5 Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Puasa Ramadhan 2023

Puasa Ramadhan 2023 telah dimulai dan umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain menahan diri dari makan dan minum, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengisi waktu dengan kegiatan positif, salah satunya adalah membaca atau mengaji Al Quran. Tidak hanya melalui kitab suci, mengaji Al Quran kini bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi Al Quran yang tersedia di smartphone. Lewat aplikasi Al Quran, pengguna bisa mengaji kapan pun dan di mana pun sesuai keinginan. Berikut adalah daftar 5 aplikasi Al Quran yang bisa digunakan untuk mengaji selama puasa Ramadhan 2023.

Daftar Aplikasi Al Quran

  1. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia merupakan aplikasi Al Quran yang memiliki fitur utama yang memudahkan pembaca dalam mengaji Al Quran. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tajwid berwarna, tulisan latin ayat Al Quran, dan terjemahan bahasa Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penanda bacaan terakhir, menyalin, dan membagikan ayat, serta pencarian ayat berdasarkan kata kunci terjemahannya. Di aplikasi ini, pengguna bisa mendengar lantunan ayat Al Quran dari delapan qari yang bisa dipilih. Aplikasi Al Quran ini bisa didownload melalui toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Untuk perangkat Android bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

Untuk perangkat Apple bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

  1. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan aplikasi Al Quran yang memiliki fitur untuk membaca ayat Al Quran secara digital dengan dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur tajwid berwarna. Di aplikasi ini, pengguna bisa mendengarkan lantunan ayat Al Quran dan mengunduhnya. Selain Al Quran digital, Muslim Pro juga memiliki fitur tasbih dan kumpulan doa-doa bagi umat Muslim. Download aplikasi Al Quran ini bisa dilakukan lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Baca Juga  Cara Menghapus History Pembelian Shopee: Panduan Lengkap

Untuk perangkat Android bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

Untuk perangkat Apple bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

  1. NU Online Super App

NU Online Super App adalah aplikasi yang dikembangkan oleh organisasi Islam Nahdlatul Ulama. Aplikasi ini memiliki segudang fitur untuk menunjang ibadah umat muslim, termasuk fitur baca Al Quran. Al Quran yang tersedia di NU Online Super App didukung dengan beberapa fitur, seperti transliterasi latin, terjemahan, dan tafsir. Tampilan Al Quran di aplikasi ini bisa diatur untuk dibaca per ayat atau per halaman. Download aplikasi Al Quran ini bisa dilakukan lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Untuk perangkat Android bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

Untuk perangkat Apple bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

  1. Umma

Umma merupakan salah satu aplikasi Al Quran yang juga bisa digunakan untuk mengaji di bulan Ramadhan 2023. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tajwid berwarna, terjemahan bahasa Indonesia, serta transliterasi Latin. Selain itu, Umma juga memiliki fitur menambahkan bookmark pada ayat-ayat tertentu yang jadi favoritnya di aplikasi Umma, sehingga memudahkan pencarian ketika ingin dibaca di lain waktu.

Untuk perangkat Android bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

  1. Ayat: Al Quran

5 Aplikasi Al Quran

Ayat: Al Quran adalah aplikasi Al Quran gratis untuk perangkat iOS dan Android yang menyediakan teks Al Quran lengkap bersama dengan terjemahan dalam lebih dari 20 bahasa. Aplikasi ini juga menyediakan fitur bacaan audio oleh berbagai qari terkenal dan fitur pencarian yang memudahkan pengguna untuk menemukan ayat tertentu.

Untuk perangkat Android bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

Baca Juga  WhatsApp Meluncurkan Fitur Terbaru: Saluran (Channels)

Untuk perangkat Apple bisa mengunduh aplikasi Al Quran Indonesia DISINI

Kesimpulan

Dalam Bulan Ramadhan 2023, ibadah puasa menjadi salah satu hal penting bagi umat Muslim. Namun, selain melaksanakan puasa, mengaji Al Quran juga menjadi aktivitas penting yang dapat dilakukan di bulan yang penuh berkah ini. Kini, dengan hadirnya berbagai aplikasi Al Quran, umat Muslim dapat mengaji kapan saja dan di mana saja dengan lebih mudah.

Daftar 5 aplikasi Al Quran yang telah dijelaskan di atas, seperti Al Quran Indonesia, Muslim Pro, NU Online Super App, Umma, dan Ayat Al Quran menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam mengaji. Mulai dari tajwid berwarna, tulisan latin ayat Al Quran, terjemahan bahasa Indonesia, hingga lantunan ayat dari qari yang berbeda.

Dengan menggunakan 5 aplikasi Al Quran diatas, umat Muslim dapat lebih mudah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat iman mereka di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

FAQ

  1. Apa saja aplikasi Al Quran yang direkomendasikan untuk mengaji selama bulan Ramadhan 2023?

    Beberapa aplikasi Al Quran yang dapat digunakan untuk mengaji selama bulan Ramadhan 2023 antara lain Al Quran Indonesia, Muslim Pro, NU Online Super App, dan Umma.
  2. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Al Quran tersebut?

    Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Al Quran tersebut antara lain tajwid berwarna, tulisan latin ayat Al Quran, terjemahan bahasa Indonesia, lantunan ayat dari qari yang berbeda, tasbih, dan kumpulan doa-doa bagi umat Muslim.
  3. Dapatkah aplikasi Al Quran digunakan di semua jenis smartphone?

    Ya, aplikasi Al Quran dapat diunduh dan digunakan di berbagai jenis smartphone, baik Android maupun iPhone.
  4. Apakah pengguna harus membayar untuk mengunduh aplikasi Al Quran tersebut?

    Sebagian besar aplikasi Al Quran dapat diunduh secara gratis, namun terdapat juga beberapa aplikasi yang menawarkan fitur tambahan dengan harga berbayar.
  5. Apa manfaat dari mengaji Al Quran selama bulan Ramadhan?

    Mengaji Al Quran selama bulan Ramadhan dapat membantu umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat iman mereka. Selain itu, mengaji juga dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi Al Quran.

 

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda