SSD Palsu Samsung 980 Pro Beredar di Pasar Asia

Samsung 980 Pro SSD menjadi pilihan populer bagi gamer dan pembangun PC yang mencari kecepatan dan kinerja yang tinggi. Namun, baru-baru ini terungkap bahwa ada beberapa SSD palsu Samsung 980 Pro yang dipasang pada PC gaming di pasar Asia. SSD palsu ini meniru firmware dan nama perangkat penyimpanan SSD Samsung 980 Pro, tetapi sebenarnya menawarkan kinerja yang jauh lebih rendah dari yang diiklankan oleh Samsung.

Bukti SSD Palsu Samsung 980 Pro

Seorang pengguna di Baidu Forums membagikan gambar dan tangkapan layar dari apa yang dia kira adalah SSD Samsung 980 Pro dari Samsung. Ternyata, setelah diteliti lebih lanjut, SSD tersebut adalah SSD palsu. Firmware dan nama perangkat penyimpanan telah dimanipulasi agar ditampilkan sebagai SSD Samsung 980 Pro, tetapi sebenarnya menawarkan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih rendah. SSD palsu ini hanya mampu mencapai sekitar 4,8 GB/s baca dan 4,4 GB/s tulis, jauh di bawah kecepatan 7,0 GB/s dan 5,1 GB/s (Baca / Tulis) yang dihasilkan oleh 980 Pro yang asli.

Identifikasi SSD Palsu Samsung 980 Pro

Sulit untuk mengidentifikasi apakah SSD Samsung 980 Pro yang Anda beli adalah asli atau palsu jika Anda membelinya dalam PC pra-bangunan. Salah satu cara untuk memastikan apakah SSD yang Anda beli asli adalah dengan menjalankan tes benchmark dan membandingkan hasilnya dengan kecepatan yang diiklankan oleh Samsung untuk SSD Samsung 980 Pro-nya. Jika kecepatannya tidak sesuai, maka kemungkinan besar SSD tersebut adalah palsu. SSD palsu Samsung 980 Pro juga memiliki stiker yang diberi label dengan benar dari perangkat Samsung 980 Pro 2 TB, tetapi di bawah stiker semuanya salah. Kontroler pada SSD palsu ini memiliki merek Maxio yang diproduksi di China. Namun, Samsung memproduksi kontroler sepenuhnya di fasilitas fabrikasinya sendiri di Korea Selatan. Selain itu, drive Maxio “MAP1602-I” yang disebutkan di sini dilengkapi dengan desain DRAM-less tetapi mendukung standar PCIe Gen 4 NVMe 2.0.

Baca Juga  Cara Cek SSD Samsung Asli Disini

Cara Mencegah Membeli SSD Palsu Samsung 980 Pro

Untuk mencegah membeli barang palsu, pastikan untuk membeli dari penjual terpercaya dan mengecek keaslian SSD dengan seksama. Anda juga dapat melakukan riset terlebih dahulu tentang SSD tersebut sebelum membelinya. Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa SSD Samsung 980 Pro yang Anda beli adalah asli dan memenuhi kebutuhan kinerja Anda.

Kesimpulan

SSD palsu Samsung 980 Pro telah ditemukan di pasar Asia. Ini merupakan ancaman serius bagi para gamer dan pembangun PC yang mencari SSD dengan kinerja tinggi. Memastikan bahwa SSD yang Anda beli asli dan berasal dari toko yang terpercaya atau langsung dari Samsung. Jangan membeli dari toko yang tidak terpercaya karena Anda bisa mendapatkan SSD palsu yang jauh dari kinerja asli.

Selain itu, pastikan bahwa Anda memeriksa SSD secara seksama sebelum memasangnya di PC Anda. Cek stiker label, kontroler, firmware, dan kecepatan baca/tulis SSD untuk memastikan keaslian produk. Jika Anda memiliki keraguan tentang keaslian SSD yang Anda beli, segera laporkan hal tersebut ke pihak berwenang atau ke Samsung agar tindakan cepat dapat diambil.

Kesimpulannya, jangan terkecoh oleh harga murah dan tawaran yang menggiurkan. SSD palsu Samsung 980 Pro sedang berkeliaran di pasaran dan bisa membahayakan kinerja PC gaming Anda. Pastikan bahwa Anda membeli SSD dari sumber yang terpercaya dan memeriksa dengan seksama sebelum memasangnya di PC Anda.

Sumber berita : Harukaze5719

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda