Menutup Kamera Tidak Cukup Amankan Laptop dan Gadget Lainnya Kata MIT

Permasalahannya terletak pada "Ambient Light Sensors" yang tertanam di sekitar layar perangkat kita.

Privasi menjadi semakin penting. Banyak dari kita mungkin sudah akrab dengan praktik menutupi kamera depan pada perangkat kita untuk melindungi privasi kita. Namun, tahukah Anda bahwa menutup kamera mungkin tidak cukup? Sebuah penelitian baru oleh para peneliti dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) telah mengungkap ancaman baru yang dapat mengganggu privasi jutaan pengguna layar di seluruh dunia. Permasalahannya terletak pada “Ambient Light Sensors” yang tertanam di sekitar layar perangkat kita.

Ancaman Tersembunyi: Sensor Cahaya Ambient

Para peneliti MIT melakukan eksperimen menggunakan tablet layar sentuh Samsung Galaxy View2, yang memiliki ukuran layar besar 17.3 inci dan dirilis pada tahun 2019. Namun, konfigurasi sensor cahaya ambient yang berdekatan dengan kamera depan adalah setup umum yang digunakan di sebagian besar perangkat. Dengan menggabungkan sensor-sensor tersebut dengan sumber cahaya aktif dari layar perangkat, para peneliti dapat mendemonstrasikan kemampuan untuk mengenali posisi tangan, gerakan, dan bahkan mendeteksi keberadaan wajah manusia.

Meskipun ancaman ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan akses penuh yang diberikan oleh kamera web, teknologi algoritma matematika, pemrosesan gambar, dan kecerdasan buatan memberikan hasil yang lebih mengkhawatirkan. Alih-alih menyarankan pengguna menutupi sensor cahaya ambient, yang dapat bermanfaat dalam membuat perangkat lebih nyaman, para peneliti menyarankan para produsen untuk mempertimbangkan kembali izin default yang diberikan pada sensor-sensor tersebut.

Baca Juga  Apple Vision Pro di Pakai di Rumah Sakit Amerika Serikat

Solusi dan Tantangan

Hingga saat ini, tim peneliti MIT telah menyarankan produsen setidaknya untuk mengurangi kecepatan sensor untuk mengurangi risiko, dan memindahkan sensor ke area yang tidak menghadap pengguna. Namun, hal itu tidak membantu untuk jutaan layar yang sudah ada di luar sana. Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

Menutupi tepi layar dengan lakban mungkin menjadi solusi sementara, tetapi Anda akan kehilangan fitur yang dibawa oleh sensor tersebut dalam menyesuaikan layar agar tidak terlalu menyakitkan mata. Ini adalah solusi sementara yang belum menyelesaikan masalah secara menyeluruh.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah menutup kamera depan sudah cukup untuk melindungi privasi saya?

Menutupi kamera depan mungkin membantu mengurangi risiko, tetapi dengan adanya sensor cahaya ambient, privasi Anda tetap rentan terhadap penyalahgunaan.

2. Apakah semua perangkat memiliki sensor cahaya ambient?

Tidak semua perangkat memiliki sensor cahaya ambient, tetapi ini telah menjadi fitur umum pada sebagian besar perangkat modern.

3. Apakah ada langkah lain yang dapat saya lakukan untuk melindungi privasi saya?

Selain menutupi kamera depan dan mempertimbangkan langkah-langkah teknis, penting juga untuk memperhatikan izin aplikasi yang Anda instal dan memperbarui perangkat lunak secara teratur.

Dengan demikian, penting bagi kita sebagai pengguna untuk tetap waspada terhadap perkembangan teknologi dan mempertimbangkan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi privasi kita dalam era digital yang terus berkembang pesat.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda