Cara Membuat Deskripsi Shutterstock yang Menarik

Apakah Anda seorang fotografer atau seniman grafis yang ingin menjual karya Anda di Shutterstock? Salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan Anda adalah dengan memiliki deskripsi yang menarik dan relevan untuk setiap karya yang Anda unggah. Deskripsi yang baik tidak hanya membantu potensial pembeli menemukan karya Anda, tetapi juga mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat deskripsi Shutterstock yang efektif.

Apa itu Deskripsi Shutterstock?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita pahami apa itu deskripsi Shutterstock. Deskripsi adalah teks singkat yang Anda tambahkan ke setiap karya Anda di platform Shutterstock. Ini memberikan informasi tambahan tentang karya Anda, seperti subjek, gaya, atau konsep yang terkait dengan gambar atau video tersebut. Deskripsi juga berperan dalam optimasi SEO (Search Engine Optimization) di dalam platform Shutterstock, yang dapat membantu karya Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Cara Membuat Deskripsi Shutterstock

Langkah 1: Kenali Karya Anda dengan Baik

Sebelum Anda mulai menulis deskripsi, pastikan Anda benar-benar mengenal karya Anda. Pertimbangkan elemen-elemen berikut:

  • Subjek Utama: Apa yang menjadi fokus utama dalam karya Anda? Misalnya, apakah itu potret manusia, pemandangan alam, atau ilustrasi vektor?
  • Gaya Artistik: Bagaimana Anda mendeskripsikan gaya artistik karya Anda? Apakah itu realistik, abstrak, atau minimalis?
  • Konsep atau Pesan: Apakah ada pesan atau konsep khusus yang ingin Anda sampaikan melalui karya ini?
  • Warna dan Komposisi: Apakah ada warna-warna dominan atau komposisi yang unik dalam karya Anda?
Baca Juga  Hapus Data Pribadi dari Darknet $9 per Bulan dengan Mozilla

Memahami dengan baik elemen-elemen ini akan membantu Anda menulis deskripsi yang lebih relevan dan menarik.

Langkah 2: Buat Deskripsi yang Singkat dan Jelas

Deskripsi Anda harus singkat dan jelas. Shutterstock membatasi deskripsi hingga 200 karakter, jadi Anda harus mengungkapkan informasi dengan tepat dalam batasan ini. Cobalah untuk merangkum subjek utama, gaya artistik, dan elemen kunci lainnya dalam deskripsi yang singkat.

Langkah 3: Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci atau keywords adalah kunci untuk optimasi SEO di Shutterstock. Pilih kata kunci yang sangat relevan dengan karya Anda. Jika Anda menjual gambar bunga, kata kunci seperti “bunga indah,” “taman bunga,” atau “flora alam” mungkin cocok. Pastikan untuk menyertakan kata kunci utama dalam deskripsi Anda.

Langkah 4: Gunakan Bahasa yang Menarik dan Deskriptif

Gunakan bahasa yang menarik dan deskriptif untuk menjelaskan karya Anda. Hindari deskripsi yang terlalu umum atau biasa saja. Cobalah untuk menciptakan gambaran mental yang kuat bagi calon pembeli. Sebagai contoh, jika Anda menjual foto matahari terbenam di pantai, Anda bisa menulis deskripsi seperti ini: “Matahari Emas Terbenam di Pantai Pasir Putih.”

Langkah 5: Hindari Kesalahan Gramatikal dan Ejaan

Pastikan untuk memeriksa kesalahan tata bahasa dan ejaan sebelum Anda mengunggah deskripsi Anda. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat mengurangi profesionalitas karya Anda.

FAQ Terkait Cara Membuat Deskripsi Shutterstock

1. Berapa kata kunci yang sebaiknya saya gunakan dalam deskripsi Shutterstock?

Idealnya, gunakan sekitar 5-7 kata kunci yang paling relevan dengan karya Anda. Jangan terlalu banyak kata kunci agar deskripsi tetap terlihat alami.

2. Apakah saya perlu mengulang kata kunci dalam deskripsi?

Tidak perlu. Cukup sebutkan kata kunci secara alami dalam deskripsi tanpa berlebihan.

Baca Juga  Cara Buat Link Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

3. Bagaimana saya bisa memaksimalkan visibilitas karya saya di Shutterstock?

Selain membuat deskripsi yang baik, pastikan juga Anda mengunggah karya berkualitas tinggi, dan tetap aktif dengan mengunggah karya baru secara teratur.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat deskripsi Shutterstock yang efektif untuk karya-karya Anda. Ingatlah bahwa deskripsi yang baik dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas dan penjualan karya Anda di platform ini. Selamat mengunggah karya Anda dan semoga sukses!

Catatan: Pastikan untuk memeriksa panduan dan kebijakan terbaru dari Shutterstock terkait dengan deskripsi dan metadata karya Anda, karena persyaratan ini dapat berubah dari waktu ke waktu.

Beberapa Contoh Deskripsi foto untuk Shutterstock Berbahasa Inggris

  1. Landscape with Majestic Mountains: A breathtaking landscape featuring towering snow-capped mountains against a clear blue sky. Perfect for outdoor and adventure-themed designs.
  2. Vibrant Cityscape at Night: An energetic cityscape illuminated by neon lights, capturing the vibrant nightlife of a bustling metropolis.
  3. Close-Up of Colorful Exotic Flowers: A macro shot of exotic flowers showcasing their vibrant colors and intricate details. Ideal for botanical and nature-inspired projects.
  4. Happy Family Picnic: A heartwarming image of a joyful family enjoying a picnic in the park, complete with a checkered blanket and a basket of delicious food.
  5. Business Meeting in Modern Office: A professional setting with businesspeople engaged in a productive meeting in a sleek, modern office space.
  6. Adorable Puppy Playing in Garden: A cute puppy frolicking in a lush garden, capturing the essence of playfulness and outdoor fun.
  7. Abstract Geometric Background: An abstract background featuring a mesmerizing arrangement of geometric shapes and vibrant colors, perfect for contemporary designs.
  8. Zen Meditation and Yoga: A serene image of a person meditating by a tranquil lake surrounded by nature, evoking a sense of calm and mindfulness.
  9. Delicious Gourmet Food Platter: A mouthwatering assortment of gourmet dishes beautifully presented on a wooden platter, ideal for food and restaurant-related projects.
  10. Astronaut Floating in Space: An awe-inspiring depiction of an astronaut floating in the infinite expanse of outer space, symbolizing exploration and discovery.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda