Tidak Bisa Beli Spotify Premium? Ini Alasannya dan Solusinya

Jika Anda pengguna iPhone atau iPad dan ingin berlangganan Spotify Premium, Anda mungkin telah menemukan kendala yang membuat frustrasi. Spotify adalah salah satu layanan streaming musik paling populer di dunia, tetapi sayangnya, pengguna iOS tidak bisa membeli Spotify Premium langsung melalui aplikasinya. Artikel ini akan menjelaskan mengapa pengguna Tidak Bisa Beli Spotify Premium terjadi dan disini kami memberikan solusi praktis untuk Anda.

Mengapa Tidak Bisa Beli Spotify Premium Melalui Aplikasi iOS?

Spotify tidak dapat menawarkan langganan Premium melalui aplikasi iOS karena kebijakan yang diterapkan oleh Apple di App Store. Berikut adalah beberapa alasan utama di balik keputusan ini:

1. Pajak Diskriminatif Apple

Apple mengenakan biaya 30% untuk penggunaan sistem pembelian dalam aplikasi (In-App Purchase atau IAP). Namun, aturan ini tidak berlaku untuk semua aplikasi. Misalnya, Apple Music tidak perlu membayar biaya ini, begitu juga dengan aplikasi seperti Uber dan Deliveroo. Hal ini menciptakan ketidakadilan bagi layanan streaming musik lain seperti Spotify yang harus bersaing dengan Apple Music.

2. Pembatasan Berbagi Penawaran Spotify

Jika Spotify memilih untuk tidak menggunakan IAP, Apple melarang Spotify untuk berkomunikasi langsung dengan pengguna yang mengakses Spotify melalui platform Apple. Ini berarti Spotify tidak bisa membagikan penawaran dan promosi menarik seperti 99¢ untuk tiga bulan Spotify Premium melalui aplikasi atau bahkan melalui email setelah Anda mendaftar.

3. Proses Upgrade yang Rumit

Apple tidak mengizinkan Spotify menawarkan opsi upgrade dari layanan gratis ke Premium dalam aplikasi. Pengguna harus menggunakan browser atau desktop untuk melakukan upgrade ini. Banyak pengguna yang tidak memiliki akses ke desktop merasa kesulitan dengan proses ini.

4. Pembelian Audiobook yang Terbatas

Seperti halnya dengan langganan Premium, pembelian audiobook di aplikasi Spotify juga dibatasi. Pengguna harus melalui beberapa langkah tambahan menggunakan browser atau desktop, berbeda dengan Apple Books yang memungkinkan pembelian dengan satu klik.

5. Penolakan Peningkatan Aplikasi

Apple sering menolak perbaikan bug dan peningkatan aplikasi yang diajukan oleh Spotify jika dianggap tidak sesuai dengan aturan mereka. Hal ini menghambat pengalaman pengguna dan mengurangi kemampuan Spotify untuk memberikan layanan terbaik.

Solusi Untuk Mengatasi Tidak Bisa Beli Spotify Premium

Meski Apple membuatnya sulit, Anda masih bisa berlangganan Spotify Premium dengan cara berikut:

1. Menggunakan Browser atau Desktop

Langkah termudah adalah menggunakan browser atau desktop untuk berlangganan. Kunjungi situs web Spotify dan lakukan upgrade ke Premium dari sana. Setelah berhasil, Anda bisa menikmati Spotify Premium di perangkat iOS Anda.

Baca Juga  Cara Beli Spotify Premium di iOS

2. Menggunakan Metode Pembayaran Alternatif

Jika Anda memiliki akses ke perangkat non-iOS seperti laptop atau komputer, lakukan pembayaran melalui perangkat tersebut dan nikmati langganan Premium di iPhone atau iPad Anda. Pastikan Anda mengingat detail akun Anda untuk login ke perangkat iOS.

3. Mengikuti Panduan Langkah-demi-Langkah

Ikuti panduan langkah-demi-langkah yang tersedia di situs web resmi Spotify atau forum pengguna untuk memastikan Anda melakukan proses dengan benar. Ini termasuk petunjuk untuk menggunakan browser pada perangkat iOS.

FAQ tentang Tidak Bisa Beli Spotify Premium

1. Mengapa Saya Tidak Bisa Beli Spotify Premium Melalui Aplikasi iOS?

Kebijakan Apple di App Store melarang Spotify menawarkan langganan Premium melalui aplikasi untuk menghindari biaya 30% yang dikenakan oleh Apple.

2. Bagaimana Cara Berlangganan Spotify Premium di iOS?

Anda dapat menggunakan browser atau desktop untuk berlangganan Spotify Premium. Setelah itu, login ke akun Anda di aplikasi Spotify di perangkat iOS.

3. Apakah Ada Cara Lain untuk Mendapatkan Spotify Premium di iPhone?

Ya, Anda bisa menggunakan perangkat non-iOS untuk melakukan pembayaran dan kemudian login ke akun Anda di iPhone atau iPad.

4. Mengapa Apple Menerapkan Kebijakan Ini?

Apple menerapkan kebijakan ini untuk mendapatkan keuntungan dari layanan yang menggunakan platform mereka, namun tidak menerapkan aturan yang sama untuk aplikasi milik mereka sendiri seperti Apple Music.

5. Apa Dampak dari Kebijakan Ini bagi Pengguna?

Pengguna harus melalui proses yang lebih rumit untuk berlangganan Spotify Premium dan tidak dapat menikmati penawaran eksklusif langsung dari aplikasi.

6. Apakah Ada Solusi untuk Mengatasi Pembatasan Ini?

Menggunakan browser atau desktop untuk berlangganan, mengikuti panduan dari situs web Spotify, dan menggunakan perangkat non-iOS untuk pembayaran adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba.

Dengan memahami alasan di balik kendala ini dan mengetahui solusi yang tersedia, Anda bisa tetap menikmati layanan Spotify Premium di perangkat iOS Anda. Jangan biarkan kebijakan Apple menghentikan Anda dari mendengarkan musik favorit Anda dengan kualitas terbaik!

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda