Pengguna iOS Segera Dapat Unduh Aplikasi Dari Sumber Pihak Ketiga

Pada saat yang tepat, undang-undang Eropa mewajibkan Apple untuk memungkinkan pengguna perangkat iOS menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga. Sepertinya perusahaan asal Amerika ini secara perlahan bergerak menuju memberikan konsesi guna mematuhi hukum persaingan bebas yang berlaku di wilayah tersebut. Para peneliti menemukan petunjuk-petunjuk ini dalam kode iOS 17.2.

Saat ini, pengguna perangkat iOS hanya dapat menginstal aplikasi dari App Store, toko konten digital Apple. Namun, tahun lalu Uni Eropa mengesahkan Digital Markets Act (DMA), yang bertujuan untuk membatasi kemampuan raksasa teknologi informasi untuk mengeksploitasi posisi dominannya untuk menekan persaingan. Salah satu persyaratan undang-undang ini mengharuskan perusahaan-perusahaan tersebut memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi dari sumber mana pun.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Apple sedang bekerja untuk mengimplementasikan kemampuan menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga pada perangkat iOS. Para peneliti menemukan bukti ini dalam kode iOS 17.2. Ini terutama dicatat oleh Managed App Distribution Framework yang baru. API ini awalnya dianggap terkait dengan fitur instalasi aplikasi enterprise, tetapi Apple mungkin sedang mengerjakan sesuatu yang lebih besar. Analisis menemukan bahwa API ini memiliki titik akhir perluasan yang dideklarasikan dalam sistem. Ini berarti bahwa aplikasi lain dapat membuat jenis perluasan ini.

Sistem juga menemukan izin baru yang memberikan aplikasi pihak ketiga hak untuk menginstal aplikasi. Dengan kata lain, ini akan memberikan pengembang kesempatan untuk membuat toko aplikasi mereka sendiri. API baru ini memiliki kontrol dasar untuk mengunduh, menginstal, dan memperbarui aplikasi dari sumber eksternal. Ini juga dapat digunakan untuk memeriksa kompatibilitas aplikasi dengan perangkat pengguna dan versi iOS yang diinstal di dalamnya. Selain itu, API ini ditemukan terkunci wilayah, mungkin menandakan bahwa Apple hanya ingin mengizinkan penggunaannya di negara-negara tertentu.

Implikasi DMA dan Progres Apple

Dengan DMA mengenakan kewajiban baru pada Apple, kita bisa melihat pergeseran signifikan dalam pendekatan mereka terhadap sumber aplikasi. Apple sekarang terlihat sedang mengembangkan kemampuan untuk menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga, sebuah perubahan besar dari model tertutup yang telah mereka pertahankan selama bertahun-tahun.

Baca Juga  Qualcomm Menggabungkan Bluetooth dan Wi-Fi di Teknologi Audio Nirkabel Baru Mereka

Penemuan dalam Kode iOS 17.2

Pemahaman lebih mendalam tentang kemungkinan perubahan ini ditemukan di dalam kode iOS 17.2. Dengan adanya Managed App Distribution Framework dan izin baru untuk aplikasi pihak ketiga, kita dapat melihat bahwa Apple sedang berusaha menciptakan ekosistem yang lebih terbuka.

Titik Akhir Perluasan dan Implikasinya

Perlu dicatat bahwa adanya titik akhir perluasan dalam API menciptakan kemungkinan untuk berbagai jenis aplikasi baru. Ini tidak hanya membatasi pada aplikasi enterprise, tetapi membuka pintu untuk inovasi lebih lanjut di dunia aplikasi pihak ketiga.

Penggunaan yang Potensial di Berbagai Negara

Dengan API yang terkunci wilayah, Apple mungkin ingin mengendalikan di mana kemampuan ini dapat digunakan. Hal ini dapat dipahami sebagai upaya untuk memahami dinamika pasar di berbagai negara dan menyelaraskannya dengan kebijakan perusahaan.

Apa Artinya Bagi Pengguna?

Sementara Apple melangkah ke arah yang lebih terbuka, apa artinya ini bagi pengguna iOS? Dalam jangka panjang, ini dapat memberikan mereka lebih banyak pilihan dan akses ke aplikasi yang mungkin tidak terdaftar di App Store.

Pembaruan Terbaru dan Langkah Selanjutnya

Dengan temuan ini, kita bisa mengantisipasi pembaruan perangkat lunak dari Apple yang mencakup kemampuan baru ini. Namun, pertanyaan yang mendasar adalah bagaimana persyaratan DMA akan memengaruhi penerapan ini dan sejauh mana Apple akan melangkah dalam membuka ekosistem iOS mereka.

Pembaruan Perangkat Lunak dan Peluncuran Aplikasi Pihak Ketiga

Pertama-tama, kita bisa mengharapkan pembaruan perangkat lunak yang akan mencakup API baru ini. Dengan adanya kontrol dasar untuk mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga, kita dapat melihat Apple merilis panduan resmi untuk pengembang tentang bagaimana mengoptimalkan aplikasi mereka untuk ekosistem ini.

Baca Juga  Sukses dengan AR Glasses, Xreal Raih Investasi $60 Juta

Tantangan dan Pertimbangan Keamanan

Namun, membuka pintu untuk aplikasi pihak ketiga juga membawa tantangan keamanan baru. Bagaimana Apple akan menangani keamanan pada aplikasi yang diunduh dari sumber eksternal? Apakah mereka akan memberikan sertifikasi atau hanya memberikan peringatan kepada pengguna?

Penutup: Membuka Pintu Kemungkinan Baru

Dalam penelusuran kode iOS 17.2, kita menemukan bahwa Apple mungkin segera memberikan pengguna iOS kesempatan untuk mengunduh aplikasi dari sumber eksternal. Dengan langkah ini, Apple mengindikasikan perubahan signifikan dalam pendekatan mereka terhadap ekosistem iOS. Namun, dengan keuntungan baru ini juga muncul pertanyaan baru, terutama seputar keamanan dan implikasi DMA.

Pertanyaan Terkait Pengguna iOS Segera Dapat Mengunduh Aplikasi Dari Sumber Pihak Ketiga

1. Apa yang dimaksud dengan DMA?
– DMA atau Digital Markets Act adalah undang-undang Uni Eropa yang bertujuan untuk membatasi dominasi raksasa teknologi dan mendorong persaingan lebih sehat di pasar digital.

2. Bagaimana Apple akan mengendalikan keamanan aplikasi pihak ketiga?
– Saat ini belum jelas. Namun, kita dapat mengantisipasi bahwa Apple akan memperkenalkan langkah-langkah keamanan untuk melindungi pengguna dari potensi ancaman.

3. Apakah kemampuan ini akan tersedia di semua negara?
– Tidak jelas pada saat ini. Kode yang terkunci wilayah menunjukkan kemungkinan pembatasan penggunaan di negara tertentu.

4. Bagaimana pengguna iOS dapat memanfaatkan perubahan ini?
– Dalam jangka panjang, pengguna dapat mengharapkan lebih banyak pilihan aplikasi dan akses ke sumber aplikasi yang lebih beragam.

5. Kapan kita bisa melihat implementasi penuh dari fitur ini?
– Tidak ada tanggal pasti, tetapi dengan temuan dalam kode iOS 17.2, kita bisa mengantisipasi pembaruan perangkat lunak yang akan datang.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda