Update iOS 16.4 : Apa Yang Baru?

Apple telah merilis update terbaru untuk sistem operasi iPhone mereka, yaitu iOS 16.4. Update ini membawa banyak fitur baru dan perbaikan bug. Beberapa fitur baru yang hadir di iOS 16.4 adalah sebagai berikut.

1. 31 Emoji Baru

Update iOS 16.4

Sebuah berita gembira bagi para penggemar emoji, update iOS 16.4 membawa 31 emoji baru ke iPhone kalian. Beberapa di antaranya adalah emoji hati berwarna merah muda, simbol Wi-Fi, dua telapak tangan yang mengarah ke kanan dan kiri, serta smiley wajah bergetar.

Emoji baru ini mengikuti rekomendasi yang telah disetujui oleh konsorsium Unicode tahun lalu dan pada Februari lalu diumumkan akan tersedia di update iOS berikutnya. Dengan adanya emoji baru ini, pengguna iPhone dapat lebih berekspresi saat mengirim pesan teks.

2. Isolasi Suara untuk Panggilan Telepon

Update iOS 16.4

Sebelumnya fitur isolasi suara hanya tersedia di panggilan menggunakan FaceTime dan aplikasi VoIP lainnya. Kini berkat update iOS 16.4, fitur tersebut bisa diaktifkan di panggilan telepon seluler.

Jika diaktifkan, fitur ini bisa membungkam suara berisik di latar belakang saat kalian sedang bercakap-cakap di telepon. Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian harus membuka Control Center saat melakukan panggilan telepon, ketuk Mic Mode, lalu pilih opsi Voice Isolation.

Dengan adanya fitur isolasi suara ini, pengguna iPhone dapat berkomunikasi dengan lebih jelas dan fokus pada pembicaraan.

3. Web Push Notification

update iOS 16.4

Lewat update iOS 16.4, Apple mengizinkan developer iOS untuk mengirimkan notifikasi ke pengguna dari web app. Notifikasi ini akan dikirimkan ketika pengguna menyematkan web app ke Home Screen iPhone.

Baca Juga  WhatsApp Menguji Fitur Campinion Mode Pada Pengguna Beta

Fitur baru ini akan berguna untuk beberapa layanan yang belum memiliki aplikasi iOS native tapi masih ingin mengirimkan notifikasi ke penggunanya. Dengan adanya web push notification, pengguna iPhone dapat menerima notifikasi lebih banyak dan dari berbagai macam aplikasi.

4. Update dan Perbaikan Lainnya

Selain tiga fitur di atas, iOS 16.4 juga membawa beberapa update minor dan perbaikan, yaitu:

  • Album duplikat di Photos kini bisa mendeteksi foto dan video duplikat di iCloud Shared Photo Library
  • Dukungan VoiceOver untuk peta di aplikasi Weather
  • Pengaturan aksesibilitas untuk meredupkan video secara otomatis jika ada kilatan cahaya atau efek strobo terdeteksi
  • Memperbaiki isu terkait permintaan Ask to Buy yang tidak muncul di perangkat orang tua
  • Optimisasi Crash Detection di iPhone 14 dan iPhone 14 Pro

Cara Update dan Instal iOS 16.4:

  1. Pastikan perangkat iOS Anda terhubung ke internet dan memiliki daya baterai yang cukup.
  2. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat iOS Anda.
  3. Pilih opsi “Umum” dan kemudian pilih “Pembaruan Perangkat Lunak”.
  4. Perangkat iOS Anda akan melakukan pencarian pembaruan. Jika pembaruan tersedia, Anda akan melihat opsi untuk mengunduh dan memasang pembaruan.
  5. Tekan tombol “Unduh dan Pasang” untuk memulai proses pembaruan. Pastikan perangkat Anda terhubung ke Wi-Fi atau koneksi data yang stabil saat mengunduh dan memasang pembaruan.
  6. Setelah pembaruan selesai diunduh, perangkat iOS Anda akan mulai memasang pembaruan. Tunggu hingga proses selesai, dan jangan matikan atau lepaskan perangkat Anda selama proses ini.
  7. Setelah pembaruan selesai terpasang, perangkat iOS Anda akan merestart otomatis. Setelah restart, Anda akan dapat menggunakan perangkat iOS Anda dengan versi terbaru.

Kesimpulan

iOS 16.4 adalah pembaruan perangkat lunak terbaru untuk perangkat iOS. Pembaruan ini menawarkan beberapa perbaikan bug dan peningkatan kinerja untuk perangkat iOS Anda. Untuk memastikan perangkat Anda berfungsi secara optimal, selalu pastikan untuk memperbarui perangkat lunak ke versi terbaru yang tersedia.

Baca Juga  Cara Recall Email Gmail

FAQ

  1. Apa yang baru di update iOS 16.4?

    iOS 16.4 menawarkan beberapa perbaikan bug dan peningkatan kinerja untuk perangkat iOS Anda. Namun, tidak ada fitur baru yang diperkenalkan di pembaruan ini.
  2. Apakah saya perlu mengunduh iOS 16.4?

    Jika Anda ingin memastikan perangkat iOS Anda berfungsi secara optimal dan mendapatkan perbaikan bug dan peningkatan kinerja terbaru, maka disarankan untuk mengunduh dan memasang iOS 16.4.
  3. Berapa lama proses pembaruan membutuhkan waktu?

    Waktu yang diperlukan untuk mengunduh dan memasang pembaruan tergantung pada kecepatan internet Anda dan ukuran pembaruan. Pastikan perangkat Anda terhubung ke Wi-Fi atau koneksi data yang stabil saat mengunduh dan memasang pembaruan.
  4. Apakah saya harus membuat cadangan data sebelum mengunduh iOS 16.4?

    Disarankan untuk selalu membuat cadangan data Anda sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak pada perangkat iOS Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan data Anda aman dan dapat dipulihkan jika terjadi masalah selama proses pembaruan.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda