MacBook Pro dan iMac Terbaru: Ulasan Chip M3 Max Dibandingkan dengan M2 Max

Baru-baru ini, Apple menggebrak pasar dengan pembaruan terbarunya pada MacBook Pro dan iMac. Sebelumnya, kita telah melihat kehadiran chip M2 Pro dan M2 Max pada laptop-laptop tersebut. Namun, tak lama setelahnya, Apple mengenalkan M3, M3 Pro, dan M3 Max bersama dengan komputer-komputer berbasis chip tersebut. Pengiriman laptop-laptop terbaru ini akan dimulai pada tanggal 7 November, dan hari ini laporan-laporan uji coba telah dirilis. Kami akan membahas lebih dalam tentang kinerja chip M3 Max pada MacBook Pro 16 inci dan prosesor M3 pada iMac 24 inci terbaru.

M3 Max: Lebih Cepat, Lebih Hebat

Mari kita awali dengan memahami apa yang membuat M3 Max istimewa. Chip ini dilengkapi dengan 16 inti CPU (12 inti daya tinggi dan 4 inti hemat energi) serta GPU 40 inti. Salah satu peningkatan signifikan adalah dukungan penyimpanan serbaguna hingga 128GB, yang merupakan peningkatan besar dibandingkan M2 Max yang hanya mendukung 96GB. Apple mengklaim performa GPU M3 Max meningkat hingga 80% dibandingkan M1 Max.

Baca Juga  TECNO SPARK 10 Pro NFC: Ponsel Murah Memori Raksasa

Kecepatan dan Performa

Namun, berbicara tentang performa sejati, M3 Max tidak mengecewakan. Dalam uji coba Geekbench 6, chip ini mencapai 2,332 poin dalam uji coba single-core dan 23,163 poin dalam uji coba multi-core. Hasil ini menunjukkan peningkatan performa sebesar 17% pada uji coba single-core dan bahkan 53% pada uji coba multi-core dibandingkan M2 Max. Keberhasilan M3 Max juga terlihat dalam uji coba Handbrake, di mana chip ini menyelesaikan tugas konversi video dari 4K ke 1080p dalam waktu 2 menit dan 34 detik – hampir satu setengah menit lebih cepat dibandingkan M2 Max (3:59) dan lebih dari dua menit lebih cepat dibandingkan M1 Max (4:48).

MacBook Pro dan iMac Terbaru

Pengalaman Bermain Game yang Mengagumkan

Prestasi M3 Max tidak hanya terlihat dalam uji coba benchmark, tetapi juga dalam pengalaman bermain game. Dalam uji coba game Resident Evil Village, yang diadaptasi untuk Metal 3 API di komputer Mac, game ini berjalan mulus pada resolusi 3456 × 2160 piksel dengan 60 frame per detik stabil dalam semua adegan. Begitu pula dalam game-game lainnya seperti Shadow of the Tomb Raider dan Borderlands 3, M3 Max memberikan kinerja yang mengesankan.

Performa M3 pada iMac 24 Inci

Pindah ke iMac 24 inci, prosesor M3 di sini juga tidak kalah mengagumkan. Dengan delapan inti CPU yang terdiri dari empat inti kinerja dan empat inti hemat energi, iMac ini menjanjikan performa CPU 35% lebih cepat daripada M1. GPU M3 yang memiliki 10 inti juga diklaim 65% lebih cepat dalam grafis dibandingkan M1. Uji coba Geekbench 6 menunjukkan bahwa M3 mencetak 3024 poin dalam uji coba single-core dan 11,810 poin dalam uji coba multi-core. Ini mengungguli hasil M2 dan bahkan lebih cepat 17% dalam uji coba single-core dan 22% dalam uji coba multi-core.

Kesimpulan MacBook Pro dan iMac Terbaru

Melihat prestasi impresif dari M3 Max dan M3 pada iMac 24 inci, pertanyaannya adalah: apakah pembaruan ini perlu? Tentu saja, bagi pemilik MacBook Pro dengan chip M2, tidak ada urgensi untuk beralih ke generasi terbaru ini. Namun, bagi mereka yang masih menggunakan MacBook Pro berbasis M1 Pro atau M1 Max, atau laptop dengan chip Intel, memperbarui ke model-model terbaru ini bisa menjadi langkah cerdas.

Baca Juga  Samsung Galaxy A34 5G, Harga Terbaru 2023

Pertanyaan Terkait MacBook Pro dan iMac Terbaru

1. Apakah MacBook Pro dengan M3 Max cocok untuk penggunaan sehari-hari?

Ya, MacBook Pro dengan M3 Max sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari dan bahkan tugas-tugas berat seperti pengeditan video dan bermain game.

2. Apakah ada perbedaan signifikan dalam performa antara M3 Max dan M2 Max?

Ya, M3 Max menawarkan peningkatan performa yang signifikan, terutama dalam tugas-tugas yang membutuhkan daya komputasi tinggi seperti rendering dan transkoding video.

3. Apakah iMac 24 inci dengan chip M3 cocok untuk desain grafis dan pengeditan foto?

Ya, iMac 24 inci dengan chip M3 sangat cocok untuk desain grafis dan pengeditan foto berkat performa grafis yang luar biasa.

4. Bagaimana dengan daya tahan baterai MacBook Pro dengan M3 Max?

Meskipun terdapat sedikit penurunan daya tahan baterai, MacBook Pro dengan M3 Max masih memiliki daya tahan baterai hampir dua kali lipat dari laptop Dell XPS 15 dengan prosesor Intel Core generasi ke-13.

5. Berapa harga MacBook Pro dan iMac terbaru dengan chip M3?

Harga untuk MacBook Pro 16 inci dengan M3 Max dimulai dari $7,199, sementara MacBook Pro dengan M3 Pro dimulai dari $2,499. iMac 24 inci dengan chip M3 juga tersedia dengan harga yang kompetitif.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda