Mode Incognito di Google Chrome Berubah

Dalam beberapa minggu setelah menyetujui penyelesaian dalam tuntutan hukum yang menuduh Google melacak aktivitas penjelajahan pengguna secara ilegal, bahkan ketika mode Incognito di Chrome diaktifkan. Mode Incognito di Google Chrome Berubah Setelah Kalah di Pengadilan, perusahaan ini dengan diam-diam memperbarui deskripsi penjelajahan pribadinya. Teks terbaru ini ditemukan oleh para peneliti dalam versi Canary terbaru dari Google Chrome, yaitu versi 122.0.6251.0.

Perubahan Pada Deskripsi Mode Pribadi

Deskripsi yang diperbarui untuk Mode Pribadi adalah sebagai berikut: “Pengguna lain yang menggunakan perangkat ini tidak akan dapat melihat aktivitas Anda, memungkinkan Anda untuk menjelajah lebih secara pribadi. Hal ini tidak memengaruhi pengumpulan data oleh situs web yang Anda kunjungi dan layanan yang Anda gunakan, termasuk Google. Unduhan, penanda, dan item daftar baca disimpan.”

Mode Incognito di Google Chrome
Mode Incognito Google Chrome setelah kalah gugatan

Sebagai perbandingan, deskripsi mode pribadi dalam versi stabil saat ini dari Chrome adalah sebagai berikut: “Sekarang Anda dapat menjelajah secara pribadi dan orang lain yang menggunakan perangkat ini tidak akan dapat melihat aktivitas Anda. Namun, unduhan, penanda, dan item daftar baca tetap disimpan.”

Informasi tambahan di bawah deskripsi mode “Incognito” tetap tidak berubah. Aktivitas online pengguna masih dapat terlihat oleh:

  • “Situs yang Anda kunjungi”;
  • “Kepada majikan atau sekolah Anda”;
  • “Penyedia layanan internet Anda.”

Perubahan yang dilakukan oleh Google pada pemberitahuan ini patut diperhatikan karena sebelumnya perusahaan ini menggunakannya sebagai bukti untuk memberi tahu pengguna tentang semua jenis pelacakan yang dapat terjadi dalam mode incognito. “Kami menjelaskan bahwa setiap kali Anda membuka tab baru dalam mode incognito, situs web dapat mengumpulkan informasi tentang aktivitas penjelajahan Anda selama sesi tersebut,” kata juru bicara Google, José Castañeda, tahun lalu.

Baca Juga  Phi-3 Mini Model AI Paling Ringan dari Microsoft

Namun, argumen ini tidak meyakinkan pengadilan dan menolak permintaan pengadilan ringkas Google pada Agustus lalu. Bulan lalu dilaporkan bahwa Google dan para penggugat telah menyetujui syarat penyelesaian. Mereka akan disampaikan ke pengadilan pada Januari, dengan keputusan final diharapkan pada akhir Februari.

Kesimpulan

Pembaharuan pada deskripsi mode incognito Google Chrome menjadi poin perhatian penting dalam perkembangan ini. Sebuah langkah yang mencerminkan perubahan dalam strategi penyampaian informasi kepada pengguna. Dengan penjelasan yang lebih rinci, Google berupaya memberikan pemahaman yang lebih baik terkait privasi dan pelacakan dalam mode incognito. Bagaimanapun, dampak aktual dari perubahan ini terhadap persepsi pengguna dan hasil persidangan yang akan datang tetap menjadi hal yang menarik untuk diamati. Semua mata tertuju pada keputusan akhir pada akhir Februari nanti.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda