mereka dalam teknologi realitas virtual. Setidaknya, headset augmented reality membuka peluang baru untuk menjelajahi kondisi manusia, bahkan dapat memberikan gambaran tentang keadaan psikologis dan membantu mengurangi stres melalui latihan meditasi.

Kesimpulan

Dengan inovasi-inovasinya yang terus-menerus, Samsung membuktikan diri sebagai pemimpin dalam pengembangan teknologi kesehatan wearable. Dari pengukuran gula darah hingga pemantauan tekanan darah dan perkembangan pada perangkat seperti Galaxy Ring dan smart headphones, Samsung berkomitmen untuk membawa revolusi dalam pemantauan kesehatan pribadi. Mereka tidak hanya berusaha mengikuti tren, tetapi juga memimpin dalam menciptakan tren baru yang akan membentuk masa depan teknologi kesehatan.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda