META Rilis Threads, Aplikasi Mirip Twitter Untuk Pengguna Instagram

Perusahaan teknologi terkemuka, Meta, yang juga merupakan perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, baru-baru ini menghadirkan sebuah aplikasi baru yang menarik perhatian para pengguna media sosial di seluruh dunia. Meta rilis Threads, sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna Instagram yang sangat mirip dan memiliki kesamaan dengan Twitter. Mari kita jelajahi lebih lanjut tentang Threads dan fitur-fitur menarik yang ditawarkannya.

META Rilis Threads, Aplikasi Mirip Twitter Untuk Pengguna Instagram

Threads an Instagram AppMeta, perusahaan teknologi global yang mengoperasikan berbagai platform populer seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram, telah meluncurkan Threads, sebuah aplikasi yang menawarkan pengalaman serupa dengan Twitter, namun ditujukan khusus untuk pengguna Instagram. Aplikasi Threads telah resmi tersedia untuk diunduh di Indonesia melalui Google Play Store dan Apple App Store, dengan persyaratan bahwa pengguna harus memiliki akun Instagram.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.barcelona

Login dengan Akun Instagram untuk Mengakses Threads

login threads instagram meta

Saat pertama kali mengunduh aplikasi Threads, pengguna diminta untuk melakukan login menggunakan akun Instagram mereka. Hal ini menunjukkan bahwa Threads hanya dapat diakses oleh pengguna yang sudah memiliki akun Instagram. Namun, perlu dicatat bahwa opsi pendaftaran tanpa menggunakan akun Instagram tidak tersedia dalam aplikasi ini. Untuk pengguna yang memiliki beberapa akun terdaftar di Instagram, Threads memberikan kemudahan untuk memilih akun yang ingin digunakan.

Integrasi Data Pengguna dalam Sistem Meta

Meta telah mengintegrasikan semua data pengguna dari platform-platform media sosial di bawah naungan perusahaan tersebut, termasuk Facebook dan Instagram, ke dalam sistem Threads. Artinya, seluruh data pengguna Threads akan tersimpan dalam sistem Meta. Pengguna tidak dapat membuat akun Threads tanpa terlebih dahulu memiliki akun Instagram, dan keterbatasan ini membedakan Threads dengan Twitter.

Baca Juga  MagicOS 8.0: UI Baru Honor dengan Teknologi AI

Keunikan dalam Format Handles di Threads yang di Rilis Meta

Salah satu perbedaan signifikan antara Threads dan platform media sosial lainnya adalah format handles atau username yang digunakan. Handles pada umumnya terdiri dari kombinasi huruf, simbol, dan angka, namun dalam Threads, handles terdiri dari angka, seperti @12345. Meskipun handles berbentuk angka ini tidak terlihat di Threads, mereka akan muncul di profil Instagram pengguna di bawah nama pengguna. Meta juga telah merencanakan agar Threads dapat berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Mastodon di masa mendatang.

Fitur-Fitur Menarik dalam Threads

Threads menawarkan beberapa fitur menarik yang membedakannya dari platform media sosial lainnya. Setelah pengguna melakukan pengaturan awal, Threads menampilkan beberapa menu di bagian bawah layar, seperti Home, Search, New Threads, Activity, dan Profile. Dalam Threads, pengguna dapat membuat postingan baru, mengunggah teks, membuat konten lanjutan atau threads, serta menyertakan file berupa foto atau video. Pengguna juga dapat menyukai konten, memberikan komentar, memposting ulang konten (mirip dengan retweet), dan membagikan thread melalui Direct Message(DM) Threads.

Kesimpulan META Rilis Threads, Aplikasi Mirip Twitter

Dengan peluncuran aplikasi Threads oleh Meta, pengguna Instagram dapat menikmati pengalaman yang mirip dengan Twitter dalam lingkungan yang sudah dikenal. Meskipun aplikasi ini memiliki keterbatasan dalam hal pendaftaran menggunakan akun Instagram dan format handles yang berbeda, Threads menawarkan fitur-fitur yang menarik dan potensi untuk berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga di masa mendatang.

Pertanyaan Terkait META Rilis Threads, Aplikasi Mirip Twitter

  1. Apakah Threads dapat diunduh oleh pengguna yang tidak memiliki akun Instagram?

    Tidak, Threads hanya dapat diakses oleh pengguna yang sudah memiliki akun Instagram.
  2. Apakah Threads memiliki fitur untuk mendaftar tanpa menggunakan akun Instagram?

    Tidak, Threads tidak menyediakan opsi pendaftaran tanpa menggunakan akun Instagram.
  3. Bagaimana cara menambahkan akun lain di Threads jika belum terdaftar di Instagram?

    Pengguna dapat menambahkan akun lain yang belum terdaftar di Instagram dengan mengklik opsi “Log in to another Instagram account” di aplikasi Threads.
  4. Apakah data pengguna di Threads disimpan di sistem Meta?

    Ya, semua data pengguna Threads akan tersimpan di dalam sistem Meta, yang mengintegrasikan seluruh data media sosial yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut.
  5. Apakah format handles (username) di Threads berbeda dengan media sosial lainnya?

    Ya, dalam Threads, format handles berupa angka, seperti @12345, yang tidak akan terlihat di Threads tetapi akan muncul di profil Instagram pengguna di bawah nama pengguna.
  6. Apakah Threads memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga?

    Ya, Threads dalam waktu dekat akan memungkinkan pengguna untuk saling mengikuti dan berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Mastodon.
  7. Apa saja fitur yang ada dalam Threads?

    Threads menyediakan fitur seperti membuat postingan baru, mengunggah teks, membuat konten lanjutan atau threads, serta menyertakan file berupa foto atau video. Pengguna juga dapat menyukai konten, memberikan komentar, memposting ulang konten, dan membagikan thread melalui DM Threads.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda