PS5 Pro Sony Siap Rilis

Spesifikasi dan Tanggal Rilis PS5 Pro Terungkap

Sony sedang bersiap-siap untuk merilis konsol PS5 yang lebih kuat, kemungkinan pada akhir tahun ini. Setelah laporan tentang spesifikasi PS5 Pro Sony yang bocor muncul baru-baru ini, The Verge telah memperoleh daftar lengkap spesifikasi untuk konsol yang akan datang tersebut. Sumber yang familiar dengan rencana Sony memberitahu kami bahwa pengembang sudah diminta untuk memastikan bahwa game mereka kompatibel dengan konsol yang akan datang ini, dengan fokus pada meningkatkan ray tracing.

Konsol PS5 Pro: Spesifikasi yang Diharapkan

Menurut dokumen yang menguraikan konsol yang akan datang, Sony mengharapkan rendering GPU pada PS5 Pro akan “sekitar 45 persen lebih cepat dari PlayStation 5 standar.” GPU PS5 Pro akan lebih besar dan menggunakan memori sistem yang lebih cepat untuk membantu meningkatkan ray tracing dalam game. Sony juga menggunakan “arsitektur ray tracing yang lebih kuat” dalam PS5 Pro, di mana kecepatannya di sini hingga tiga kali lebih baik daripada PS5 reguler.

Perbedaan dengan PS5 Standar

Konsol PS5 Pro akan memiliki beberapa perubahan pada memori sistem untuk para pengembang. Memori standar PS5 berjalan pada 448GB/s, tetapi Sony meningkatkan ini sebesar 28 persen menjadi 576GB/s pada PS5 Pro. Pengembang juga akan mendapatkan akses lebih banyak ke memori sistem secara keseluruhan.

Peningkatan Performa CPU

Meskipun demikian, CPU akan sama dengan PS5 standar tetapi dengan mode baru yang memacu kecepatannya lebih tinggi. “Trinity memiliki mode yang menargetkan frekuensi CPU 3,85GHz,” kata Sony dalam dokumen kepada para pengembang. Itu sekitar 10 persen lebih tinggi dari PS5 reguler.

Baca Juga  Mengapa Tiba-Tiba Ada Iklan di HP: Penyebab, Dampak, dan Solusi

Mendukung Ray Tracing dan Kualitas Grafis Lebih Baik

Sony nampaknya mendorong para pengembang untuk menggunakan fitur grafis seperti ray tracing lebih banyak dengan PS5 Pro, dengan game bisa menggunakan label “Trinity Enhanced” (PS5 Pro Enhanced) jika mereka “menyediakan peningkatan signifikan.”

Teknologi Upscaling Sony

Salah satu fitur yang menarik adalah dukungan untuk Sony’s new PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR), yang merupakan jawaban upscaling Sony untuk DLSS Nvidia atau FSR AMD untuk meningkatkan frame rate dan kualitas gambar di PlayStation.

Persiapan Peluncuran PS5 Pro

Jika pengembang dapat menyiapkan game mereka tepat waktu, saya sepenuhnya mengharapkan melihat peluncuran PS5 Pro pada musim liburan ini. Sony nampaknya mengikuti strategi yang sama seperti PS4, dengan model “Slim” PS5 dan kemudian edisi Pro.

Harapan untuk Tanggal Peluncuran

Insider Gaming pertama kali melaporkan spesifikasi lengkap PS5 Pro dan menunjukkan bahwa konsol ini akan dirilis selama periode liburan di akhir tahun 2024.

SpesifikasiDetail
Nama KodeTrinity
GPUSekitar 45% lebih cepat dari PS5 standar
CPUMode target frekuensi CPU 3,85GHz (sekitar 10% lebih tinggi)
Memori Sistem– Kecepatan: 576GB/s (28% lebih cepat dari PS5 standar)
– Akses tambahan: 1.2GB untuk pengembang
Dukungan PSSRYa (upscaling untuk meningkatkan frame rate dan kualitas)
Tanggal RilisAkhir Tahun 2024

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang ditingkatkan dan fokus pada peningkatan ray tracing, PS5 Pro menjanjikan pengalaman gaming yang lebih memukau. Dengan dukungan dari pengembang game dan peningkatan performa yang signifikan, pengguna dapat berharap untuk menikmati game dengan kualitas grafis yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi.

FAQ:

  1. Apakah PS5 Pro akan kompatibel dengan game PS5 standar?
    • Ya, Sony mengharapkan game yang ada dapat ditingkatkan untuk kinerja yang lebih baik pada PS5 Pro.
  2. Apakah PS5 Pro akan mendukung ray tracing?
    • Ya, PS5 Pro didesain untuk mendukung ray tracing dengan performa yang lebih baik.
  3. Apakah ada perbedaan signifikan antara PS5 Pro dan PS5 standar?
    • Ya, PS5 Pro memiliki GPU yang lebih kuat dan beberapa perubahan pada CPU dan memori sistem.
  4. Kapan diperkirakan PS5 Pro akan dirilis?
    • PS5 Pro diharapkan akan dirilis pada periode liburan tahun 2024.
  5. Apakah PS5 Pro akan mendukung upscaling untuk meningkatkan kualitas gambar?
    • Ya, PS5 Pro akan mendukung teknologi upscaling Sony yang dirancang untuk meningkatkan kualitas gambar dalam game.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda