Smartwatch Baterai Tahan Lama 1 Bulan atau Lebih

Smartwatch adalah alat yang memiliki banyak kegunaan dan keuntungan bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang paling dicari dalam smartwatch adalah baterai yang tahan lama. Smartwatch dengan baterai yang tahan lama memungkinkan pengguna untuk menggunakannya dengan lebih lama tanpa harus terus-menerus mengisi daya. Namun, tidak semua smartwatch mampu bertahan selama satu bulan atau lebih. Artikel ini akan membahas smartwatch dengan baterai tahan lama 1 bulan atau lebih dan mengapa fitur ini penting bagi pengguna.

Mengapa Baterai Tahan Lama Penting dalam Smartwatch?

Seiring dengan perkembangan teknologi, smartwatch memiliki banyak fitur yang canggih dan bermanfaat. Beberapa fitur yang sering digunakan adalah layar sentuh, koneksi Bluetooth, notifikasi pesan, GPS, pemantauan kesehatan, dan banyak lagi. Namun, fitur-fitur ini membutuhkan daya yang cukup besar dari baterai, sehingga mempengaruhi masa pakai baterai.

Baterai tahan lama sangat penting bagi pengguna smartwatch karena memberikan banyak keuntungan. Salah satu keuntungan utama adalah tidak perlu sering-sering mengisi daya, sehingga penggunaan menjadi lebih nyaman dan praktis. Selain itu, pengguna juga tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya saat melakukan kegiatan atau aktivitas yang membutuhkan waktu yang lama.

Smartwatch dengan Baterai Tahan Lama 1 Bulan atau Lebih

Beberapa merek smartwatch telah merilis produk dengan baterai yang dapat bertahan selama satu bulan atau lebih. Berikut adalah beberapa produk smartwatch yang memiliki fitur ini:

Amazfit Bip S

Smartwatch Baterai Tahan Lama
Amazfit Bip S

Amazfit Bip S adalah sebuah smartwatch yang memiliki daya tahan baterai yang luar biasa serta fitur-fitur unggulan yang menarik. Dengan dimensi 42 x 35.3 x 11.4 mm dan berat hanya 30g (dengan strap) dan 18g (tanpa strap), smartwatch ini ringan dan nyaman dipakai di pergelangan tangan. Bahan bodi smartwatch ini terbuat dari polikarbonat yang membuatnya kokoh dan tahan lama. Sementara itu, strap smartwatch ini terbuat dari bahan silikon dan TPU yang ramah kulit, dengan panjang 110 mm (panjang) dan 85 mm (pendek), serta lebar 20mm.

Fitur Amazfit Bip S

Fitur unggulan dari Amazfit Bip S adalah daya tahannya yang luar biasa. Dalam penggunaan skenario normal, smartwatch ini mampu bertahan selama 30 hari, sedangkan dalam mode standby, smartwatch ini dapat bertahan hingga 90 hari. Selain itu, Amazfit Bip S juga didukung oleh aplikasi Zepp App dan dapat digunakan pada perangkat Android 5.0 atau iOS 10.0 ke atas.

Smartwatch ini juga tahan air dengan rating 5 ATM, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat memakainya ketika berenang atau melakukan aktivitas air lainnya. Tampilan layar smartwatch ini menggunakan layar Transflective Color TFT berukuran 1,28 inci dengan resolusi 176 x 176 piksel. Layar ini selalu menyala (always-on display) dan dapat menampilkan 64 gamut warna RGB.

Smartwatch ini dilengkapi dengan layar sentuh 2.5D Corning Gorilla tempered glass generasi ke-3 dan dilapisi anti-fingerprint coating. Fitur sensor yang dimiliki oleh Amazfit Bip S juga cukup lengkap, dengan BioTracker TMPPG Bio-Tracking Optical Sensor dan 3-axis acceleration sensor.

Koneksi Bluetooth pada Amazfit Bip S juga sudah menggunakan versi BT5.0/BLE yang memungkinkan koneksi yang lebih stabil dan cepat. Baterai pada smartwatch ini memiliki kapasitas 200mAh lithium-ion polymer battery (nilai tipikal) dengan waktu pengisian baterai kurang dari 2,5 jam.

Harga dan Ketersediaan Amazfit Bip S

Harga dari Amazfit Bip S cukup terjangkau, berkisar antara 400-600 ribuan di toko online seperti Tokopedia. Sayangnya, Amazfit Bip S sudah tidak dijual secara resmi di Indonesia. Meski begitu, bagi Anda yang ingin memiliki smartwatch dengan daya tahan baterai yang luar biasa serta fitur-fitur unggulan yang menarik, Amazfit Bip S tetap menjadi pilihan yang tepat.

Amazfit GTS 4 Mini

amazfit gts 4 mini

Desain Amazfit GTS 4 Mini

Amazfit GTS 4 Mini adalah smartwatch yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan tahan lama. Smartwatch ini hadir dengan desain yang menarik dengan pilihan warna Midnight Black, Flamingo Pink, Mint Blue, dan Moonlight White. Dibuat dengan dimensi 41.8×36.66×9.1mm dan berat hanya 31.2g (termasuk strap), serta menggunakan bahan aluminum alloy + plastic yang ringan dan tahan lama.

Untuk memakainya, Amazfit GTS 4 Mini memiliki strap yang terbuat dari bahan silikon berkualitas dengan lebar 20mm dan mendukung pengaturan ukuran pergelangan tangan antara 135mm hingga 190mm. Dan untuk kemudahan dalam penggunaannya, strap ini juga dilengkapi dengan fitur quick release buckle interpolation.

Fitur Amazfit GTS 4 Mini

Salah satu fitur unggulan Amazfit GTS 4 Mini adalah daya tahan baterainya. Smartwatch ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 270 mAh (nilai tercatat) yang dapat diisi ulang menggunakan kabel pengisi daya magnetik. Waktu pengisian dayanya sekitar 2 jam saja. Smartwatch ini juga memiliki mode hemat daya yang bisa bertahan hingga 45 hari, sedangkan pada pemakaian normal bisa bertahan hingga 15 hari dan pada pemakaian yang lebih intensif bisa bertahan hingga 8 hari. Bahkan pada penggunaan GPS secara terus-menerus, daya tahan baterainya bisa mencapai 21 jam.

Amazfit GTS 4 Mini juga dilengkapi dengan sensor-sensor canggih seperti BioTracker™ 3.0 PPG sensor biometrik (yang mendukung pengukuran oksigen darah, 2PD + 1LED), sensor akselerasi, sensor geomagnetik, sensor cahaya lingkungan, dan 5 sistem penentuan lokasi satelit. Selain itu, smartwatch ini juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth 5.2 BLE dan microphone yang mendukung pengoperasian suara.

Harga dan Ketersediaan Amazfit GTS 4 Mini

Dengan berbagai fitur canggih yang dimilikinya, Amazfit GTS 4 Mini dijual dengan harga Rp. 1.389.000 dan tersedia secara resmi di ecommerce Amazfit Indonesia. Amazfit GTS 4 Mini juga dapat digunakan oleh pengguna Android 7.0 dan yang lebih baru, serta iOS 12.0 dan yang lebih baru melalui aplikasi Zepp. Dengan berbagai keunggulannya, Amazfit GTS 4 Mini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari smartwatch yang memiliki daya tahan baterai yang baik dan fitur-fitur canggih yang lengkap.

Baca Juga  Amazfit GTR Mini: Smartwatch Tipis dengan Harga Terjangkau

Amazfit T-Rex 2

Amazfit T-Rex 2

Amazfit T-Rex 2 merupakan smartwatch yang memiliki daya tahan baterai yang luar biasa. Selain itu, terdapat beberapa fitur unggulan yang membuatnya menjadi salah satu pilihan bagi para penggemar aktivitas outdoor.

Baterai Amazfit T-Rex 2

Dari segi daya tahan baterai, Amazfit T-Rex 2 memiliki kapasitas baterai sebesar 500 mAh. Dalam penggunaan normal, smartwatch ini dapat bertahan hingga 24 hari. Sedangkan dalam mode hemat daya, baterainya dapat bertahan hingga 45 hari. Namun, dalam penggunaan yang lebih intens, daya tahan baterainya akan berkurang menjadi 10 hari.

Fitur Amazfit T-Rex 2

Amazfit T-Rex 2 juga memiliki beberapa fitur unggulan, di antaranya adalah kemampuan tahan air hingga 10 ATM, dilengkapi dengan GPS yang akurat dalam mode keseimbangan dan hemat daya, serta memiliki sensor BioTrackerTM 3.0 PPG biometric yang dapat mengukur detak jantung, suhu tubuh, dan kadar oksigen dalam darah. Selain itu, smartwatch ini juga dilengkapi dengan sensor akselerometer, giroskop, magnetometer, barometer, dan sensor cahaya lingkungan.

Desain Amazfit T-Rex 2

Dalam segi desain, Amazfit T-Rex 2 hadir dengan empat varian warna yaitu Astro Black & Gold, Ember Black, Wild Green, dan Desert Khaki. Smartwatch ini memiliki dimensi 47,1 x 47,1 x 13,65 mm dengan berat 66,5 gram (termasuk tali). Material body-nya terbuat dari campuran polimer yang membuatnya tahan lama.

Harga Amazfit T-Rex 2

Harga yang ditawarkan oleh Amazfit T-Rex 2 sebesar Rp2.999.000 dijual secara resmi di ecommerce Amazfit Indonesia.

Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition

Smartwatch Baterai Tahan Lama
Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition

Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition hadir dengan berbagai fitur unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan para pecinta olahraga maupun petualang di alam terbuka. Salah satu fitur yang paling menonjol adalah daya tahan baterainya yang sangat luar biasa.

Fitur Baterai Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition

Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition memiliki bahan lensa Power Glass™ yang memungkinkan daya matahari dapat diubah menjadi tenaga listrik yang dapat membuat baterainya bertahan hingga 28 hari dalam mode Jam Pintar dan hingga 65 hari dalam mode Hemat Baterai. Bahkan dalam mode GPS, baterainya masih dapat bertahan hingga 30 jam dan hingga 70 jam dalam mode GPS baterai maks, serta hingga 32 hari dalam mode Aktivitas GPS Ekspedisi.

Dengan kemampuan pengisian daya surya, Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition mampu bertahan lama meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Pengisian daya surya dihitung dengan asumsi penggunaan sepanjang hari dengan 3 jam per hari di luar dalam kondisi 50.000 lux.

Desain Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition

Selain daya tahan baterai yang luar biasa, Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition juga memiliki bahan rangka dan kotak yang terbuat dari polimer yang diperkuat serat yang membuatnya tahan lama dan kokoh. Tali jam tangannya yang terbuat dari silikon dan kompatibel dengan tali jam tangg QuickFit berukuran 22mm, serta ukuran fisiknya 45 x 45 x 14.5 mm sangat cocok untuk pergelangan tangan dengan lingkar 135-230 mm.

Tampilan Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition juga sangat menarik dengan desain dua-jendela yang custom dan ukuran tampilan 23 x 23 mm. Layarnya yang monokrom terlihat jelas di bawah sinar matahari dan memiliki teknologi transflective memori-in-pixel (MIP) dengan resolusi tampilan 176 x 176 piksel. Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition juga memiliki rating air 10 ATM dan kapasitas memori/riwayat sebesar 32 MB.

Harga Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition

Harga dari Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition adalah Rp6.639.200 yang dijual dan bergaransi resmi di Indonesia. Dengan harga yang cukup mahal, Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition tentunya merupakan pilihan yang tepat bagi para penggemar olahraga dan petualangan yang membutuhkan perangkat yang tahan lama dan dapat diandalkan.

Fitur / SmartwatchAmazfit Bip SAmazfit GTS 4 MiniAmazfit T-Rex 2Garmin Instinct 2 Solar Tactical Edition
Dimensi42 x 35.3 x 11.4 mm41.8 x 36.66 x 9.1 mm47.7 x 47.7 x 12.2 mm45 x 45 x 15.3 mm
Bahan BodiPolikarbonatAluminium alloy + PlasticPolikarbonatFiber-reinforced polymer
Berat30g (dengan strap) dan 18g (tanpa strap)31.2g (termasuk strap)60g (termasuk strap)58g
TampilanTransflective Color TFT 1.28 inci, 176 x 176 piksel, 64 gamut warnaAMOLED 1.55 inci, 354 x 306 piksel, 450 nit, 60 Hz refresh rate, Always-on displayAMOLED 1.39 inci, 454 x 454 piksel, 326 PPI, 450 nit, Always-on displayMonochrome, 128 x 128 piksel, 70.6 x 70.6 piksel
Daya Tahan Baterai30 hari (penggunaan skenario normal), 90 hari (mode standby)15 hari (pemakaian normal), 8 hari (pemakaian intensif), 21 jam (GPS terus-menerus)38 hari (penggunaan skenario normal), 9 hari (GPS terus-menerus)24 hari (penggunaan skenario normal), 50 hari (mode baterai), 56 hari (mode eksplorasi), 30 hari (GPS terus-menerus)
SensorBioTracker TMPPG Bio-Tracking Optical Sensor, 3-axis acceleration sensorBioTracker™ 3.0 PPG sensor biometrik, sensor akselerasi, sensor geomagnet, sensor tekanan udaraBioTracker 2 PPG Bio-Tracking Optical Sensor, sensor akselerasi, gyroscope, geomagnetic, barometric altimeter, SpO23-axis compass, barometric altimeter, multi-GNSS (GPS, GLONASS, Galileo), heart rate, Pulse Ox, accelerometer, thermometer
KoneksiBluetooth BT5.0/BLEBluetooth 5.0/BLEBluetooth 5.0/BLE, Wi-Fi 2.4 GHzBluetooth, ANT+, Wi-Fi
KeamananMilitary standard 810 for thermal, shock, and water resistance
Harga400-600 ribuan (sudah tidak dijual resmi di Indonesia)1.5 jutaan (harga resmi Amazfit Indonesia)Rp2.999.000 (harga resmi Amazfit Indonesia)6-8 jutaan (produk Garansi TAM di Indonesia)

Tips Memperpanjang Masa Pakai Smartwatch Baterai Tahan Lama

Meskipun beberapa smartwatch dilengkapi dengan baterai tahan lama, masih ada beberapa tips yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Smartwatch dilengkapi dengan banyak fitur, namun tidak semua fitur akan digunakan setiap saat. Matikan fitur yang tidak digunakan seperti Bluetooth, WiFi, GPS, dan notifikasi pesan ketika tidak diperlukan. Hal ini akan membantu menghemat daya dan memperpanjang masa pakai baterai.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi masa pakai baterai. Kurangi kecerahan layar sesuai kebutuhan agar tidak menguras daya baterai dengan cepat.

3. Gunakan Mode Hemat Daya

Beberapa smartwatch dilengkapi dengan mode hemat daya yang dapat menghemat daya baterai. Aktifkan mode ini ketika tidak menggunakan fitur yang membutuhkan daya yang banyak untuk memperpanjang masa pakai baterai.

4. Matikan Smartwatch saat Tidak Digunakan

Matikan smartwatch saat tidak digunakan untuk menghemat daya baterai. Hal ini juga membantu mencegah smartwatch menjadi panas dan mengurangi risiko kerusakan.

Kesimpulan

Smartwatch dengan baterai tahan lama 1 bulan atau lebih memberikan banyak keuntungan bagi pengguna, seperti tidak perlu sering-sering mengisi daya dan tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya saat melakukan kegiatan yang membutuhkan waktu lama. Beberapa merek smartwatch seperti Xiaomi Mi Watch, Amazfit Bip S, dan Honor Watch ES sudah memiliki fitur ini. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai, seperti mematikan fitur yang tidak digunakan, mengurangi kecerahan layar, menggunakan mode hemat daya, dan mematikan smartwatch saat tidak digunakan.

Pertanyaan Terkait Smartwatch Baterai Tahan Lama

  1. Apakah semua smartwatch memiliki baterai tahan lama 1 bulan atau lebih?

    Tidak, hanya beberapa merek dan produk smartwatch yang memiliki fitur ini.
  2. Apakah penggunaan mode hemat daya mempengaruhi kinerja smartwatch?

    Iya, penggunaan mode hemat daya dapat membatasi penggunaan beberapa fitur dan menurunkan kinerja smartwatch.
  3. Apakah baterai smartwatch yang tahan lama lebih mahal?

    Tidak selalu, tergantung pada merek dan model smartwatch.
  4. Apa yang harus dilakukan jika baterai smartwatch cepat habis?

    Beberapa tips yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai telah disebutkan di atas. Jika masalah masih terjadi, sebaiknya membawa smartwatch ke pusat servis untuk diperiksa dan diperbaiki.
  5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai smartwatch?

    Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai smartwatch tergantung pada kapasitas baterai dan jenis pengisi daya yang digunakan.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda