iOS 17 Tidak Mendukung Sejumlah iPhone Lawas

Apple akan segera mengumumkan iOS 17 dalam hitungan bulan di ajang WWDC 2023. Namun, menjelang acara tersebut muncul rumor yang mengatakan iOS 17 tidak akan mendukung sejumlah iPhone dan iPad lawas. Apa saja iPhone dan iPad yang tidak akan mendapatkan dukungan iOS 17?

iPhone dan iPad yang Tidak Mendapatkan iOS 17 dan iPadOS 17

Menurut sumber dari MacRumors pada tanggal 5 April 2023, beberapa iPhone dan iPad yang tidak mendapatkan iOS 17 dan iPadOS 17 meliputi:

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPad (generasi ke-5)
  • iPad Pro 9,7 inci (generasi pertama)
  • iPad Pro 12,9 inci (generasi pertama)

Rumor ini datang dari pengguna Twitter anonim yang sebelumnya pernah memberikan informasi akurat tentang update iOS. Menurut pengguna Twitter tersebut, iOS 17 tidak akan mendukung perangkat yang menggunakan chip A11 Bionic atau yang lebih lawas. Beberapa perangkat yang jadi pengecualian antara lain iPad generasi ke-6 dan ke-7 dengan chip A10 Fusion, serta iPad Pro 10,5 inci dan 12,9 inci generasi ke-2 dengan chip A10X Fusion.

Alasan iOS 17 Tidak Mendukung iPhone dan iPad Lawas

Kerentanan keamanan pada bootrom yang dimiliki oleh perangkat yang menggunakan chip A5 hingga A11 tidak bisa ditambal oleh Apple karena bootrom hanya dapat beroperasi dalam status read-only. Kerentanan ini membuat perangkat yang menggunakan chip-chip tersebut terus-menerus di-jailbreak pada berbagai versi iOS, yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem file iOS.

Apa yang Harus Dilakukan Pengguna iPhone dan iPad Lawas?

Jika kamu pengguna iPhone 8, iPhone 8 Plus, atau iPhone X, kamu tidak perlu khawatir karena Apple tetap akan merilis update keamanan untuk perangkat yang menjalankan iOS 16. Meski tidak akan mendapatkan iOS 17, kamu tetap bisa menggunakan perangkat tersebut untuk melakukan berbagai aktivitas seperti biasa.

Baca Juga  Fitur Baru Pengisian Daya Mobil Listrik di Google Maps

Kebijakan Apple dalam Mendukung iPhone dan iPad Lama

Tahun lalu Apple juga menghentikan dukungan iOS terbaru untuk beberapa perangkat setelah peluncuran iOS 16 dan iPadOS 16, termasuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone SE original, iPod touch generasi terakhir, iPad Air generasi ke-2, dan iPad mini generasi ke-4.

Apple memang dikenal dengan kebijakan yang ketat dalam hal dukungan perangkat lama. Namun, hal ini juga memungkinkan mereka untuk memberikan fitur-fitur baru dan meningkatkan keamanan sistem operasi secara terus-menerus.

Kesimpulan

Dalam waktu dekat, Apple akan mengumumkan iOS 17 dan iPadOS 17 pada ajang WWDC 2023. Namun, rumor baru yang berasal dari pengguna Twitter anonim mengatakan bahwa kedua sistem operasi tersebut tidak akan mendukung beberapa perangkat lama seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Selain itu, beberapa iPad juga tidak akan mendapatkan iPadOS 17.

Meskipun beberapa perangkat lama tidak akan mendapatkan update terbaru, Apple tetap akan merilis pembaruan keamanan untuk perangkat yang menjalankan iOS 16. Dengan demikian, pengguna perangkat lama dapat terus menggunakan perangkat mereka dengan aman.

FAQ

  1. Apa saja iPhone dan iPad yang tidak akan mendapatkan update iOS 17?

    iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPad (generasi ke-5), iPad Pro 9,7 inch (generasi pertama), dan iPad Pro 12,9 inch (generasi pertama) tidak akan mendapatkan update sistem.
  2. Mengapa beberapa perangkat tidak mendapatkan iOS 17 dan iPadOS 17?

    Beberapa perangkat yang menggunakan chip A11 Bionic atau yang lebih lawas memiliki kerentanan keamanan pada bootrom yang tidak bisa ditambal oleh Apple karena bootrom hanya dapat beroperasi dalam status read-only.
  3. Apakah pengguna perangkat lama masih aman jika tidak mendapatkan iOS 17 atau iPadOS 17?

    Apple tetap akan merilis pembaruan keamanan untuk perangkat yang menjalankan iOS 16 dan iPadOS 16, sehingga pengguna perangkat lama masih dapat menggunakan perangkat mereka dengan aman.
  4. Kapan Apple akan merilis iOS 17 dan iPadOS 17?

    iOS 17 dan iPadOS 17 akan diumumkan dalam hitungan bulan di ajang WWDC 2023.
  5. Apa saja perangkat lama yang tidak mendapatkan dukungan iOS terbaru setelah peluncuran iOS 16 dan iPadOS 16?

    Beberapa perangkat yang tidak mendapatkan dukungan iOS terbaru setelah peluncuran iOS 16 dan iPadOS 16 termasuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone SE original, iPod touch generasi terakhir, iPad Air generasi ke-2, dan iPad mini generasi ke-4.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda