Kunci Biometrik Akan Hadir di Find My Device Android

Aplikasi Temukan Perangkat Saya di Android mungkin akan segera mendapatkan peningkatan besar, karena sedang mempersiapkan dukungan untuk pembukaan kunci biometrik.

Untuk waktu yang lama, tujuan dari aplikasi Temukan Perangkat Saya di Android hanyalah untuk menemukan smartphone, tablet, atau perangkat Android milik orang lain yang hilang. Oleh karena itu, aplikasi ini tidak sering digunakan, dan juga masuk akal untuk diamankan lebih ketat dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Secara default, aplikasi ini mengharuskan Anda memasukkan akun Google Anda setiap kali membukanya, atau hanya membiarkannya tidak terkunci.

Seperti yang dilaporkan oleh Android Authority, pembaruan baru untuk aplikasi ini mungkin memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi di balik pembukaan kunci biometrik, membuatnya lebih mudah diakses sambil tetap aman.

Perubahan Ini Diaktifkan Secara Manual dalam Aplikasi

Perubahan ini diaktifkan secara manual dalam aplikasi, meskipun tidak jelas versi aplikasi mana yang digunakan. Google belum memperbarui aplikasi Temukan Perangkat Saya sejak awal April, jadi setidaknya agak aneh bahwa ini baru muncul sekarang.

Namun, tampaknya perubahan ini disampaikan melalui Google Play Services, karena laporan yang sama juga menyebutkan bahwa Google sedang membuat kemajuan pada menu “Remote Lock” barunya. Menu ini diumumkan di Google I/O dan akan diluncurkan “akhir tahun ini.”

Mengapa Pembukaan Kunci Biometrik Penting?

Pembukaan kunci biometrik adalah langkah maju yang signifikan dalam hal keamanan dan kemudahan penggunaan. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuka aplikasi Temukan Perangkat Saya dengan sidik jari atau pengenalan wajah, menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kata sandi setiap kali ingin melacak perangkat yang hilang.

Ini tidak hanya membuat aplikasi lebih mudah digunakan tetapi juga menambah lapisan keamanan ekstra, karena biometrik jauh lebih sulit untuk dipalsukan dibandingkan dengan kata sandi atau PIN.

Baca Juga  Fitur Windows 11 Terbaru - Instalasi Ulang Tanpa Kehilangan Data

Meningkatnya Fitur Keamanan pada Perangkat Android

Bagus untuk melihat Google menggandakan fitur-fitur ini. Kehilangan perangkat memang tidak menyenangkan, dan berkat peluncuran jaringan Temukan Perangkat Saya yang sedang berlangsung dan pelacak baru mirip AirTag yang memasuki pasar, pengguna Android mendapatkan banyak opsi baru yang berguna.

Masa Depan Aplikasi Temukan Perangkat Saya

Dengan penambahan fitur pembukaan kunci biometrik, masa depan aplikasi Temukan Perangkat Saya terlihat cerah. Fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang sering kehilangan perangkat atau yang hanya ingin memastikan bahwa perangkat mereka aman setiap saat.

Dukungan untuk Pelacak Mirip AirTag

Selain pembaruan ini, Google juga sedang bekerja pada peluncuran pelacak baru yang mirip dengan AirTag Apple. Pelacak ini akan memungkinkan pengguna untuk melacak barang-barang mereka yang hilang dengan lebih akurat dan mudah.

Peluncuran pelacak ini diharapkan akan meningkatkan ekosistem Android secara keseluruhan, memberikan pengguna lebih banyak alasan untuk tetap menggunakan perangkat Android.

Manfaat Penggunaan Biometrik di Temukan Perangkat Saya

  1. Kemudahan Akses: Dengan biometrik, membuka aplikasi menjadi jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan harus memasukkan kata sandi setiap saat.
  2. Keamanan Tinggi: Biometrik menyediakan lapisan keamanan tambahan yang sulit untuk dipalsukan, sehingga memastikan bahwa hanya pengguna yang sah yang dapat mengakses aplikasi.
  3. Efisiensi Penggunaan: Menggunakan biometrik meningkatkan efisiensi karena pengguna dapat dengan cepat membuka aplikasi dan mulai mencari perangkat yang hilang tanpa delay.
  4. Kenyamanan: Dengan dukungan biometrik, pengguna tidak perlu mengingat dan memasukkan kata sandi yang rumit, memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman.

Perbandingan dengan Aplikasi Serupa

Di pasar, ada beberapa aplikasi serupa yang menawarkan fungsi yang sama seperti Temukan Perangkat Saya, seperti:

  1. Find My iPhone (Apple): Aplikasi ini juga menggunakan pembukaan kunci biometrik untuk memberikan akses cepat dan aman kepada pengguna.
  2. Cerberus: Aplikasi keamanan Android yang menawarkan pelacakan perangkat, penguncian jarak jauh, dan fitur lainnya.
  3. Prey: Aplikasi pelacakan perangkat multi-platform yang menawarkan berbagai fitur keamanan.
Baca Juga  Cara Menghitung PPN dan PPh di Excel: Panduan Lengkap

Kesimpulan

Dengan penambahan fitur pembukaan kunci biometrik, aplikasi Temukan Perangkat Saya di Android akan menjadi lebih mudah diakses dan aman bagi pengguna. Fitur ini menunjukkan komitmen Google untuk terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam ekosistem Android. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna, inovasi seperti ini sangat dibutuhkan untuk memastikan perangkat kita tetap aman dan terlindungi.

FAQ

  1. Apa itu aplikasi Temukan Perangkat Saya? Aplikasi Temukan Perangkat Saya adalah aplikasi Android yang digunakan untuk melacak perangkat Android yang hilang.
  2. Apa manfaat pembukaan kunci biometrik di aplikasi ini? Pembukaan kunci biometrik menyediakan akses cepat dan aman ke aplikasi, mengurangi kebutuhan untuk memasukkan kata sandi setiap saat.
  3. Apakah semua perangkat Android mendukung pembukaan kunci biometrik? Tidak semua perangkat Android mendukung pembukaan kunci biometrik. Fitur ini tergantung pada perangkat keras yang ada di perangkat tersebut.
  4. Kapan fitur ini akan tersedia? Google belum mengumumkan tanggal pasti, tetapi fitur ini diharapkan akan diluncurkan “akhir tahun ini.”
  5. Bagaimana cara kerja pelacak mirip AirTag di Android? Pelacak ini bekerja dengan cara yang mirip dengan AirTag, memungkinkan pengguna untuk melacak barang-barang mereka yang hilang menggunakan perangkat Android mereka.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda