OpenAI Meluncurkan Model AI Baru dan Versi Desktop ChatGPT

Pada hari Senin, OpenAI meluncurkan model AI baru dan versi desktop ChatGPT, bersama dengan antarmuka pengguna yang diperbarui. Ini adalah upaya terbaru perusahaan untuk memperluas penggunaan chatbot populer mereka.

OpenAI Meluncurkan Model AI Baru : GPT-4o

Kecepatan dan Kemampuan Baru

Pembaruan ini menghadirkan GPT-4 ke semua orang, termasuk pengguna gratis OpenAI. Mira Murati, kepala teknologi OpenAI, menyebutkan bahwa model baru ini, GPT-4o, “jauh lebih cepat” dengan kemampuan yang ditingkatkan dalam teks, video, dan audio. OpenAI juga berencana untuk memungkinkan pengguna melakukan video chat dengan ChatGPT di masa depan.

Peningkatan Pengalaman Pengguna

Murati menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya OpenAI membuat langkah besar dalam hal kemudahan penggunaan. Dengan demikian, ini memperkuat posisi ChatGPT sebagai alat yang lebih interaktif dan serbaguna.

Baca Juga  Internet Starlink Pecahkan Rekor dengan 42 Juta GB per Hari

Dukungan Microsoft dan Nilai Perusahaan

Kolaborasi dengan Microsoft

OpenAI didukung oleh Microsoft dan telah dinilai lebih dari $80 miliar oleh investor. Didirikan pada tahun 2015, perusahaan ini berada di bawah tekanan untuk tetap berada di puncak pasar AI generatif sambil mencari cara untuk menghasilkan uang karena menghabiskan sejumlah besar uang untuk prosesor dan infrastruktur untuk membangun dan melatih model mereka.

Fitur Omni GPT-4o

Huruf “o” dalam GPT-4o berarti omni. Model baru ini memungkinkan ChatGPT menangani 50 bahasa berbeda dengan kecepatan dan kualitas yang lebih baik. Model ini juga akan tersedia melalui API OpenAI, memungkinkan pengembang untuk mulai membangun aplikasi menggunakan model baru ini.

Kemampuan Audio dan Pengenalan Emosi

Interaksi Audio yang Canggih

Tim OpenAI menunjukkan kemampuan audio model baru ini, seperti membantu menenangkan seseorang sebelum pidato publik. Mark Chen, peneliti OpenAI, mengatakan bahwa model ini dapat “merasakan emosi Anda” dan dapat menangani interupsi dari pengguna. Model ini juga dapat menganalisis ekspresi wajah pengguna untuk memberikan komentar tentang emosi yang mungkin dialami.

Respon Cepat dan Natural

Dalam mode audio, ChatGPT dapat merespons dalam waktu kurang dari 232 milidetik, dengan rata-rata 320 milidetik, yang mirip dengan waktu respons manusia dalam percakapan. Kemampuan ini menjadikan interaksi lebih alami dan responsif.

Uji Coba dan Akses Awal

Pengujian Mode Suara

Perusahaan berencana untuk menguji Mode Suara dalam beberapa minggu mendatang, dengan akses awal untuk pelanggan berbayar ChatGPT Plus. Selain itu, model baru ini dapat merespons prompt audio pengguna, membuat pengalaman penggunaan lebih dinamis dan fleksibel.

Cerita Pengantar Tidur dan Terjemahan Suara

Chen juga mendemonstrasikan kemampuan model untuk menceritakan cerita pengantar tidur dan mengubah nada suaranya menjadi lebih dramatis atau robotik. Model ini juga dapat berfungsi sebagai penerjemah, bahkan dalam mode audio, yang memungkinkan percakapan antar bahasa berjalan lebih lancar.

Baca Juga  Cara Mengaktifkan Akun Gmail yang Dinonaktifkan

Kompetisi dan Pasar AI Generatif

Peluncuran ChatGPT Enterprise

Peluncuran ini adalah salah satu pengumuman terbesar perusahaan sejak peluncuran ChatGPT Enterprise pada bulan Agustus, yang merupakan tingkat bisnis dari chatbot AI. Alat ini dikembangkan dalam waktu kurang dari setahun dengan bantuan lebih dari 20 perusahaan dari berbagai ukuran dan industri.

Persaingan dengan Raksasa Teknologi

OpenAI, Microsoft, dan Google berada di garis depan dalam demam emas AI generatif, dengan perusahaan di hampir setiap industri berlomba untuk menambahkan chatbot dan agen bertenaga AI ke layanan utama mereka agar tidak tertinggal oleh pesaing.

Investasi dan Prospek Pasar

Rekor Investasi di Pasar AI

Rekor $29,1 miliar diinvestasikan dalam hampir 700 kesepakatan AI generatif pada tahun 2023, meningkat lebih dari 260% dari tahun sebelumnya. Pasar ini diprediksi akan mencapai pendapatan lebih dari $1 triliun dalam dekade mendatang.

Kekhawatiran dan Etika

Beberapa pihak dalam industri ini mengkhawatirkan kecepatan layanan baru yang belum teruji yang masuk ke pasar, dan para akademisi serta ahli etika merasa terganggu oleh kecenderungan teknologi ini untuk menyebarkan bias.

Kesimpulan OpenAI Meluncurkan Model AI Baru

Ekspansi Penggunaan GPT-4o

Setelah peluncuran ChatGPT pada November 2022, yang memecahkan rekor sebagai aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah, dan sekarang memiliki sekitar 100 juta pengguna aktif mingguan, OpenAI terus memperluas kemampuan teknologinya.

Terima Kasih kepada Mitra Teknologi

Murati menutup acara yang disiarkan langsung dengan mengucapkan terima kasih kepada CEO Nvidia, Jensen Huang, dan timnya karena telah menyediakan unit pemrosesan grafis (GPU) canggih yang diperlukan untuk mendukung teknologi OpenAI.

Pertanyaan Terkait OpenAI Meluncurkan Model AI Baru

Apa itu GPT-4o?

GPT-4o adalah model AI terbaru dari OpenAI yang lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan model sebelumnya. Model ini mampu menangani teks, video, dan audio dengan peningkatan kecepatan dan kualitas.

Baca Juga  Cara Membuat Tabel Di Google Form

Apa perbedaan utama antara GPT-4 dan GPT-4o?

GPT-4o lebih cepat dua kali lipat dan biaya operasionalnya setengah dari GPT-4 Turbo. Selain itu, GPT-4o dapat menangani 50 bahasa dengan lebih baik.

Bagaimana cara mengakses GPT-4o?

Model baru ini akan tersedia bagi pelanggan ChatGPT Plus dan Team pada hari Selasa, kemudian untuk pengguna Enterprise, dan akhirnya untuk pengguna gratis ChatGPT dengan batasan penggunaan.

Apa manfaat dari mode audio di GPT-4o?

Mode audio memungkinkan interaksi yang lebih natural dan cepat, dengan kemampuan merespons dalam waktu kurang dari 232 milidetik. Mode ini juga bisa membantu dalam berbagai situasi seperti menenangkan seseorang sebelum pidato publik dan berfungsi sebagai penerjemah suara.

Bagaimana OpenAI memastikan kualitas dan etika penggunaan AI?

OpenAI terus mengembangkan dan menguji modelnya untuk mengurangi bias dan meningkatkan keandalan. Mereka juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan penggunaan AI yang etis dan bertanggung jawab.

Apa saja rencana OpenAI ke depan?

OpenAI berencana untuk terus mengembangkan kemampuan AI mereka, termasuk video chat dengan ChatGPT, dan memperluas akses serta aplikasi model AI mereka di berbagai industri.

Jika Anda ingin informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan tambahan, silakan kunjungi situs web resmi OpenAI atau hubungi tim dukungan pelanggan mereka.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda