Cari Lagu di YouTube Music Hanya dengan Bersenandung

Fitur ini membuat anda dapat mencari lagu dengan bersenandung "𝅘𝅥𝅮Hmm hmm𝅘𝅥𝅮" saja

Menemukan lagu yang terngiang di kepala namun tak tahu judulnya kini semakin mudah. YouTube Music memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna Cari Lagu di YouTube Music Hanya dengan Bersenandung atau bersiul ke ponsel Android mereka. Fitur ini tidak hanya menggabungkan kemampuan Shazam, tetapi juga berfungsi seperti teman yang tahu semua lagu saat Anda berkata, “lagu yang begini bagaimana ya…”. Artikel ini akan membahas fitur baru YouTube Music ini secara komprehensif dan detail.

Apa Itu Fitur Pencarian Melalui Humming di YouTube Music?

Fitur terbaru dari aplikasi YouTube Music di Android memungkinkan pengguna untuk mencari lagu dengan menghumming, bersiul, menyanyi, atau memainkan rekaman lagu. Fitur ini sangat membantu ketika Anda hanya ingat sebagian melodi tetapi tidak tahu judul atau lirik lagunya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika Anda memiliki fitur baru ini, Anda akan melihat ikon bentuk gelombang baru di sebelah ikon mikrofon yang muncul ketika Anda mengetuk tombol pencarian di sudut kanan atas aplikasi. Cukup ketuk ikon ini, dan aplikasi akan mulai mendengarkan.

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Humming di YouTube Music

  1. Buka Aplikasi YouTube Music: Pastikan aplikasi YouTube Music Anda sudah diperbarui ke versi terbaru.
  2. Ketuk Tombol Pencarian: Di sudut kanan atas aplikasi, ketuk ikon pencarian.
  3. Pilih Ikon Gelombang Suara: Di samping ikon mikrofon, Anda akan melihat ikon gelombang suara. Ketuk ikon ini.
  4. Mulai Humming, Bersiul, atau Bernyanyi: Aplikasi akan mulai mendengarkan. Hum, bersiul, atau nyanyikan bagian lagu yang Anda ingat.
  5. Lihat Hasil Pencarian: Aplikasi akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan melodi yang Anda nyanyikan.
Baca Juga  iOS 18 Hadirkan Fitur AI

Pengalaman Pengguna dengan Fitur Humming

Dalam pengujian, fitur ini mampu mengidentifikasi rekaman asli dengan kecepatan yang mengesankan, menjadikannya pengganti yang hebat untuk Shazam. Saat diuji dengan humming, aplikasi ini dapat mengenali sebagian besar lagu yang dinyanyikan, disiulkan, atau dihumkan ke ponsel, meskipun ada beberapa kesalahan lucu.

Beberapa Kesalahan yang Terjadi

  • Saat mencoba mengidentifikasi lagu “Bat Out of Hell” oleh Meat Loaf dengan bersiul, aplikasi mengenali lagu dari band metal Finlandia, Reckless Love. Meskipun salah, band ini setidaknya masih dalam genre yang mirip.

Kesalahan seperti ini bisa dimaklumi karena bahkan manusia pun bisa kesulitan mengenali lagu hanya dari beberapa detik humming. Secara keseluruhan, fitur ini bekerja dengan cepat, mungkin lebih cepat daripada fitur serupa yang sudah ada di Google Assistant selama bertahun-tahun.

Ketersediaan Fitur di iOS

Fitur humming untuk pencarian lagu ini dilaporkan juga telah muncul di YouTube Music untuk iOS dalam beberapa bulan terakhir, meskipun tampaknya belum diluncurkan secara luas di platform tersebut.

Kelebihan Fitur Pencarian Melalui Humming di YouTube Music

  • Kecepatan dan Akurasi: Fitur ini bekerja dengan cepat dan mampu mengenali banyak lagu dengan akurat.
  • Kemudahan Penggunaan: Pengguna hanya perlu humming, bersiul, atau bernyanyi, tanpa perlu mengetahui lirik atau judul lagu.
  • Pengganti Shazam: Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan seperti Shazam untuk mengenali lagu.

Potensi Peningkatan dan Harapan Masa Depan

Meskipun fitur ini sudah cukup mengesankan, masih ada ruang untuk peningkatan, terutama dalam hal mengurangi kesalahan identifikasi. Pengguna berharap fitur ini akan terus disempurnakan dan segera diluncurkan secara luas di platform iOS.

FAQ tentang Cari Lagu di YouTube Music

Q: Bagaimana cara mengaktifkan fitur humming di YouTube Music? A: Pastikan aplikasi YouTube Music Anda diperbarui ke versi terbaru. Fitur ini secara otomatis tersedia di aplikasi yang sudah diperbarui.

Baca Juga  Cara Copy Paste di Laptop: Simpel untuk Efisiensi Kerja

Q: Apakah fitur ini tersedia di iOS? A: Fitur humming ini dilaporkan telah terlihat di YouTube Music untuk iOS, tetapi belum diluncurkan secara luas.

Q: Apakah fitur ini gratis? A: Ya, fitur pencarian melalui humming ini tersedia secara gratis di aplikasi YouTube Music.

Q: Apakah YouTube Music bisa mengenali semua lagu dengan humming? A: Fitur ini dapat mengenali sebagian besar lagu, tetapi ada kemungkinan terjadi kesalahan identifikasi terutama untuk lagu yang kurang populer atau hanya sebagian kecil dari melodi yang dikenali.

Q: Apakah saya masih perlu aplikasi Shazam jika menggunakan YouTube Music? A: Dengan fitur baru ini, YouTube Music dapat menjadi pengganti yang baik untuk Shazam, terutama jika Anda sering menggunakan aplikasi YouTube Music untuk mendengarkan musik.

Kesimpulan 

Fitur pencarian melalui humming di YouTube Music menawarkan cara baru yang inovatif dan praktis untuk menemukan lagu hanya dengan humming, bersiul, atau bernyanyi. Fitur ini memperkuat posisi YouTube Music sebagai aplikasi musik yang lengkap dan serba bisa, menjadikannya pengganti yang layak untuk Shazam. Dengan pengenalan fitur ini, pengguna kini memiliki alat yang lebih mudah dan cepat untuk menemukan lagu-lagu favorit mereka.

Fitur ini masih terus dikembangkan, dan diharapkan akan segera tersedia secara luas di platform lain seperti iOS. Dengan begitu, semua pengguna YouTube Music dapat menikmati kemudahan dan kecepatan pencarian lagu melalui humming.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda