Adobe Firefly hadir di Adobe Premiere Pro 2024

Adobe memperkenalkan Adobe Firefly, kecerdasan buatan (AI) generatif adobe yang merupakan alat pengubah teks ke gambar yang menggerakkan pengisian generatif untuk Photoshop dan terbaru menjadi alat teks ke vektor dalam Illustrator dalam Adobe Premiere Pro 2024. Namun, model Firefly 2024 akan menggerakkan tiga alat video AI di dalam perangkat lunak pengeditan video Premiere Pro: Generative Extend, Object Addition and Removal, dan Text to Video.

Premiere Pro sudah memungkinkan editor video untuk mengintegrasikan perangkat lunak cloud kreatif Adobe seperti After Effects (grafik gerak) dan Audition (pencampuran suara). Pengumuman hari ini menegaskan bahwa Adobe akan mengambil pendekatan yang sama dengan AI. Perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka sedang dalam “penjelajahan awal” untuk mengintegrasikan generasi video dari OpenAI (Sora), Runway, dan Pika Labs ke dalam Premiere.

Minggu lalu, Adobe memperlihatkan alat AI generasi baru ini untuk IndieWire dan membagikan contoh-contoh (lihat video di bagian atas halaman) tentang apa yang akan tersedia di dalam Premiere Pro sebelum akhir tahun ini.

Generative Extend: Membuat Transisi Lebih Mulus

Setiap editor pasti pernah berharap untuk beberapa frame tambahan agar dapat melakukan edit atau transisi dengan lebih mulus. Alat Gen Extend akan memungkinkan editor menggunakan AI untuk membuat frame baru hingga “beberapa detik” yang dijanjikan oleh Adobe akan “menambahkan frame secara mulus untuk membuat klip menjadi lebih panjang.”

Dalam video pratinjau, alat ini memperpanjang performa aktris secara realistis dengan beberapa detik untuk mengisi celah di timeline editor. Meskipun memperpanjang performa memunculkan masalah etika dan persatuan, pembuat film telah lama menggunakan trik efek visual untuk mencampurkan footage untuk mendapatkan beberapa frame ekstra. Alat ini dapat memungkinkan editor menciptakan solusi real-time di dalam Premiere.

Baca Juga  Cara Memasukkan Kode Voucher Spotify Premium

Object Addition & Removal: Mengedit Gambar dengan Mudah

Menambahkan dan menghapus objek dari frame seringkali melibatkan pekerjaan VFX yang memakan waktu, tetapi alat Firefly akan memungkinkan seorang editor untuk melakukannya secara real-time. Kunci keberhasilannya adalah apakah AI generatif dapat mempertahankan fotorealisma. Contoh yang ditawarkan dalam pratinjau Adobe (menambahkan tumpukan berlian ke dalam tas dan menghapus kotak listrik dari frame) terlihat fotorealistis, dengan menjaga konsistensi gambar dan pencahayaan. Baik dalam rilis pers maupun dalam sesi briefing dengan IndieWire, Adobe menegaskan bahwa piksel-piksel ini dihasilkan oleh model video Firefly yang akan datang tanpa manipulasi lebih lanjut.

Hasil awal terlihat menjanjikan, tetapi sampai editor menguji coba di berbagai footage, kita tidak akan tahu seberapa aplikatif alat-alat ini dalam waktu dekat.

Text to Video: Transformasi Teks menjadi Video

Firefly bukanlah hal baru dalam hal kemampuan menggunakan alat teks ke video untuk membuat adegan. Yang menarik adalah Adobe akan memberikan kepada pembuat film kemampuan untuk mengakses teks ke video dari dalam Premiere, dan akan menyertakan kompetitor Firefly seperti Sora, Runway, dan Pika Labs. Sudah jelas bahwa Adobe mengantisipasi editor menggunakan alat-alat ini dalam alur kerja harian mereka.

Hak Cipta & Kredensial Konten

Banyak model gambar dan video AI generatif dibangun di atas materi berhak cipta. Dalam sebuah wawancara yang memalukan, CTO OpenAI Sora bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan langsung tentang apa yang melatih model video generatifnya.

Namun, pembuat film telah memuji Adobe karena hanya menggunakan gambar berlisensi untuk melatih Firefly. Eksekutif Adobe mengkonfirmasi kepada IndieWire bahwa model video Firefly yang akan segera dirilis akan terus mematuhi aturan-aturan ini.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Izin Root Android

Maka dari itu, menarik untuk dicatat bahwa Adobe akan mengintegrasikan perusahaan AI pihak ketiga yang jauh lebih sedikit etis mengenai hak cipta. Namun, Adobe mengatakan bahwa mereka akan terus menggunakan kredensial konten.

Peningkatan Alur Kerja Audio

Pada bulan Mei, alur kerja audio Premiere akan mendapatkan serangkaian alat yang ditingkatkan, beberapa di antaranya didukung oleh AI dan telah tersedia dalam versi beta untuk beberapa waktu. Ini termasuk:

  • Pegangan fade interaktif: Editor dapat membuat transisi audio kustom dengan menarik pegangan klip untuk membuat fade audio.
  • Tanda Essential Sound dengan tagging kategori audio: AI secara otomatis menandai klip audio sebagai dialog, musik, efek suara, atau suasana.
  • Tanda efek: Indikator visual menunjukkan klip mana yang memiliki efek, dengan cepat menambahkan yang baru, dan secara otomatis membuka parameter efek dari urutan.
  • Gelombang suara yang didesain ulang di timeline: Gelombang suara secara cerdas menyesuaikan ukuran saat tinggi trek berubah pada klip, sementara warna baru membuat urutan menjadi lebih mudah dibaca.
  • Alat Enhance Speech yang didukung AI: Menghapus noise yang tidak diinginkan dan meningkatkan dialog yang direkam buruk; ini telah tersedia secara umum sejak Februari.

FAQ Terkait Adobe Premiere Pro 2024:

  1. Apa itu Firefly?
    • Firefly adalah kecerdasan buatan generatif dari Adobe yang menggerakkan berbagai alat untuk editing video di dalam Adobe Premiere Pro 2024.
  2. Apa yang dimaksud dengan Generative Extend?
    • Generative Extend adalah alat yang memungkinkan editor untuk menggunakan AI untuk membuat frame baru dalam video, secara otomatis memperpanjang klip untuk transisi yang lebih mulus.
  3. Bagaimana cara Object Addition & Removal bekerja di Premiere Pro?
    • Object Addition & Removal adalah alat yang memungkinkan editor untuk menambahkan atau menghapus objek dari frame secara real-time, dengan kemampuan mempertahankan fotorealisma.
  4. Mengapa kredensial konten penting dalam penggunaan alat AI?
    • Kredensial konten penting karena memastikan bahwa konten yang dihasilkan menggunakan alat AI mematuhi hak cipta dan etika, serta memberikan transparansi kepada pengguna tentang asal usul konten tersebut.
  5. Apa yang dimaksud dengan AI-powered Enhance Speech di Premiere Pro?
    • AI-powered Enhance Speech adalah alat yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghilangkan noise yang tidak diinginkan dan meningkatkan kualitas rekaman dialog yang buruk dalam editing audio di Adobe Premiere Pro.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda