TikTok Shop Resmi Beroperasi Lewat Tokopedia

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan TikTok Shop secara resmi mengumumkan kemitraan strategis yang bakal membumi di ranah ekonomi digital Indonesia. Kabar menggembirakan ini membawa angin segar, terutama bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mari kita simak lebih lanjut tentang dampak serta detail perjanjian luar biasa ini.

Pentingnya Kemitraan Strategis

Dalam keterangannya pada Senin (11/12/2023), GoTo dan TikTok menyatakan bahwa kemitraan ini tak sekadar perpaduan bisnis. Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan bergabung di bawah payung PT Tokopedia, dengan TikTok mengendalikan PT Tokopedia. Dalam langkah strategis ini, TikTok berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai dukungan jangka panjang, tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Pemberdayaan Pelaku UMKM Indonesia

Kemitraan ini membawa dampak positif terutama bagi pengguna dan pelaku UMKM. Kombinasi bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia berpotensi menghasilkan keuntungan besar bagi GoTo. Tokopedia tetap akan menjadi mitra ekosistem GoTo, memperluas layanan keuangan digital melalui GoTo Financial, dan menyediakan layanan on-demand melalui Gojek. Pendapatan dari Tokopedia juga akan mengalir ke GoTo, sejalan dengan pertumbuhan perusahaan.

Periode Uji Coba dan Kampanye Beli Lokal

Sebagai bagian dari kesepakatan ini, akan ada periode uji coba dengan konsultasi dan pengawasan dari pihak berwenang. Program pertama yang akan diluncurkan selama uji coba adalah kampanye “Beli Lokal” pada 12 Desember 2023, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional. Kampanye ini akan terlihat di aplikasi Tokopedia dan TikTok, mempromosikan berbagai merchant lokal dengan fokus pada produk asli Indonesia.

Baca Juga  Apa Itu Kuota Reguler Tri

Komitmen Jangka Panjang untuk Penciptaan Lapangan Kerja Baru

TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo bersatu dalam komitmen mereka untuk memberikan manfaat lebih luas kepada pelaku UMKM. Dengan menggunakan platform e-commerce, mereka berencana menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Lebih dari 90% merchant yang terlibat dalam transaksi ini adalah pelaku UMKM.

Langkah Strategis Grup GoTo

Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal pertama 2024, seiring dengan upaya Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan memperluas cakupan pasar. Goldman Sachs turut berperan sebagai penasihat keuangan dalam transaksi ini.

Komitmen untuk Keberlanjutan dan Transparansi

Untuk memastikan kelancaran transisi dan integrasi, akan dibentuk komite yang akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan perwakilan dari PT Tokopedia dan TikTok. Hal ini mencerminkan tanggung jawab dan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital nasional.

Frequently Asked Questions (FAQs)

  1. Bagaimana Kemitraan GoTo dan TikTok Memengaruhi UMKM?
    • Kemitraan ini memperluas manfaat bagi pelaku UMKM dengan kombinasi bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia.
  2. Apa yang Dapat Diharapkan dari Kampanye Beli Lokal?
    • Kampanye Beli Lokal akan mempromosikan produk asli Indonesia di aplikasi Tokopedia dan TikTok, meningkatkan visibilitas merchant lokal.
  3. Bagaimana Kontribusi GoTo dalam Kemitraan Ini?
    • GoTo tetap menjadi mitra ekosistem, menyediakan layanan keuangan melalui GoTo Financial, dan on-demand services dari Gojek.
  4. Kapan Transaksi Ini Diperkirakan Selesai?
    • Transaksi diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2024.
  5. Siapa yang Menjadi Penasihat Keuangan dalam Transaksi Ini?
    • Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo dalam transaksi ini.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda