Perintah Sudo di Windows 11

Perintah Sudo telah digunakan pada sistem operasi berbasis Unix seperti Linux dan macOS

Microsoft mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan perintah sudo di Windows 11, yang familiar bagi pengguna sistem operasi berbasis Unix. Sudo—singkatan dari “superuser do”—telah banyak digunakan pada sistem operasi berbasis Unix seperti Linux dan macOS untuk menjalankan program dengan hak istimewa keamanan yang lebih tinggi dan melakukan tugas administrasi sistem. Inovasi ini tidak hanya melambangkan integrasi yang lebih dalam antara Windows dengan Linux, tetapi juga membuka peluang baru bagi para pengembang.

Mengapa Perintah sudo Penting?

Kunci untuk memahami langkah inovatif ini terletak pada implementasi perintah sudo dalam Windows. Proyek ini, yang sedang aktif dikembangkan dan diuji coba dalam build Canary terbaru Windows 11, menyediakan tiga mode untuk meluncurkan perintah: dalam jendela baru, dengan input dinonaktifkan, dan mode bawaan. Adalah mode bawaan yang paling mirip dengan fungsionalitas perintah sudo tradisional, memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah dengan hak istimewa yang ditinggikan tanpa perlu meluncurkan sesi terpisah.

Respons Microsoft terhadap Permintaan Pengembang

Jordi Adoumie, manajer produk di Microsoft, mengatakan bahwa pengenalan perintah sudo ini sebagai respons terhadap permintaan dari para pengembang yang mencari pengalaman pengembangan yang lebih lancar dan efisien. Dalam beberapa bulan mendatang, perusahaan berencana tidak hanya untuk memperluas dokumentasi tentang penggunaan sudo di Windows, tetapi juga menyediakan informasi tambahan tentang keamanan penggunaan perintah ini dalam berbagai konfigurasi.

Perintah sudo di Windows 11

Sudo akan dikendalikan di Opsi Pengembang pada versi Windows 11 mendatang.

Kehadiran kode proyek sudo di GitHub adalah langkah lain dari Microsoft menuju dukungan terhadap sumber terbuka dan bekerja erat dengan para pengembang. Hal ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap transparansi dan keterlibatan komunitas dalam meningkatkan alat-alat yang membentuk masa depan pengembangan perangkat lunak.

Baca Juga  Cara Masuk BIOS pada Komputer

Langkah-Langkah Integrasi Windows dengan Linux

Penambahan perintah sudo ke Windows 11 merupakan inisiatif terbaru dari Microsoft untuk mengintegrasikan sistem operasinya dengan Linux. Mulai dari menyertakan kernel Linux lengkap di Windows 10, integrasi shell Bash, OpenSSH bawaan, hingga menawarkan distribusi Linux seperti Ubuntu, SUSE, dan Fedora di Windows.

Langkah-langkah ini tidak hanya memudarkan batas antara sistem operasi yang berbeda, tetapi juga membuka kemungkinan tanpa batas bagi para pengembang untuk membuat, menguji, dan mendistribusikan aplikasi mereka dalam lingkungan yang universal dan fleksibel. Secara keseluruhan, integrasi perintah sudo Unix di Windows 11 menunjukkan komitmen Microsoft untuk mengintegrasikan praktik dan alat terbaik yang telah terbukti dalam dunia Linux dan Unix.

Dengan pengumuman ini, Microsoft menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna Windows dan memberikan lebih banyak alat bagi para pengembang untuk mengoptimalkan produktivitas mereka dalam lingkungan pengembangan perangkat lunak yang semakin terbuka dan kolaboratif.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda