Google Pixel 8a Rilis : Ada Fitur AI Flagship

Google kembali meluncurkan ponsel seri A-nya dengan Pixel 8a, menawarkan fitur-fitur canggih dan performa yang luar biasa dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan harga sekitar $499 atau sekitar Rp7.979.725, Google Pixel 8a rilis baru-baru ini di pasar global tidak hanya menjadi ponsel midrange terbaik di pasaran tetapi juga memberikan nilai yang sangat kompetitif di antara smartphone lainnya.

Desain dan Layar

Google Pixel 8a hadir dengan desain yang hampir identik dengan Pixel 8 standar. Namun, ada beberapa perbedaan halus yang terlihat saat keduanya dibandingkan secara berdampingan. Perbedaan paling mencolok adalah bezel yang sedikit lebih besar pada Pixel 8a, yang juga berdampak pada ukuran layar yang sedikit lebih kecil, yaitu 6,1 inci dibandingkan dengan 6,2 inci pada Pixel 8. Meskipun demikian, Anda tetap mendapatkan panel OLED yang cerah dengan refresh rate 120Hz yang lebih cepat dibandingkan dengan 90Hz pada Pixel 7a tahun lalu.

Dengan penambahan chip Tensor G3 dari Google, Pixel 8a tidak hanya menawarkan layar OLED 120Hz yang indah tetapi juga fitur AI yang sangat berguna, kamera yang luar biasa, dan daya tahan baterai yang jauh di atas rata-rata, semuanya hanya dengan harga $499 atau sekitar Rp7.979.725.

Kinerja

Salah satu kritik utama terhadap chip Tensor dari Google adalah bahwa mereka tidak menawarkan tingkat kinerja mentah yang sama seperti chip dari Apple atau Qualcomm. Namun, dengan harga $499, hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Dalam penggunaan sehari-hari, Pixel 8a terasa cepat dan responsif, bahkan saat bermain game seperti Marvel Snap dan TMNT: Shredder’s Revenge. Satu-satunya waktu saya merasakan lag yang signifikan adalah saat bermain game yang lebih menuntut seperti Call of Duty: Mobile.

Baca Juga  Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G: Review Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga di Indonesia

Bagian lain dari kinerja adalah semua fitur AI di perangkat yang diaktifkan oleh Tensor G3, seperti Audio Magic Eraser, Best Take, dan Magic Editor. Fitur-fitur ini dapat digunakan tanpa batasan jumlah foto seperti pada pengguna gratis di Google Photos.

Kamera

Pixel 8a memiliki sensor utama 64MP dan ultra-wide 13MP yang sama dengan yang digunakan di Pixel 7a tahun lalu. Namun, hasilnya tetap mengesankan. Dalam kondisi cahaya terang, Pixel 8a bisa dikatakan sebagai kamera yang lebih unggul, menangkap warna yang lebih akurat dan detail yang luar biasa dibandingkan dengan Samsung Galaxy S24 Ultra yang lebih mahal. Namun, dalam kondisi malam hari, sensor 200MP pada S24 Ultra lebih unggul, menghasilkan gambar yang lebih tajam dan terang. Meskipun begitu, mode Night Sight dari Google membuat Pixel 8a tetap kompetitif.

Selain itu, fitur AI dari Google seperti Best Take dan Magic Editor semakin memperkaya pengalaman fotografi Anda, memungkinkan Anda untuk membuat komposit yang sempurna dan menghapus elemen yang mengganggu dengan mudah.

Daya Tahan Baterai dan Pengisian Daya

Meskipun baterai Pixel 8a sedikit lebih kecil dari model standar (4,492 mAh dibandingkan 4,575 mAh), masa pakai baterainya sebenarnya sedikit lebih baik, mungkin karena layar yang lebih kecil. Dalam pengujian video, Pixel 8a bertahan selama 20 jam 29 menit, mengalahkan waktu 20:16 dari Pixel 8.

Namun, kecepatan pengisian daya baik kabel maupun nirkabel tetap sama. Pengisian kabel mencapai hingga 18 watt, sementara pengisian nirkabel melalui Qi hanya mencapai 7,5 watt. Ini mungkin tidak menjadi masalah jika Anda hanya menggunakan pengisian nirkabel semalam atau untuk top-up cepat saat melakukan sesuatu yang lain, tetapi jika Anda membutuhkan daya dengan cepat, lebih baik menggunakan kabel.

Kesimpulan Google Pixel 8a Rilis

Google tidak melakukan inovasi besar dengan Pixel 8a. Namun, formula sederhana dari kamera kelas atas, layar yang bagus, daya tahan baterai yang kuat, dan desain yang apik tidak akan pernah ketinggalan zaman – terutama ketika Anda mendapatkan semua ini hanya dengan harga $499. Dan dengan tambahan fitur AI yang sebelumnya hanya tersedia di ponsel flagship Google, Pixel 8a adalah smartphone midrange yang benar-benar lebih pintar dari semua pesaingnya.

Baca Juga  Restart Ponsel Anda Setiap Minggu: Inilah Alasannya Menurut NSA

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah harga dari saudara-saudaranya. Jika Anda mempertimbangkan harga default, Pixel 8a menawarkan penghematan yang luar biasa dibandingkan dengan Pixel 8 seharga $799. Namun, sebelum pengumuman 8a, ada penawaran yang menurunkan harga Pixel 8 menjadi serendah $549, pada titik ini Anda mungkin lebih baik mengeluarkan tambahan $50 untuk mendapatkan pengalaman flagship penuh.

Namun, bagi mereka yang tidak ingin menunggu diskon atau mungkin tidak peduli dengan detail seperti kecepatan pengisian nirkabel yang lebih lambat, selain menjadi ponsel Android midrange terbaik, Pixel 8a adalah kesepakatan yang sangat baik.

FAQ Terkait Google Pixel 8a Rilis

1. Apakah Google Pixel 8a tahan air? Ya, Google Pixel 8a memiliki peringkat IP67 untuk tahan debu dan air, yang berarti dapat bertahan di air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

2. Apakah Pixel 8a mendukung pengisian daya nirkabel? Ya, Pixel 8a mendukung pengisian daya nirkabel melalui standar Qi, meskipun kecepatannya hanya mencapai 7,5 watt.

3. Apa perbedaan utama antara Pixel 8 dan Pixel 8a? Perbedaan utama antara Pixel 8 dan Pixel 8a termasuk ukuran layar (6,1 inci pada 8a vs 6,2 inci pada 8), bahan panel belakang (plastik pada 8a vs kaca pada 8), dan beberapa fitur tambahan pada Pixel 8.

4. Berapa lama masa pakai baterai Pixel 8a? Dalam pengujian video, Pixel 8a mampu bertahan selama 20 jam dan 29 menit.

5. Apakah Pixel 8a memiliki fitur AI yang sama dengan Pixel 8? Ya, berkat chip Tensor G3, Pixel 8a mendukung fitur AI yang sama seperti Audio Magic Eraser, Best Take, dan Magic Editor.

Dengan semua kelebihan ini, Google Pixel 8a merupakan pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang mencari ponsel midrange dengan fitur dan kinerja yang mendekati ponsel flagship.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda