Panggilan Telepon dengan Suara Buatan AI Dinyatakan Ilegal di AS

Di Amerika Serikat, panggilan telepon yang menggunakan suara buatan kecerdasan buatan (AI) kini dianggap ilegal, menyusul keputusan bulat lembaga Komunikasi pemerintah Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Kenaikan Panggilan Robocall Berbasis AI

Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) menyatakan pada hari Kamis bahwa jenis panggilan semacam ini meningkat selama beberapa tahun terakhir dan dapat membingungkan konsumen dengan disinformasi dengan meniru berbagai suara. Keputusan ini datang ketika otoritas di negara bagian New Hampshire, AS, mempercepat penyelidikan mereka terhadap panggilan robocall yang dihasilkan oleh AI yang meniru suara Presiden AS Joe Biden untuk menghentikan orang-orang dari memberikan suara dalam pemilihan primari negara bagian tersebut bulan lalu.

Regulasi Baru

Secara efektif, peraturan baru memberdayakan FCC untuk menghukum perusahaan yang menggunakan suara AI dalam panggilan mereka atau memblokir penyedia layanan yang membawanya. Ini juga membuka pintu bagi penerima panggilan untuk mengajukan gugatan dan memberi jaksa agung negara mekanisme baru untuk menindak pelanggar, menurut FCC.

“Para pelaku jahat menggunakan suara yang dihasilkan oleh AI dalam panggilan robocall yang tidak diinginkan untuk mengeksploitasi anggota keluarga yang rentan, meniru selebriti, dan menyesatkan pemilih. Kami memberi peringatan kepada penipu di balik panggilan robocall ini,” kata ketua agensi, Jessica Rosenworcel, dalam sebuah pernyataan. Otoritas negara bagian AS “sekarang akan memiliki alat baru untuk memberantas penipuan ini dan memastikan masyarakat dilindungi dari penipuan dan disinformasi,” tambahnya.

Pendapat Ahli

Josh Lawson, direktur AI dan demokrasi di Institut Aspen, mengatakan bahwa bahkan dengan keputusan FCC ini, pemilih harus mempersiapkan diri untuk spam yang dipersonalisasi untuk menargetkan mereka melalui telepon, pesan teks, dan media sosial.

“Pelaku jahat sejati cenderung mengabaikan risiko dan mereka tahu apa yang mereka lakukan adalah melanggar hukum,” katanya. “Kita harus memahami bahwa para pelaku jahat akan terus mengganggu dan mendorong batas-batas.”

Baca Juga  Cara Mencadangkan Pesan WA Ke Google Drive

Tantangan Masa Depan

Bahkan dengan adanya denda, hal itu tidak akan menghentikan mereka dari melakukan panggilan robocall, ini telah menjadi masalah yang berkelanjutan bahkan dengan adanya undang-undang perlindungan konsumen saat ini, yang sekarang telah diperluas untuk mencakup suara AI, masalahnya jarang bisa FTC melacak siapa yang melakukan panggilan robocall, tapi setidaknya sekarang AI dicakup sama seperti panggilan yang direkam sebelumnya, tapi dengan pemilihan AS sekarang berlangsung, masalah ini akan meningkat sepuluh kali lipat.

FAQ Tentang Panggilan Telepon dengan Suara Buatan AI 

1. Apa itu panggilan robocall? Panggilan robocall adalah panggilan telepon otomatis yang menggunakan sistem komputer untuk memberikan pesan.

2. Apakah panggilan robocall yang menggunakan suara buatan AI ilegal? Ya, menurut keputusan FCC, panggilan robocall yang menggunakan suara buatan AI sekarang dianggap ilegal di Amerika Serikat.

3. Apa yang bisa dilakukan jika menerima panggilan robocall? Anda dapat melaporkannya ke FCC atau FTC, tergantung pada jenis panggilan yang Anda terima. Selain itu, Anda juga dapat memblokir nomor tersebut pada perangkat Anda.

4. Bagaimana cara melindungi diri dari panggilan robocall? Anda dapat menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga yang dirancang untuk memblokir panggilan robocall. Selain itu, jangan pernah memberikan informasi pribadi atau keuangan melalui panggilan telepon yang tidak diinginkan.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda