Cara Upload YouTube Shorts: Panduan Lengkap

YouTube Shorts telah menjadi salah satu fitur terpanas di platform berbagi video terbesar di dunia. Dengan format video pendek yang menarik, ini adalah cara yang bagus untuk berbagi konten kreatif Anda dengan audiens yang lebih luas. Namun, bagaimana sebenarnya cara mengunggah video Shorts ke YouTube? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Menyiapkan Video Shorts Anda

Sebelum Anda mulai mengunggah video Shorts, pastikan Anda telah mempersiapkan konten yang ingin Anda bagikan. Pastikan video Anda memenuhi batasan durasi maksimum, biasanya sekitar 60 detik. Selain itu, pastikan video Anda sesuai dengan pedoman komunitas YouTube untuk mencegah pelanggaran yang tidak diinginkan.

Menggunakan Aplikasi YouTube

  1. Buka Aplikasi YouTube: Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi YouTube di perangkat seluler Anda. Pastikan aplikasi tersebut diperbarui ke versi terbaru.
  2. Masuk ke Akun Anda: Buka aplikasi YouTube, dan pastikan Anda masuk ke akun Google Anda. Ini akan memungkinkan Anda mengunggah video ke saluran Anda.

Mengunggah Video Shorts

  1. Ketuk Tombol +: Di aplikasi YouTube, Anda akan melihat tombol tambah (+) di bagian bawah layar. Ketuk tombol ini untuk mulai mengunggah video Anda.
  2. Pilih Opsi Shorts: Setelah Anda mengetuk tombol tambah, Anda akan melihat beberapa opsi. Pilih “Video Pendek” atau “Shorts.”
  3. Rekam atau Pilih Video: Anda dapat merekam video langsung dari aplikasi dengan mengetuk tombol rekam, atau Anda dapat memilih video yang sudah ada di galeri perangkat Anda.
  4. Edit Video: Setelah Anda memilih video atau merekamnya, Anda akan dapat mengeditnya. Anda dapat menambahkan musik, teks, filter, dan efek lainnya untuk membuat video Anda lebih menarik.
  5. Tambahkan Deskripsi dan Hashtags: Berikan deskripsi singkat untuk video Anda dan tambahkan beberapa hashtag yang relevan untuk membantu orang menemukan video Anda lebih mudah.
  6. Atur Privasi: Pilih siapa yang dapat melihat video Anda. Anda dapat menjadikannya publik, pribadi, atau tidak terdaftar.
  7. Unggah: Setelah Anda puas dengan video Anda dan pengaturan lainnya, ketuk tombol unggah.
Baca Juga  YouTube Mulai Larang Ad Blocker

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apakah semua video pendek di YouTube adalah Shorts?

Tidak, video pendek di YouTube dapat berupa berbagai jenis konten pendek. Namun, untuk dianggap sebagai YouTube Shorts, video Anda harus dibuat dalam format yang sesuai dengan fitur Shorts.

2. Apakah saya perlu menggunakan musik di video Shorts saya?

Tidak, Anda tidak wajib menggunakan musik, tetapi banyak Shorts yang lebih menarik dengan tambahan musik latar. Anda dapat menambahkan musik saat mengedit video.

3. Berapa lama durasi maksimum video Shorts?

Durasi maksimum video Shorts adalah sekitar 60 detik.

4. Bagaimana cara membuat video Shorts yang menarik?

Untuk membuat video Shorts yang menarik, fokus pada pesan atau cerita yang jelas dalam waktu singkat. Gunakan efek visual, musik, dan teks untuk memperkuat pesan Anda.

Sekarang, Anda memiliki panduan lengkap tentang cara mengunggah YouTube Shorts. Selamat mengunggah konten Anda dan berbagi kreativitas dengan dunia!

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda