Find My Device Google Kini Bisa Lacak Ponsel Tanpa Internet

Pada pembaruan terbaru untuk Find My Device dari Google, kini kita bisa melacak smartphone Android yang hilang bahkan saat dalam kondisi offline. Ini merupakan bagian dari pembaruan sistem Find My Device untuk Android yang pertama kali diumumkan pada acara I/O 2023 dan akhirnya diluncurkan untuk semua perangkat hari ini, dimulai dengan yang berada di Amerika Serikat dan Kanada.

Jaringan “Crowdsourced” untuk Pencarian

Perubahan utama terletak pada penciptaan Google atas “jaringan crowdsourced” dari lebih dari satu miliar perangkat yang menjalankan Android 9.0 atau yang lebih tinggi, yang secara praktis dapat memancarkan sinyal ke ponsel atau tablet Anda saat berada dalam jangkauan. Sebelumnya, Find My Device hanya berfungsi untuk perangkat Android yang terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau jaringan seluler. Namun, kini teknologi tersebut juga dapat memanfaatkan sinyal Bluetooth dari elektronik tetangga untuk menentukan lokasi perangkat secara real-time.

Penggunaan Optimal di Tempat Umum

“Penasihat kami menemukan bahwa jaringan Find My Device paling berharga di pengaturan publik seperti kafe dan bandara, di mana kemungkinan ada banyak perangkat di sekitar,” kata perusahaan tersebut.

Baca Juga  X Akan Meluncurkan Pusat Moderasi Konten Baru di Texas

Fitur Khusus untuk Ponsel Pixel

Salah satu peningkatan untuk Find My Device eksklusif untuk ponsel Pixel buatan Google. “Pixel 8 dan 8 Pro sekarang dapat ditemukan bahkan jika baterainya mati, karena ada daya cadangan pada perangkat selama beberapa jam yang dialirkan ke chip Bluetooth,” menurut Google.

Mudah Digunakan Melalui Aplikasi dan Web

Find My Device tersedia melalui aplikasi dan web, memungkinkan pemilik untuk dengan mudah melacak ponsel Android yang hilang atau bahkan mengamankan dan menghapusnya dari jarak jauh. Ini diaktifkan secara default untuk perangkat Android yang masuk ke dalam Akun Google. Untuk meningkatkan sistem, Google akan membiarkan pengguna memantau pelacak Bluetooth mereka melalui aplikasi Find My Device. Mulai bulan Mei, aplikasi akan mendukung pelacak pihak ketiga dari Chipolo dan Pebblebee sebelum mendukung pelacak Bluetooth lainnya dari merek seperti eufy, Jio, Motorola, dan lainnya.

Dukungan untuk Pelacak Bluetooth Pihak Ketiga

Peningkatan lainnya melibatkan membantu orang menemukan barang yang hilang ketika berada dalam jarak fisik yang dekat. Jika ini terjadi, aplikasi Find My Device akan menampilkan peringatan yang akan menunjukkan seberapa dekat barang tersebut dengan lokasi seseorang.

Keamanan dan Privasi

Pelacakan ini mungkin membuat para pengguna yang peduli dengan privasi merasa tidak nyaman, tetapi Google mengatakan bahwa mereka merancang Find My Device untuk mencegah surveilans yang tidak diinginkan. Ini termasuk penggunaan enkripsi end-to-end untuk mengamankan data lokasi berbasis Bluetooth.

Kesimpulan

Pembaruan untuk Find My Device dari Google merupakan langkah maju yang signifikan dalam menemukan perangkat Android yang hilang, bahkan saat dalam kondisi offline. Dengan jaringan crowdsourced dan teknologi Bluetooth, pengguna sekarang memiliki lebih banyak cara untuk melacak perangkat mereka dan menjamin keamanan data pribadi mereka.

Baca Juga  iOS 18: Pembaruan iPhone Terbesar Sejak iOS 14

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

1. Apakah Find My Device hanya berfungsi untuk perangkat Android terbaru?

Tidak, Find My Device dapat digunakan untuk perangkat Android dengan versi 9.0 atau yang lebih tinggi.

2. Apakah pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Find My Device?

Ya, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Find My Device sesuai keinginan mereka.

3. Apakah Find My Device dapat melacak ponsel dalam kondisi mati?

Ya, dengan Pixel 8 dan 8 Pro, Find My Device bahkan dapat melacak ponsel saat baterai sudah mati.

4. Apakah data lokasi yang diberikan oleh Find My Device aman?

Ya, data lokasi yang diberikan oleh Find My Device dienkripsi end-to-end untuk menjaga privasi pengguna.

5. Apakah Find My Device tersedia di semua negara?

Saat ini, Find My Device telah diluncurkan di Amerika Serikat dan Kanada, tetapi akan tersedia di lebih banyak negara di masa mendatang.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda