Backup WhatsApp Akan Ambil Ruang Penyimpanan Google Drive

Selama lima tahun, pengguna WhatsApp untuk Android telah dapat menyimpan cadangan obrolan, termasuk gambar dan video, di Google Drive secara gratis, berbeda dengan pemilik iPhone – whatsapp di android tidak mengambil ruang penyimpanan google yang tersedia di sana. Namun, hari ini, Google dan WhatsApp mengumumkan bahwa mulai Desember, semua penyimpanan Backup WhatsApp Akan Mengambil Ruang Penyimpanan Google dan dihitung sebagai bagian dari penggunaan penyimpanan Google Drive mereka.

Perubahan Penting

Perubahan ini akan mempengaruhi pengguna beta WhatsApp terlebih dahulu dan akan diterapkan ke semua pengguna WhatsApp pada pertengahan 2024. Aplikasi pesan ini berjanji untuk memberi tahu pengguna 30 hari sebelum perubahan tersebut mempengaruhi mereka secara pribadi. Pemberitahuan akan muncul sebagai banner di bagian Pengaturan -> Obrolan -> Cadangan Obrolan.

Opsi untuk Pengguna

Pengguna yang tidak ingin menggunakan akun Google untuk cadangan masih memiliki opsi untuk mentransfer riwayat obrolan mereka ke ponsel pintar baru menggunakan fitur transfer obrolan WhatsApp. Untuk fungsi ini bekerja, cukup aktifkan Wi-Fi pada kedua perangkat; koneksi internet tidak diperlukan.

Klarifikasi dari Google

Google menjelaskan bahwa tidak akan ada perubahan mendasar pada cadangan WhatsApp selain kemungkinan batas penyimpanan, artinya ukuran cadangan obrolan WhatsApp dapat mengurangi ruang penyimpanan awan yang tersedia bagi pengguna Google Drive. Saat Anda menghapus data di WhatsApp, itu otomatis dihapus dari cadangan awan Anda, membebaskan ruang di Google Drive.

Penawaran Google Untuk Backup WhatsApp

Untuk meningkatkan penyimpanan awan, perusahaan menawarkan penggunaan langganan Google One. Untuk “menyulapnya,” Google berjanji “Promosi Google One satu kali untuk sejumlah pengguna yang memenuhi syarat.”

Baca Juga  Cara Mengganti Email Pembayaran di Google Play

Kapasitas gratis Google Drive untuk Backup WhatApp

Perlu dicatat bahwa kondisi serupa selalu berlaku untuk pengguna WhatsApp di iOS, kecuali bahwa Apple masih hanya menawarkan 5 GB penyimpanan awan dalam paket gratisnya.

Penutup Backup Whatsapp

Dengan pengumuman ini, pengguna WhatsApp harus mulai mempertimbangkan opsi penyimpanan mereka. Apakah kita akan menyukai perubahan ini atau tidak, satu hal pasti: era obrolan tanpa batas di cloud mungkin akan melihat batasan-batasan baru.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda