Mediatek Dimensity 9300 : Chip Flagship Smartphone Terbaru Mediatek

Saat kita berbicara tentang teknologi smartphone terkini, Mediatek selalu muncul dengan inovasi terbaru. Baru-baru ini, perusahaan ini memperkenalkan Mediatek Dimensity 9300, sebuah prosesor flagship yang menggantikan chip Dimensity 9200 dan 9200+. Platform single-chip baru ini dibuat menggunakan teknologi proses 4nm generasi ketiga dari TSMC dengan arsitektur yang dioptimalkan secara termal dan teknologi kemasan baru.

Keunggulan Inti Prosesor yang Sangat Kuat

Dimensity 9300 memiliki inti yang sangat kuat. Terdapat inti Cortex-X4 terkuat dengan frekuensi 3,25 GHz, tiga inti Cortex-X4 identik dengan frekuensi 2,85 GHz, serta empat inti Cortex-A720 produktif dengan frekuensi 2,0 GHz. Chip ini dilengkapi dengan cache L3 8MB, cache sistem 10MB secara keseluruhan, yang 29% lebih banyak dibandingkan pendahulunya, dan mendukung RAM LPDDR5 dengan kecepatan hingga 9600 MT/s.

Menurut MediaTek, performa single-core Dimensity 9300 adalah 15% lebih tinggi dan performa multi-core adalah 40% lebih tinggi dibandingkan Dimensity 9200. Sementara itu, konsumsi daya chip saat beban puncak adalah 33% lebih rendah dibandingkan pendahulunya.

Unit Grafis Immortalis-G720: Performa Ray Tracing yang Luar Biasa

Prosesor ini juga dilengkapi dengan unit grafis Immortalis-G720 12-core, yang menjanjikan performa ray tracing 46% lebih tinggi dibandingkan chip generasi sebelumnya dan mendukung variabel refresh rate (VRR) untuk tampilan. Konsumsi daya grafis Dimensity 9300 adalah 40% lebih rendah dibandingkan pendahulunya dengan performa yang sama.

Baca Juga  Betavolt BV100, Baterai Nuklir Tanpa Cas Hingga 50 Tahun

Selama presentasi Dimensity 9300, MediaTek mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan beberapa studio untuk mengoptimalkan teknologi ray tracing dalam permainan. Hingga saat ini, lebih dari 50 permainan di mesin permainan Unity, Unreal, dan Messiah telah menerima optimisasi ray tracing untuk berjalan pada chip Dimensity.

Mesin Kecerdasan Buatan APU 790

Dimensity 9300 juga dilengkapi dengan mesin kecerdasan buatan APU 790, yang memberikan dua kali lipat performa kecerdasan buatan dalam operasi bilangan bulat dan floating point sambil mengurangi konsumsi daya sebesar 45%. Menurut perusahaan, dengan mengadaptasi model Transformer, kecepatan pemrosesan APU 790 delapan kali lebih cepat daripada generasi sebelumnya dari mesin kecerdasan buatan. Menghasilkan gambar menggunakan difusi stabil terjadi dalam satu detik. APU 790 mendukung model bahasa besar dengan hingga 33 miliar parameter. Dukungan untuk metamodel telah diumumkan✴ Llama 2, Baichuan 2, Baidu AI LLM, dan untuk pertama kalinya juga untuk smartphone – LoRA Fusion. Dengan kata lain, Dimensity 9300 mempercepat algoritma kecerdasan buatan generatif untuk membuat konten digital langsung di perangkat.

Sistem Tampilan Dimensity 9300: Pengenalan Objek dan Gambar Latar Belakang dalam Waktu Nyata

Sistem tampilan Dimensity 9300 menggunakan kemampuan kecerdasan buatan untuk mengenali objek penting dan gambar latar belakang secara real-time. Dipadukan dengan mesin Kualitas Gambar MiraVision (PQ), sistem ini secara dinamis menyesuaikan kontras optimal, ketajaman, dan warna objek gambar kunci, meningkatkan kualitas secara keseluruhan, menambahkan kedalaman pada gambar, dan memberikan gambar video realistis yang setara dengan televisi digital flagship saat ini, klaim MediaTek.

Prosesor Gambar Terpisah (ISP) Imagiq 990

Sistem prosesor gambar terpisah (ISP) Imagiq 990 Dimensity 9300 dilengkapi dengan Mesin Video Analisis Semantik Kecerdasan Buatan dengan 16 kategori pengaturan segmentasi adegan untuk pengambilan gambar video sinematik yang ditingkatkan.

Baca Juga  Berapa Lama Umur SSD ?

Dimensity 9300 mendukung HDR dengan resolusi hingga 4K dan 60 frame per detik. Chipset ini mendukung mode Sinema 4K pada 30 frame per detik dengan pelacakan bokeh real-time, serta dukungan untuk reduksi kebisingan AI 4K (AI-NR) dan kemampuan untuk memproses foto dan video dalam format RAW menggunakan AI.

Dukungan Lebih Lanjut untuk Kamera dan Tampilan

Dimensity 9300 menambahkan dukungan untuk kamera dengan resolusi hingga 320MP, tampilan 4K dengan refresh rate hingga 120Hz, atau tampilan dengan resolusi 1440p dan refresh rate hingga 180Hz, serta dukungan untuk Ultra HDR untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 14. Ini menawarkan gambar yang lebih realistis karena berbagai tingkat kecerahan, warna, dan kontras.

Prosesor modem Dimensity 9300 mendukung standar nirkabel Wi-Fi 7 (a/b/g/n/ac/ax/be) dan Bluetooth 5.4 serta 5G dengan frekuensi di bawah 6 GHz dan mmWave. Berkat teknologi hotspot multi-link, chip ini juga hampir tiga kali lipat kecepatan koneksi smartphone dibandingkan dengan solusi pesaing, kata perusahaan.

Smartphone Pertama dengan Dimensity 9300

Smartphone pertama berbasis prosesor Dimensity 9300 akan muncul tahun ini. Vivo telah mengonfirmasi bahwa smartphone flagship mendatangnya, X100, yang akan diluncurkan di China pada 13 November, akan menjadi yang pertama menggunakan prosesor ini.

Kesimpulan Mediatek Dimensity 9300: Revolusi Chip Flagship Tanpa Batas

Dalam dunia yang terus berkembang ini, teknologi smartphone terus mengejutkan dan menginspirasi kita. MediaTek’s Dimensity 9300 adalah bukti nyata dari inovasi tak terbatas. Dengan performa yang lebih tinggi, efisiensi daya yang menakjubkan, dan kemampuan kecerdasan buatan yang luar biasa, prosesor flagship ini membuka pintu untuk pengalaman pengguna yang lebih unggul dan memukau. Dengan teknologi terkini yang dimiliki oleh Dimensity 9300, dunia smartphone akan melihat transformasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga  Perbedaan SSD PCIe dan SATA

Apakah Anda siap menyambut revolusi ini? Sebuah dunia di mana kecepatan, kecerdasan, dan keindahan berkumpul dalam genggaman Anda. Dimensity 9300 membawa kita ke masa depan, di mana batas-batas teknologi terus diperluas, dan imajinasi tidak memiliki batas.

Tanya Jawab Terkait Mediatek Dimensity 9300

Q1: Apa yang membuat Dimensity 9300 unggul dibandingkan dengan chip pendahulunya? Dimensity 9300 memiliki inti yang lebih kuat, performa grafis yang lebih tinggi, serta kemampuan kecerdasan buatan yang ditingkatkan, membuatnya unggul dalam segala hal.

Q2: Kapan smartphone pertama dengan Dimensity 9300 akan dirilis? Vivo telah mengonfirmasi bahwa smartphone X100 mereka akan menjadi yang pertama menggunakan Dimensity 9300, dengan peluncuran dijadwalkan pada 13 November di China.

Q3: Apakah Dimensity 9300 mendukung teknologi 5G? Ya, Dimensity 9300 mendukung teknologi 5G dengan frekuensi di bawah 6 GHz dan mmWave, membawa kecepatan internet yang luar biasa kepada pengguna.

Q4: Apa yang membedakan teknologi ray tracing pada Dimensity 9300 dari chip lainnya? MediaTek bekerja sama dengan beberapa studio untuk mengoptimalkan teknologi ray tracing dalam permainan, memberikan pengalaman gaming yang lebih realistis dan memukau.

Q5: Apa yang membuat Dimensity 9300 cocok untuk penggunaan kamera dan tampilan yang lebih tinggi? Dimensity 9300 mendukung kamera dengan resolusi hingga 320MP, tampilan 4K dengan refresh rate hingga 120Hz, dan tampilan dengan resolusi 1440p dan refresh rate hingga 180Hz, serta dukungan untuk Ultra HDR, menciptakan gambar yang lebih hidup dan mendalam.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda