Twitter Ambil Tindakan Hukum terhadap Threads ?

Twitter sedang mempertimbangkan mengambil tindakan hukum terhadap Meta terkait aplikasi pesaing yang cepat berkembang, Threads.

Threads, yang diluncurkan kepada jutaan pengguna pada hari Rabu, memiliki kesamaan dengan Twitter dan dijelaskan oleh bos Meta sebagai alternatif “ramah”.

Elon Musk melalui cuitan Twitternya menyatakan “kompetisi itu sah, tetapi kecurangan tidak” – namun Meta membantah klaim dalam surat hukum yang di publikasikan bahwa mantan staf Twitter membantu menciptakan Threads.

Lebih dari 30 juta orang telah mendaftar Threads, menurut Meta.

Mengapa Twitter Ambil Tindakan Hukum terhadap Threads ?

Tampilan dan pengalaman menggunakan Threads sangat mirip dengan Twitter, seperti yang diketahui oleh James Clayton, seorang reporter teknologi BBC News. Ia menyatakan bahwa umpan berita dan fitur repost sangat mirip.

Dalam laporan yang pertama kali dilaporkan oleh media berita Semafor, pengacara Twitter Alex Spiro mengirim surat kepada CEO Meta Mark Zuckerberg pada hari Rabu, menuduh Meta melakukan “pemalsuan secara sistematis, sengaja, dan melanggar hukum terhadap rahasia dagang Twitter dan kekayaan intelektual lainnya” untuk menciptakan Threads.

Secara khusus, Mr. Spiro mengklaim bahwa Meta telah mempekerjakan puluhan mantan karyawan Twitter yang “memiliki dan terus memiliki akses ke rahasia dagang Twitter dan informasi yang sangat rahasia” yang pada akhirnya membantu Meta mengembangkan aplikasi Threads yang ia sebut sebagai aplikasi “pembajakan”.

“Twitter bertekad untuk melindungi hak kekayaan intelektualnya dan menuntut Meta untuk segera menghentikan penggunaan segala rahasia dagang Twitter atau informasi yang sangat rahasia,” demikian bunyi surat tersebut.

“Twitter mempertahankan semua hak, termasuk namun tidak terbatas pada hak untuk mencari ganti rugi secara perdata dan penyelesaian injunctive tanpa pemberitahuan lebih lanjut.”

Baca Juga  Cara Melacak Akun TikTok dengan Mudah dan Efektif

BBC News, yang telah melihat salinan surat tersebut, telah menghubungi Meta dan Twitter untuk memberikan tanggapan.

Elon Musk menyatakan bahwa “kompetisi itu sah, tetapi kecurangan tidak” sebagai respons terhadap unggahan di Twitter yang merujuk pada surat hukum tersebut.

Tanggapan Meta Terhadap Tindakan Hukum Twitter

Dalam Threads, juru bicara Meta, Andy Stone, mengungkapkan bahwa “tidak ada anggota tim teknik Threads yang merupakan mantan karyawan Twitter – itu tidak mungkin terjadi.” Baik Mr. Musk maupun Mr. Zuckerberg telah mengakui persaingan terkait Threads, yang merupakan aplikasi yang terhubung dengan Instagram tetapi berfungsi sebagai aplikasi mandiri.

Ketika diluncurkan di 100 negara, Mr. Zuckerberg memecahkan lebih dari 11 tahun keheningan di Twitter dengan mengunggah meme yang sangat populer, menampilkan dua figur Spider-Man yang hampir identik saling menunjuk, menandakan situasi buntu.

Ironisnya, tidak lama kemudian kata kunci “Threads” menjadi tren global di twitter. Elon Musk mengatakan: “Jauh lebih baik diserang oleh orang asing di Twitter daripada terlibat dalam kebahagiaan palsu di Instagram yang menyembunyikan rasa sakit.”

Pertanyaan Yang di Ajukan Terkait Twitter Ambil Tindakan Hukum terhadap Threads

  1. Apa itu aplikasi Threads?

    Threads adalah aplikasi yang merupakan pesaing cepat berkembang dari Twitter. Aplikasi ini mirip dengan Twitter dan diklaim sebagai alternatif “ramah” oleh Meta.
  2. Berapa jumlah pengguna yang mendaftar untuk aplikasi Threads?

    Lebih dari 30 juta orang telah mendaftar untuk aplikasi Threads, menurut Meta.
  3. Apa tuduhan Twitter terhadap Meta dalam surat hukum?

    Twitter menuduh Meta melakukan pemalsuan, pelanggaran hukum, dan pengambilan rahasia dagang Twitter serta kekayaan intelektual lainnya untuk menciptakan Threads. Mereka juga mengklaim Meta telah mempekerjakan mantan karyawan Twitter yang memiliki akses ke informasi rahasia tersebut.
  4. Bagaimana tanggapan Meta terhadap tuduhan tersebut?

    Meta membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa tidak ada anggota tim teknik Threads yang merupakan mantan karyawan Twitter.
  5. Apa reaksi Elon Musk terhadap surat hukum tersebut?

    Elon Musk menyatakan bahwa “kompetisi itu sah, tetapi kecurangan tidak” sebagai respons terhadap unggahan yang merujuk pada surat hukum tersebut di Twitter.
  6. Bagaimana Mark Zuckerberg menanggapi persaingan terkait Threads?

    Mark Zuckerberg memecahkan lebih dari 11 tahun keheningan di Twitter dengan mengunggah meme yang sangat populer, menampilkan dua figur Spider-Man yang hampir identik saling menunjuk, menandakan situasi yang buntu.
  7. Apa hubungan Threads dengan Instagram?

    Threads terhubung dengan Instagram, tetapi berfungsi sebagai aplikasi mandiri.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda