Inovasi Terbaru Membuat Phishing Melalui Discord Semakin Sulit

Setiap hari, teknologi mengemuka dengan kejutan-kejutan baru, membuka pintu dunia maya ke peluang tak terbatas. Namun, dengan inovasi tanpa henti, datanglah tantangan keamanan digital yang tak kalah cepatnya. Baru-baru ini, Discord, platform obrolan dan berbagi file populer, mengumumkan langkah dan inovasi baru untuk menghadapi salah satu ancaman terbesar di internet: malware. Hal ini Membuat Phishing Melalui Discord Semakin Sulit. Kami, di Lidah Tekno, ingin membagikan kabar terkini ini kepada Anda, membimbing langkah Anda melalui perubahan yang akan datang.

Discord Mengubah Cara Tautan Berkas Bekerja

Discord, platform yang dicintai oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, memutuskan untuk mengambil tindakan tegas dalam melawan malware. Hingga akhir tahun ini, tautan ke berkas yang dihosting di platform ini akan diperbarui secara otomatis setiap 24 jam. Langkah ini diambil untuk mengatasi penyebaran malware, yang seringkali disimpan di server Discord. Keputusan ini diambil setelah perusahaan keamanan siber Trellix melaporkan penemuan sekitar 10.000 sampel malware yang disebarluaskan melalui Discord. Serangan dilakukan dengan menggunakan webhook platform untuk mentransmisikan data yang dikumpulkan dari komputer yang terinfeksi ke saluran Discord yang mereka kontrol.

Baca Juga  YouTube Mulai Larang Ad Blocker

Perlindungan Melalui Tanda Tangan Digital

Untuk melindungi pengguna dari ancaman ini, Discord memperkenalkan sistem asosiasi berkas sementara untuk semua pengguna. Oleh karena itu, Discord akan menyertakan parameter URL baru yang menambahkan label kedaluwarsa dan tanda tangan unik. Tanda tangan ini tetap valid hingga tautan tersebut kedaluwarsa, mencegah Discord digunakan untuk penyimpanan berkas yang bersifat persisten.

Tiga parameter URL baru telah ditambahkan ke tautan: ex (stempel waktu kedaluwarsa), is (tanda tangan ID unik), dan hm (kesesuaian hash). Ketika otentikasi wajib diterapkan nanti tahun ini, tautan dengan tanda tangan ini akan tetap aktif hingga tanggal kedaluwarsa yang ditentukan.

Tautan yang Selalu Baru Membuat Phishing Melalui Discord Semakin Sulit

Setiap kali tautan lama kedaluwarsa, sistem Discord akan memberikan URL terbaru yang akan aktif selama 24 jam berikutnya. Proses pembaruan tautan ini terjadi secara otomatis melalui Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) Discord. Tidak hanya memudahkan akses ke berkas tanpa harus secara manual memperbarui tautan, ini juga berfungsi sebagai lapisan verifikasi tambahan: jika konten telah ditandai sebagai berbahaya, tidak akan dibuat tautan baru untuknya, mencegah penyebaran malware dan Membuat Phishing Melalui Discord Semakin Sulit. Dengan demikian, bahkan jika malware diunggah ke platform, siklus hidupnya dibatasi.

Rekomendasi untuk Pengguna Discord

Penting bagi kita, para pengguna Discord, untuk memahami perubahan ini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. Discord merekomendasikan pengguna yang menggunakan platform ini untuk hosting berkas mencari solusi alternatif. Namun, perubahan ini tidak akan mempengaruhi mereka yang berbagi konten langsung di klien Discord: semua tautan internal akan diperbarui secara otomatis untuk memastikan akses terus menerus ke berkas.

Baca Juga  OpenAI ChatGPT buat GPT Store

Tindakan Pencegahan yang Dapat Anda Ambil:

  1. Perbarui Aplikasi Discord Anda: Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi Discord untuk mendapatkan semua fitur keamanan terkini.
  2. Gunakan Sistem Otorisasi Ganda (2FA): Aktifkan 2FA untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra pada akun Discord Anda.
  3. Hindari Mengklik Tautan yang Mencurigakan: Waspadai tautan yang Anda terima melalui pesan atau obrolan, terutama jika Anda tidak mengharapkannya.
  4. Laporkan Aktivitas yang Mencurigakan: Jika Anda melihat kegiatan mencurigakan atau menerima tautan yang mencurigakan, laporkan kepada tim dukungan Discord segera.

Kesimpulan Phishing Melalui Discord

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, langkah-langkah keamanan digital yang cermat seperti yang diambil oleh Discord adalah tonggak penting. Melalui perubahan ini, pengguna Discord diingatkan untuk tetap waspada dan aktif dalam melindungi diri mereka sendiri dan komunitas mereka dari ancaman yang ada.

Mari kita bersama-sama merayakan inovasi ini sambil menjaga diri kita tetap aman. Dengan tautan berkas yang lebih aman dan terpercaya, kami dapat melanjutkan petualangan digital kita tanpa khawatir. Bersama, kita membangun lingkungan daring yang lebih aman dan positif untuk semua orang.

FAQs Tentang Phishing Melalui Discord

1. Apa yang membuat perubahan ini begitu penting bagi pengguna Discord?

Perubahan ini penting karena memastikan bahwa tautan berkas yang dibagikan di Discord tetap aman dan terpercaya, mengurangi risiko penyebaran malware.

2. Apakah perubahan ini akan mempengaruhi cara saya berbagi berkas di Discord?

Ya, perubahan ini akan mempengaruhi cara Anda berbagi berkas di Discord, terutama jika Anda adalah pengguna yang sering mengirim tautan berkas. Dengan pembaruan ini, setiap tautan berkas yang Anda bagikan akan diperbarui otomatis setiap 24 jam. Meskipun ini memberikan keamanan ekstra, Anda tetap perlu waspada terhadap tautan yang Anda klik dan berbagi.

Baca Juga  Cara Menyambungkan Internet HP ke Laptop

3. Apakah semua tautan berkas di Discord akan diperbarui secara otomatis?

Tidak semua tautan berkas di Discord akan diperbarui secara otomatis. Hanya tautan berkas yang dihosting di server Discord yang akan diperbarui otomatis setiap 24 jam. Tautan internal yang dibagikan melalui aplikasi Discord tetap aktif dan tidak memerlukan pembaruan.

4. Bagaimana saya dapat memastikan tautan berkas yang saya terima adalah aman?

Untuk memastikan tautan berkas yang Anda terima aman, pastikan untuk hanya membuka tautan dari pengirim yang Anda kenal dan percayai. Jangan mengklik tautan yang mencurigakan atau berasal dari sumber yang tidak dikenal. Selalu periksa apakah tautan memiliki tanda tangan digital yang menunjukkan keamanan.

5. Apakah ada cara untuk menghindari malware di Discord sepenuhnya?

Meskipun Discord telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko malware, tidak ada jaminan keamanan sepenuhnya di dunia digital. Oleh karena itu, selalu waspada dan mengikuti praktik keamanan terbaik, termasuk tidak mengklik tautan yang mencurigakan, menggunakan sistem otentikasi ganda (2FA), dan memperbarui perangkat lunak secara teratur.

Dengan inovasi keamanan Discord ini, kita dapat melangkah maju dengan keyakinan, menikmati semua yang ditawarkan dunia maya tanpa ketakutan akan ancaman yang tidak diinginkan. Mari bersama-sama menjaga komunitas daring kita tetap aman, sambil menjelajahi dunia digital dengan kebebasan dan keamanan yang sempurna.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda