eSIM gantikan SIM? iPhone 15 Hilangkan Slot Kartu SIM

Pada masa kini, keberadaan kartu SIM fisik untuk penggunaan ponsel segera menjadi masa lalu. iPhone 15 dan 15 Pro dikabarkan tak lagi menyediakan slot kartu SIM. Hal ini diketahui dari informasi di sebuah situs Perancis. Jika benar, artinya iPhone 15 dan 15 Pro akan benar-benar mengandalkan fitur eSIM gantikan SIM.

Apa itu eSIM?

eSIM, atau SIM elektronik, merupakan fitur yang gantikan keberadaan kartu SIM fisik pada perangkat ponsel. eSIM terdiri dari chip yang telah tertanam pada ponsel yang dapat diaktifkan dengan melakukan scan barcode pada layar ponsel. Dalam hal ini, penggunaan eSIM akan sangat memudahkan bagi para pengguna ponsel yang tidak perlu lagi menghadapi masalah fisik seperti kehilangan atau kerusakan kartu SIM.

Keuntungan dari eSIM yang gantikan SIM

Tidak hanya menghindari masalah fisik, fitur eSIM juga memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengaktifkan paket tanpa menggunakan nano SIM. Selain itu, pengguna dapat menginstal 8 eSIM atau lebih pada iPhone dan dapat menggunakan dua nomor telepon aktif sekaligus.

Operator Indonesia Gantikan SIM ke eSIM

Belakangan ini, beberapa operator komunikasi seluler di Indonesia telah mendukung penggunaan eSIM. Hal ini memungkinkan pengguna ponsel untuk beralih dari kartu SIM fisik ke eSIM dan memudahkan pengguna dalam mengganti paket tanpa perlu mendapatkan kartu SIM baru dari operator. Beberapa operator seluler besar seperti Smartfren, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo sudah mendukung penggunaan eSIM pada perangkat tertentu.

Baca Juga  Harga iPhone 15 dan Spesifikasi Semua HP Baru Apple

eSIM pada HP lainnya

eSIM tidak hanya tersedia pada iPhone, melainkan juga pada sejumlah HP Samsung, Huawei, dan Oppo yang menggunakan sistem operasi Android. Pengguna HP yang menggunakan eSIM dapat merasakan kemudahan dan kepraktisan dalam gantikan paket tanpa harus menggunakan kartu SIM fisik.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa keberadaan kartu SIM fisik akan segera tergantikan oleh eSIM. Fitur ini dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi pengguna ponsel. Meskipun begitu, hal ini tetap menjadi pilihan dan keputusan pengguna untuk beralih atau tetap menggunakan kartu SIM fisik.

Pertanyaan yang sering ditanyakan untuk eSIM gantikan SIM

  1. Apa itu eSIM dan apa keuntungannya?

    eSIM adalah SIM card elektronik yang terintegrasi langsung ke dalam perangkat seluler seperti ponsel pintar atau tablet, tanpa perlu menggunakan SIM card fisik. Keuntungan dari penggunaan eSIM adalah kemudahan dalam mengaktifkan layanan seluler, seperti tidak perlu lagi memasang dan mengganti SIM card fisik secara manual, dan dapat mengaktifkan beberapa nomor telepon dalam satu perangkat.
  2. Apakah eSIM yang akan gantikan SIM sudah tersedia di Indonesia?

    Ya, eSIM sudah tersedia di Indonesia. Beberapa operator seluler di Indonesia sudah mendukung penggunaan eSIM pada perangkat seluler tertentu.
  3. Apakah semua operator di Indonesia mendukung penggunaan eSIM?

    Tidak semua operator di Indonesia mendukung penggunaan eSIM, namun beberapa operator seluler besar seperti Smartfren, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo sudah mendukung penggunaan eSIM dan siap gantikan SIM biasa pada perangkat tertentu.
  4. Bagaimana cara mengaktifkan eSIM pada ponsel?

    Untuk mengaktifkan eSIM pada ponsel, pengguna perlu menghubungi operator seluler yang mendukung penggunaan eSIM dan mengikuti panduan yang diberikan oleh operator untuk mengaktifkan eSIM pada perangkat seluler.
  5. Apakah eSIM hanya tersedia pada iPhone atau juga pada ponsel Android?

    eSIM tidak hanya tersedia pada iPhone, namun juga sudah tersedia pada beberapa ponsel Android seperti Samsung, Huawei, dan Oppo. Namun, tidak semua ponsel Android mendukung penggunaan eSIM. Sebaiknya, pengguna memeriksa spesifikasi ponsel terlebih dahulu sebelum membeli perangkat dengan fitur eSIM.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda