Yahoo Akuisisi Artifact dari Pendiri Instagram

Pada hari Selasa, diberitakan bahwa Yahoo akuisisi Artifact, sebuah perusahaan yang didirikan oleh dua pendiri Instagram, Mike Krieger dan Kevin Systrom. Kedua belah pihak menegaskan bahwa Yahoo mengakuisisi teknologi Artifact daripada timnya. Krieger dan Systrom akan menjadi “penasihat khusus” bagi Yahoo namun tidak akan bergabung secara langsung dengan perusahaan ini. Acara ini terjadi lebih dari setahun setelah peluncuran Artifact dan sekitar tiga bulan setelah Systrom dan Krieger mengumumkan penutupannya.

Kehadiran Artifact di Pasar Berita Online

Artifact merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk merekomendasikan berita kepada pembaca dengan menggunakan teknologi AI. Namun, meskipun mendapat apresiasi dari sejumlah pengguna, Artifact tidak mampu mencapai skala yang diinginkan oleh pendirinya. Krieger dan Systrom menyampaikan bahwa penutupan Artifact disebabkan oleh keterbatasan potensi pasar. Mereka meyakini bahwa ada hal-hal yang lebih menarik untuk dikembangkan dibandingkan dengan sebuah aplikasi berita.

Tawaran yang Ditawarkan Yahoo

Salah satu hal yang menarik dari akuisisi ini adalah gabungan antara teknologi canggih yang dimiliki oleh Artifact dengan basis pembaca yang besar yang dimiliki oleh Yahoo. Dengan lebih dari 185 juta pengunjung setiap bulannya, Yahoo mampu memperluas jangkauan teknologi personalisasi dan rekomendasi yang dimiliki oleh Artifact.

Integrasi Artifact dengan Yahoo News

Meskipun Artifact sebagai aplikasi akan dihentikan setelah proses akuisisi selesai, teknologi yang mendasarinya akan segera mulai diterapkan pada Yahoo News. Selain itu, ada kemungkinan bahwa aplikasi Yahoo akan mendapatkan sentuhan kecepatan dan kesempurnaan yang dimiliki oleh Artifact.

Baca Juga  OpenAI ChatGPT buat GPT Store

Peluang dan Tantangan di Masa Depan

Systrom menyatakan bahwa meskipun fokusnya saat ini adalah memastikan transisi ke Yahoo berjalan lancar, ia tetap membuka diri terhadap ide-ide baru. Ia yakin bahwa AI masih memiliki potensi besar untuk membentuk masa depan, namun memulai sebuah perusahaan bukanlah hal yang dapat dilakukan setiap saat.

Masa Depan Berita Online

Dengan akuisisi ini, Yahoo memiliki kesempatan untuk mengembangkan ekosistem konten personalisasi yang dapat menjadi ‘TikTok untuk teks’ yang begitu menarik bagi pengguna Artifact. Sebaliknya, Artifact dapat menjadi kekuatan di balik layanan berita masa depan.

Kesimpulan

Dengan akuisisi Artifact oleh Yahoo, kita melihat perubahan besar dalam industri berita online. Gabungan antara teknologi canggih dan basis pengguna yang besar menjanjikan masa depan yang cerah bagi kedua belah pihak.

Pertanyaan Umum (FAQs)

  1. Apakah Yahoo mengakuisisi tim Artifact?
    • Tidak, Yahoo hanya mengakuisisi teknologi yang dimiliki oleh Artifact.
  2. Apa yang akan terjadi dengan aplikasi Artifact setelah akuisisi?
    • Aplikasi Artifact akan dihentikan, namun teknologi yang mendasarinya akan digunakan dalam produk-produk Yahoo.
  3. Apa yang membuat teknologi Artifact begitu menarik bagi Yahoo?
    • Yahoo melihat potensi besar dalam teknologi personalisasi dan rekomendasi yang dimiliki oleh Artifact.
  4. Apakah Artifact akan tetap beroperasi sebagai entitas independen setelah akuisisi?
    • Tidak, Artifact akan diintegrasikan ke dalam layanan Yahoo.
  5. Apa harapan kedepannya setelah akuisisi ini?
    • Kedua belah pihak berharap dapat mengembangkan layanan berita online yang lebih baik dan lebih personal bagi para pengguna.
Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda