File Pengguna di Google Drive Hilang : Google Selidiki

File Pengguna di Google Drive Hilang – Google Drive, layanan penyimpanan awan, sedang menyelidiki keluhan pengguna yang kehilangan akses ke file-file mereka. Laporan-laporan menyebutkan bahwa beberapa pengguna mengalami hilangnya file secara keseluruhan, kehilangan akses ke file, dan masalah penyimpanan awan lainnya. Google saat ini tengah melakukan investigasi untuk menyelesaikan masalah ini. Selain itu, Google menyarankan para korban untuk tidak melakukan perubahan apa pun pada Google Drive.

Laporan Awal dari Pengguna di Korea Selatan

Menurut laporan di forum YCombinator’s Hacker News, seorang pengguna di Korea Selatan menjadi yang pertama menghubungi situs dukungan Google, mengklaim bahwa semua file yang dibuat setelah Mei 2023 menghilang dari hard drive-nya. Namun, file tersebut tidak tersedia di folder atau di Tempat Sampah. Struktur folder juga “reset” ke status dari Mei 2023. Pengguna ini menyatakan bahwa ia tidak pernah membagikan file atau kredensial otentikasi layanan kepada siapa pun. Hal ini menghilangkan kemungkinan bahwa pemilik asli file menghapusnya atau seseorang yang dikenal oleh pemilik file.

Investigasi dan Peringatan dari Google

Pihak perusahaan menyatakan bahwa mereka telah memulai penyelidikan terhadap insiden ini dan telah menerima laporan dari pengguna Google Drive yang mengalami masalah serupa. Sementara itu, pernyataan dari perwakilan Google dengan jelas menyatakan agar Anda tidak mencoba mengembalikan Google Drive sendiri: “Kami juga menyarankan untuk tidak melakukan perubahan pada direktori utama dan folder data selama kami menunggu petunjuk dari insinyur kami untuk tindakan lebih lanjut.”

Keluhan Pengguna Lainnya

Pengguna lain dari layanan awan ini kemudian bergabung dengan keluhan tersebut dan membuka thread dukungan tambahan. Salah satunya melaporkan bahwa ia kehilangan beberapa elemen kunci secara total, yang sebelumnya belum pernah ditransfer kepada siapa pun, namun tidak terlihat baik di Tempat Sampah maupun saat mencoba mengeditnya. Korban lain menggambarkan masalah di mana ia hanya dapat melihat folder dan subfolder di drivernya, namun tidak melihat file itu sendiri.

Penyebab Masalah Belum Diketahui

Perlu dicatat bahwa dari laporan-laporan tersebut, penyebab masalah belum dapat ditentukan. Tidak jelas apakah file menghilang dari versi web Google Drive atau saat menggunakan aplikasi, ataukah hanya dari folder yang disinkronkan di komputer. Korban mungkin belum memeriksa semua lokasi mungkin di mana file mereka bisa berada. Namun, bahkan dalam hal ini, terlihat bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan hard drive.

Baca Juga  Cara Ganti Akun Pembayaran Google Play

Pertanyaan Terkait File Pengguna di Google Drive Hilang

1. Apakah saya boleh mencoba mengembalikan file Google Drive sendiri? Google menyarankan agar tidak melakukan perubahan apa pun pada direktori utama dan folder data. Tunggu petunjuk resmi dari insinyur Google untuk tindakan lebih lanjut.

2. Bagaimana jika saya kehilangan file saya di Google Drive? Laporkan insiden ini kepada dukungan Google secepatnya. Mereka sedang menyelidiki masalah ini dan akan memberikan petunjuk tentang langkah selanjutnya.

3. Apakah penyebab kehilangan file ini sudah diketahui? Saat ini, penyebab kehilangan file belum dapat dipastikan dari laporan yang ada. Google sedang melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengidentifikasi akar permasalahan.

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap pertimbangkan untuk mendukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan Anda