Teknologi Video Super Resolusi AMD: Radeon FSR for Video

Pada CES 2024, AMD mengumumkan inovasi terbaru mereka dalam meningkatkan kualitas video dengan Teknologi Video Super Resolusi AMD yang disebut Radeon FSR for Video. Sebelumnya, teknologi Video Super Resolusi NVIDIA RTX telah mendominasi, tetapi sekarang AMD bersiap untuk memberikan respons yang tangguh dengan solusi unggulannya.

Apa itu Radeon FSR for Video?

Radeon FSR for Video, sebuah komponen yang akan segera disertakan dalam paket Radeon Adrenalin, adalah teknologi terbaru yang dikembangkan oleh AMD untuk meningkatkan kualitas video secara signifikan. Algoritma penskalaan video yang canggih ini didasarkan pada teknologi AMD FidelityFX Super Resolution yang telah terbukti di dunia game, meskipun versi yang digunakan tidak diungkapkan secara rinci oleh pengembang.

Demonstrasi Keunggulan FSR

Dalam demonstrasi yang menakjubkan, AMD memperlihatkan kemampuan FSR dalam meningkatkan resolusi gambar dari 720p menjadi 1440p. Sumber TweakTown mencatat bahwa teknologi ini memberikan peningkatan gambar yang signifikan, meskipun menilai penskalaan video dari satu frame bukanlah tugas yang mudah. Kita berharap AMD akan segera merilis video demo lengkap untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif.

Kolaborasi dengan Pengembang VLC

AMD tidak hanya berhenti di situ. Mereka sedang bekerja sama dengan pengembang VLC untuk merilis versi khusus pemutar video yang dioptimalkan untuk GPU Radeon. Versi ini akan terintegrasi dengan FSR untuk penskalaan video dan pengurangan noise berbasis teknologi propertari AMD. Sebelumnya, VLC telah merilis versi khusus yang mendukung NVIDIA RTX Video Super Resolusi, sehingga memungkinkan perbandingan langsung antara keduanya.

Perbandingan dengan Teknologi NVIDIA

Teknologi NVIDIA RTX Video Super Resolusi berbasis algoritma kecerdasan buatan yang mampu meningkatkan video dari Full HD menjadi 4K dengan kualitas yang lebih baik. Alat ini bekerja dengan semua seri kartu grafis GeForce RTX. Dalam proses penskalaan video dengan RTX VSR, setiap frame dianalisis oleh jaringan saraf yang terlatih dengan berbagai konten. Hal ini menyoroti tepi dan detail halus, serta mendeteksi serta menghilangkan artefak kompresi.

Baca Juga  Baterai Lithium Tanpa Kobalt: Terobosan Ilmiah Jepang

Kesimpulan

Dengan gebrakan terbaru ini, AMD menegaskan posisinya sebagai pemimpin inovasi dalam meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Radeon FSR for Video membuka pintu untuk pengalaman menonton yang lebih tajam dan jernih, memberikan alternatif yang tangguh terhadap teknologi sebelumnya. Tunggu berita selanjutnya, karena AMD terus menggempur batas-batas teknologi untuk meningkatkan standar kualitas video.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda