Qualcomm Snapdragon X Elite Lebih Cepat Dibanding Apple M3

Pada kunjungan jurnalis dari Digital Trends ke kantor Qualcomm, diketahui bahwa processor terbaru mereka, Qualcomm Snapdragon X Elite, yang dirancang khusus untuk laptop Windows, diklaim memiliki kecepatan 21% lebih tinggi dibandingkan dengan processor Apple M3. Pengumuman ini didukung oleh serangkaian uji coba yang dilakukan pada platform referensi dengan chip terbaru mereka.

Pertarungan Antara Snapdragon X Elite dan Apple M3

Ketika Snapdragon X Elite diumumkan pada bulan Oktober, Qualcomm membandingkan chip 64-bit 12-core mereka dengan processor Apple M2. Pada saat itu, Qualcomm menyatakan bahwa performa puncak Snapdragon X Elite setara dengan pesaingnya, namun konsumsi daya lebih rendah hingga 30%.

Namun, sekitar seminggu setelah pengumuman Snapdragon X Elite, Apple memperkenalkan seri processor terbaru mereka, M3. Qualcomm tidak tinggal diam dan kembali melakukan uji coba, kali ini membandingkan chip mereka dengan processor M3 terbaru dari Apple. Menurut Qualcomm, Prosesor mereka unggul dalam performa single-threaded, meskipun catatan Digital Trends tidak memberikan rincian seberapa besar perbedaannya. Sementara itu, Qualcomm juga menyatakan bahwa performa multi-threaded Snapdragon X Elite 21% lebih tinggi dibandingkan dengan processor M3.

Uji Independen Menantang Klaim Qualcomm

Meskipun klaim ini menggoda, uji independen nantinya akan mengungkapkan sejauh mana kebenaran dari pernyataan tersebut. Qualcomm memberikan catatan bahwa hasilnya mungkin berbeda karena perbedaan dalam perangkat lunak yang digunakan oleh keduanya. Sascha Segan, manajer senior PR Qualcomm, menjelaskan kepada Digital Trends bahwa perbedaan ini akan terlihat karena Apple menggunakan macOS sementara Qualcomm menggunakan Windows. Namun, Qualcomm yakin bahwa platform mereka memiliki kualitas yang baik dalam hal perangkat keras.

Baca Juga  Casing Komputer NZXT H6 Flow dan H6 Flow RGB

Snapdragon X Elite vs. Intel Core

Pada bulan Oktober, Qualcomm menyebut Snapdragon X Elite berbasis Oryon sebagai chip x86 yang paling cepat di pasaran. Mereka menyajikan data performa dibandingkan dengan prosesor Intel Core generasi ke-13. Namun, Intel tidak tinggal diam dan baru-baru ini memperkenalkan keluarga prosesor baru mereka, Core Ultra (Meteor Lake). Qualcomm belum memiliki kesempatan untuk membandingkan chip mereka dengan produk baru Intel ini.

Masa Depan Laptop dengan Snapdragon X Elite

Laptop pertama yang menggunakan Snapdragon X Elite diperkirakan akan hadir pertengahan tahun 2024. Acer, Asus, Dell, HP, Honor, Lenovo, Microsoft Surface, Samsung, dan Xiaomi akan merilis solusi mereka dengan platform Qualcomm. Segan menyarankan konsumen untuk menunda pembelian laptop baru hingga pertengahan tahun depan untuk melihat apakah platform baru Qualcomm dapat melampaui pesaingnya.

Dengan klaim kecepatan 21% lebih tinggi dari Apple M3, Snapdragon X Elite dari Qualcomm menawarkan harapan besar untuk menjadi pilihan utama di pasar laptop Windows. Namun, hanya waktu dan uji coba independen yang akan mengungkapkan sejauh mana keunggulan sebenarnya dari chip inovatif ini.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda